7 Tingkatan Neraka

2 min read

7 Tingkatan neraka, nama-nama neraka, dan gambaran neraka akan kami bahasa di sini, secara lengkap berserta penjelasanya.

Assalamu’laikum.
Allah Swt telah menjanjikan surga kepada hamba-Nya yang taat kepada perintah-Nya dan Allah Swt juga menjanjikan neraka kepada hamba-Nya yang ingkar kepada-Nya.

Tingkatan Neraka

Panas api di neraka mempunyai 7 tingkatan. Di dalam alam Al Quran telah jelaskan mengenai berbagai tingkatan neraka, mulai dari neraka yang ringan sampai neraka yang paling panas.

ketujuh tingkatan neraka tersebut telah diciptakan oleh Allah Swt sebagai balasan untuk manusia sesuai dengan dosa dan perbuatannya selama hidup di dunia.

Baca juga: Tanda-Tanda Hari Kiamat

7 Tingkatan Neraka dan Sesuai Dengan Panas Apinya

1. Neraka Jahannam

Neraka Jahannam yaitu golongan neraka paling atas. Neraka jahannam merupakan siksa neraka yang paling ringan, neraka ini untuk menghukum manusia yang telah melakukan dosa besar maupun dosa kecil selama di hidup di dunia.

2. Neraka Ladhoh atau neraka Luza

Neraka Ladhoh yaitu neraka pada tingkat kedua. Neraka Ladhoh untuk adalah neraka untuk menghukum orang-orang yang telah mendustakan agama.

3. Neraka Khutamah, Hathamah

Neraka Khutamah yaitu neraka urutan atau tingkat ketiga. Neraka Khutamah merupakan neraka guna menghukum orang-orang yang semasa hidupnya hanya memikirkan urusan duniawi saja dan lupa untuk mengerjakan ibadah untuk akhirat.

4. Neraka Zair

Neraka Zair yaitu neraka tingkat yang keempat. Neraka Zair merupakan neraka untuk menghukum orang-orang yang semasa hidupnya enggan untuk mengeluarkanb zakat.

5. Neraka Sahkhor atau Saqru

Neraka Sakhor atau neraka Saqru yaknih neraka tingkat yang kelima. Neraka sakor adalah neraka yang menghukum orang-orang yang tidak pernah mengerjakan shalat semasa hidupnya di dunia

6. Neraka Jahim

Neraka Jahim yaitu neraka tingkat yang keenam. Neraka Jahim adalah neraka untuk menghukum orang kafir, pendusta agama, pezina dan juga orang yang telah mengerjakan apa yang telah dilarang oleh Allah Swt.

7. Neraka Hawiyah

Neraka Hawiyah yakni neraka tingkatan neraka yang ketujuh atau paling berat. Neraka hawiyah adalah tempat untuk menghukum orang-orang yang matinya tidak membawa iman dan Islam.

Dari semua tingkatan neraka ini mulai dari tingkat pertama sampai tingkat yang ketujuh terdapat perbedaan hukumannya.

Tingkat neraka yang pertama adalah neraka Jahanam dan siksa api neraka yang paling ringan, kendatipun ringan namun panas pada siksa api neraka ini adalah 1000 kali panasnya dibandingkan api saat di dunia.

Baca juga: 114 Surat Dalam Al-Quran

Gambaran Pada Siksa Api Neraka Yang Paling Ringan

Siksa api neraka memiliki panas yang sangat luar biasa, diceritakan demikian agar manusia dapat sadar dan dapat berbuat kebaikan selama hidup di dunia dan dapat meninggalkan yang menjadi larangan-Nya.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW telah bersabda:

“Siksa neraka yang paling ringan pada hari kiamat adalah seseorang yang pada kedua telapak kakinya diletakkan dua bara api neraka kemudian otak orang itu mendidih karenanya. Dia tidak melihat bahwa ada orang lain yang lebih berat siksanya daripada dirinya. Padahal siksanya paling ringan diantara mereka.” (Hadist riwayat Bukhari Muslim).

Dari hadist ini Rasullullah memberikan gambaran bahwa api neraka itu benar-benar sangat panas sekali.

Nah itulah begitu dahsyatnya siksa api neraka, Api neraka yang paling ringan saja bisa membuat otak manusia mendidih, lalu bagaimana hukuman bagi orang yang dosanya besar.

Itulah balasan dari Allah kepada hamba-Nya yang ingkar, jadi benar kalau azab Allah itu sangatlah pedih, maka dengan ini hendaknya kita bisa taat dan menjalankan apa yang menjadi perintah-Nya dan dan juga dapat meninggalkan semua yang telah larangan-Nya. Semoga Allah menolong kita semua dan menjadikan kita menjadi hamba-NYa yang taat kepada-Nya.

Gambaran Hukuman Pada Siksa Api Neraka Yang Berat

Allah Swt telah berfirman di dalam Al Quran Surah At Taubah ayat 35

یَّوۡمَ یُحۡمٰی عَلَیۡہَا فِیۡ نَارِ جَہَنَّمَ فَتُکۡوٰی بِہَا جِبَاہُہُمۡ وَ جُنُوۡبُہُمۡ وَ ظُہُوۡرُہُمۡ ؕ ہٰذَا مَا کَنَزۡتُمۡ لِاَنۡفُسِکُمۡ فَذُوۡقُوۡا مَا کُنۡتُمۡ تَکۡنِزُوۡنَ

Artinya: “Pada hari pembalasan dimana dipanaskannya emas dan perak dalam neraka jahanam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”. (Quran surah At- taubah Ayat 35)

Dari firman Allah Swt di atas digambarkan bahwa kelak siraman panasnya perak dan emas yang sudah mendidih lalu mencair akan disiramkan ke dahi, sebagai hukuman bagi yang suka mengumpukan harta bendanya namun tidak dipergunakan di jalan Allah. Tidak terbayang seperti apa panasanya.

Nah inilah gambaran-gambaran siksa neraka yang perlu kita ketahui sebagai bahan muhasabah kita.

Demikianlah pembahasan tentang 7 tingkatan neraka beserta nama-namanya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih, wassalam.

Baca juga: