Aamiin Allahumma Aamiin

1 min read

Aamiin Allahumma Aamiin, Merupakan sebuah kalimat yang biasa diucapkan sebagai akhiran atau penutup dari sebuah do’a yang di panjatkan oleh seorang muslim ketika meminta atau memohon dan kepada Allah Swt.

Berdo’a adalah suatu perintah dari Allah Swt dan menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang beriman, karena dengan berdoa kita menyadari kelemahan, bodohan kita terhadap sang pencipta yang tidak memiliki kemampuan apa-apa tanpa pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Lain daripada itu, doa adalah senjata bagi orang yang beriman sebagaimana yang pernah di sabdakan oleh Rasululloh shollallohu alaihi wasallam, yang berbunyi ;

“Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi “. [HR Al Hakim]

Dengan bedoa selain mengakui telah mengakui kelemahan dan ketidakmampuan kita di hadapan Allah Swt, dalam berdoa penuh haraplah kepada Allah bahwasanya doa kita pasti di kabulkan sebagaimana dalm firmannya yang terdapat di dalam Al-quranulkarim yang berbunyi ;

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Berdoalah kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu”. [QS. Al-Mukmin : 60]

Sekilas penjelasan mengenai doa atau permohonan, Allah Swt mengabulkan doa hamnba-Nya bukanlah sesuai dengan keinginan hamba-Nya melainkan sesuai dengan apa yang Allah SWT kehendaki, karena Allah lebih mengetahui kebutuhan dari seorang hamba-Nya.

Sebuah kalimat aamiin allahumma aamiin adalah bentuk ucapan permohonan kita kepada Allah Swt, Kemudian apasih arti dari Aamiin Allahumma Aamiin itu? Nah, untuk lebih jelas langsung saja simak keterangan di bawah ini.

Baca juga Arti : Aamiin Ya Mujibas Sailin

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Sekilas penjelasan :

Aamiin Allahumma Aamiin
Dalam tulisan Arab آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن
Artinya : Kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah. 

Ucapan ”Aamiin Allahumma Aamiin’‘ sangatlah erat kaitannya dengan berdoa atau memohon kepada Allah Swt, supaya apa menjadi permintaan Allah mengabulkan.

Dari penjelasan singkat di atas, maka menjadi suatu kewajiban dan keharusan untuk selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Nah, dengan berdoa pula tentunya kita akan mendapatkan banyak faedah dan manfaat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Baca Juga Arti : Hadza Min Fadhli Rabbi

Manfaat dan Faedah Doa

Manfaat dan keutamaan doa ‘Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili, menerangkan yakni sebagai berikut.

  1. Doa merupakan sebuah bentuk ketaatan dan juga peng-hambaan kepada Allah Swt.
  2. Dengan berdoa dapat menjadi wasilah atau perantara sebagai atau untuk menolak suatu bencana atau musibah sebelum bencana itu turun.
  3. Hasil dari berdoa telah dijamin oleh Allah Swt. Artinya tidak ada sebuah doa yang akan sia-sia. Sebuah doa bisa langsung dikabulkan dan bisa juga tudak namun akan menjadi simpanan untuk di akhirat. Karena Allah Maha mengetahui keperluan hamab-Nya.
  4. Doa juga bisa menjadi asbab untuk tetap tegar serta mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah Swt dari musuh atau dari hal-hal lain yang buruk yang tidak diinginkan.
  5. Doa adalah suatau tanda keimanan bagi orang yang berdoa.
  6. Doa merupakan wujud tanda kepasrahan diri kepada Allah Swt.
  7. Dengan berdoa juga dapat menjadi sebagai perantara terhindar nya kita dari murka Allah Swt.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai manfaat dan keutamaan dari doa atau berdoa.

Baca Juga : Arti Baraka Allahu Lakuma

F.A.Q

Arti Aamiin?

Aamin dalam bahasa Arab; آمِيْن 
Artinya ; “Kabulkanlah Ya Allah”

Arti Aamiin ya rabbal’alamin ?

Aamiin ya rabbal’alamin dalam tulisan Arab ; آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ 
Artinya ; “Kabulkanlah Wahai Tuhan semesta alam”

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin?

“Kabulkan do’a kami wahai Dzat Yang Maha Mengabulkan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai arti Aamiin Allahumma Aamiin, seomga bermanfaat.

Baca juga :