7 Amalan Penarik Rezeki

4 min read

7 amalan penarik rezeki

7 Amalam penarik rezeki, pengertian rezeki, amalan Dhuha, Sholawat Nabi, surah Al-Waqiah, Istighfar, bakti kepada kedua orang tua, Sedekah dan silaturahmi.

Pengertian Rezeki

Rezeki adalah pemberian Tuhan yang diturunkan kepada hambanya baik berupa materi maupun yang lainnya, dan rezeki tidak hanya berupa materi, melainkan banyak macamnya diantara kesehatan, diberi ilmu manfaat dan diberi anak yang sholeh adalah merupakan sebuah rezeki juga.

Allah SWT mengetahui bahwa manusia adalah makluk ciptaan-Nya yang lemah dan mempunyai keterbatasan dalam kemampuannya, oleh sebab itulah Allah SWT menyediakan fasilitas atau amalan bagi hamba-Nya yang ingin memperoleh belas kasih dari-Nya, dengan tujuan agar manusia itu selalu senantiasa memohon dan bersandar kepada-Nya bukan selain Dia, karena semua perkara tidak akan bisa terlaksana tanpa kehendah-Nya.

Dalam Hal ini Allah telah menyediakan sebuah amalan ibadah bagi hamba-Nya yang memiliki kebutuhan yang lebih dengan cara menjalankan amalan-amalan yang bisa mendatangkan atau mengabulkan permohonannya itu. Kali ini kita berbicara tentang rezeki atau kebutuhan yang sangat diharapkan oleh setiap manusia.

Ada amalan yang tersedia yang dianjurkan dalam memohon agar rezeki menjadi lancar dan terus mengalir dengan melimpah ruah.

Berikut ini ada bebrapa amalan yang sangat mustajab bila sering di amalkan dalam keseharian dalam memohon diperlancarnya jalannya rezeki.

7 Amalan Penarik Rezeki

Kami akan sampaikan beberapa amalanya yang sangat mustajab diantaranya sebagai berikut:

  1. Shalat Dhuha
  2. Memperbanyak membaca Shlowat Nabi
  3. Membaca surah Al-Waqiah
  4. Memperbanyak membaca Istighfar
  5. Memperbanyak sedekah
  6. Berbakti kepada kedua orang tua
  7. Silaturahmi

Berikut ini penjelasannya masing-masing

1. Shalat Dhuha

Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadistnya yang berbunyi sebagai berikut:

“Salat dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan juga dapat menolak kefakiran, Dan tidak ada yang akan memelihara Shalat Dhuha itu melainkan orang-orang yang bertaubat” (Hadist Riwayat : Ibnu Majah dan Turmuzi )

Keterangan dari hadist diatas bahwa manfaat jika sering melaksanakan shalat dhuha akan dapat mendatang rezeki dan juga sebagai penolak bala

Di Hadist lain Rosululloh SAW telah bersabda

“Setiap pagi, setiap ruas anggota tubuh kalian wajib untuk megeluarkan sedekahnya. Yang mana Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil sedekah, setiap takbir sedekah, menyuruh kepada kebaikan juga merupakan sedekah, dan melarang berbuat munkar juga adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan melaksanakan shalat dhuha dua rakaat.” (Hadist Riwayat. Muslim)

Keterangan dari hadist ini yang mana mekaksanakan sholat dhuha walau hanya dua rakaat merupak sedekah yang besar.

Kesimpulan: Jadi megamalkan sholat dhuha adalah merupakan sedekah, yang mana sedekah itu juga dapat mendatangkan rezeki yang lebih dari apa yang dikeluarkan. jadi pantas kalau shalat duha ini adalah merupaka amalan yang dapat memperlancar datangnya rezeki.

Baca Juga tata cara dan Doa Sholat Dhuha

2. Shlowat Nabi

Shoalwat kepada Nabi juga merupakan amalan yang biasa dipergunakan dalam memperlancar jalan rezeki, mengapa ? karena sholawat Nabi mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa bagi yang mau mengamalkannya diantara keutamanya adalah sebagai berikut:

  1. Banyak membaca sholawat berguna sebagai pengganti shadaqah khususnya bagi orang-orang yang hidup dalam kekurangan atau miskin yang tidak mampu untuk bershadaqah.
  2. Dengan banyak membaca sholawat akan dibukakannya pintu rejeki yang sangat luas dan akan dimudahkan segala urusannya
  3. Dengan banyak membaca sholawat akan diberikan keselamatan oleh Allah SWT dan trhindar dari suatu bencana yang dilakukan oleh perbuatan jahat manusia
  4. Dengan banyak membaca sholawat akan Mendapat pertolongan dari Allah SWT dari kesusahan yang mendesak.
  5. Dengan banayak membaca sholawat kelak Allah akan memberikan berbagai macam kebahagiaan dan cepat terkabulnya segala hajatnya.

Nah dari sebagian keutamaan ini dapat disimpulkan bahwa sholawat merupakan suatu amalan yang dapat mendatang rezeki dengan cepat dan juga rezeki lain yang bukan saja berupa materi.

Baca Juga: Sholawat Fatih, Sholawat pembuka jalan dan kelancaran

3. Membaca Surah Al-Waqiah

Memperbanyak membaca Surah Al-Waqiah juga dapat sebagai jalan memperlancarnya datangnya rezeki.

Dalam suatu keterangan yang terdapat dalam kitab Khazinatul Asrar Kubra hal 360

Syekh Imam Jafar telah berkata: “Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah pada waktu pagi ketika hendak keluar dari rumahnya untuk mencari kebutuhan hidupnya, maka Allah SWT akan mempermudah rezekinya dan mengabulkan hajatnya. Dan barang siapa yang telah membaca surath Al Waqiah pada pagi hari dan sore hari, maka insyaAllah ia tidak akan kehausan dan kelaparan. Dan juga tidak takut kepada orang-orang yang akan memfitnah, dan bahkan fitnahnya akan berbalik k eorang tersebut.

4. Memperbanyak Membaca Istighfar

Banyak membaca Istighfar selain terampuni dosa-dosa, juga bisa sebagai wasilah turunnya rezeki secara tidak di sangka-sangka, berikut beberapa keajaiban Istighfar:

  1. Mendapat nikmat dan karunia
  2. Terlepas dari kesusahan
  3. Mendatangkan rezeki
  4. Menjadi Orang yang Beruntung
  5. Ditambah Kesejahteraannya
  6. Di lancarkan rezekinya
  7. Dicintai oleh Allah SWT

Itulah sebagain dari keajaiban Istighfar, setelah kita mengetahui beberapa dari keajaiban Istghfar, maka sangat pantaslah bila Istighfar ini dijadika sebagai amalan guna memperlancar jalannya rezeki.

Dalam suatau Hadist Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa membaca istighfar, maka Allah swt akan memberikannya kegembiraan dari setiap kesedihan yang dirasakannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.” (Hadist Riwayat Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

Kesimpulan jika kita banyak beristighfar atau membaca istighfar kepada Allah SWT, maka apapun yang menjadi kesulitannya mudah-mudahan Allah SWT pasti akan memberikan jalan keluarnya.

Baca Juga Doa Terbebas Hutang

5. Memperbanyak Sedekah

Sedekah merupakan salah satu atau alat ampuh untuk menarik rezeki, sekecil apapun sedekah yang kita berikan dengan niat karena Allah dan ikhlas, niscaya Allah SWT akan membalasnya dengan jumlah yang lebih dari apa yang telah kita keluarkan, karena Allah maha kaya dan maha memberi jadi yakinlah kepada Allah.

Mengapa sedekah bisa dijadikan amalan sebagai penarik rezeki ? karena sedekah memliki beberapa keutamaan dan keajaiban bagi yang mengamalkannya, berikut beberapa keutamaan dari sedekah:

  1. Memperbanyak rezeki
  2. Menghapus dosa
  3. Memperpanjang umur
  4. Menjauhkan bencana
  5. Mengabulkan hajat
  6. Meringankan saat sakratul maut
  7. Menyembuhkan penyakit

Nah inilah sebagian dari beberapa manfaat sedekah, dari sini kita mengetahui bahwa sedekah bukan saja bisa memperlancar jalannya rezeki, namum lebih dari itu bahkan dapat menolong disaat kita menghadapi sakratul maut.

Jadi pantaslah jika sedekah menjadi amalan yang baik yang dapat kita laksanakan untuk memperlancar jalannya rezeki.

6. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah amalan yang wajib kita lakukan, selain memang menjadi kewajiban bagi anak untuk berbakti, disisi lain ada keberkahan yang laur biasa yang tanpa kita sadari, telah banyak contoh di dunia nyata barang siapa selalu bahwa berbakti kepada kedua orang tua hidup akan berkah dan rezeki pun rasanya tidak pernah putus selalu mengalir.

Jelas rasanya perintah berbakti kepada kedua orang tua dapat melancarkan rezeki, sesuai denga sabdanya Nabi Muhammad SAW yang berbunyi sebagai berikut:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِى عُمْرِهِ وَيُزَادَ لَهُ فِى رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Arinya: “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan juga ditambah rezekinya, maka hendaklah ia berbakti terhadap kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim” (Hadist Riwayat Ahmad)

Jadi jelas sesuai dengan dawuhnya Kajeng Nabi Muhammad SAW, tentang manfaat berbakti kepada kedua orang tua, berikut ada beberapa keutamaan lainnya yang perlu diketahui diantaranya sebagai berikut:

  1. Dipanjangkan umur dan ditambah rezeki
  2. Amal yang paling utama
  3. Bernilai jihad
  4. Memperoleh ampunan Allah
  5. Keridhaan Allah ada pada keridhaan orang tua

Itulah sekilas keterangan mengenai berbakti terhadap kedua orang tua yang selain wajib tetapi Allah pun memberikan ganjaran bagi yang berbakti kepada kedua orang tuanya, semoga kita di tolong Allah untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua masaing-masing, aamiin.

Baca Juga Doa Untuk Orang Tua

7. Silaturahmi

Dalam ajaran agama Islam sangat disarankan untuk bersilaturahim kepada sesama saudaranya, karena silaturahmi adalah bentuk kasih sayang terhadap sesama saudara yang dapat mempererat tali persaudaraan.

Silaturahmi memliki beberapa keutamaan yang sangat luar bias apalagi untuk dipakai sebagai amalan penarik rezeki, dengan banyak bersilaturahi insyaAllah akan diberikan jalan kemudahan rezeki yang lancar.

Berikut keutamaan dari silaturahmi:

Sesuai dengan keterangan dari sabda Nabi SAW “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (Hadist Riwayat. Bukhari – Muslim).

  1. Diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya
  2. Menjaga kerukunan antar sesama
  3. Pahalanya seperti memerdekakan budak
  4. Digugurkan nya dosa-dosa
  5. Terhubung dengan Allah SWT

Inilah sebagaian dari manfaat silaturahmi, dari sekian banyak amalan diatas tidak lah kita harus melakukan semuanya dengan berbarengan, namum lebih baik jika kita diberi kemapuan dapat melakukannya kesemua amalan itu, jika belum mampu maka belajar dari salah satu amalan tersebut agar dapat melakukan secara terus menerus, wallahu’alam.

Demikaianlah pembahasan singkat mengenai amalan penarik rezeki, semoha kita semua diberi kemudahan dan kelancaran dalam hal rezeki, aamiin, terima kasih ddan wassalam.