Adab Berpakaian

3 min read

Adab Berpakaian Yang Baik Dalam Islam – Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan dengan singkat sedikit perihal tentang. Beberapa adab-adab berpakaian yang baik dalam Islam yang haruslah untuk diperhatikan secara lengkap.

Adab Berpakaian Dalam Islam
Adab Berpakaian Dalam Islam

Baca Juga : Doa Nabi Isa

Doa Memakai Pakaian

Dalam Islam telah tertata adab-adab doa yang dianjurkan sedemikian mudah serta bahkan untuk cara berpakaian yang baik serta benar. Berikut ini doa ketika hendak berpakaian yang sepatutnya diketahui.

Bacaan Doa Memakai Pakaian

Doa Memakai Pakaian
Doa Memakai Pakaian

Bacaan Latin Doa Memakai Pakaian

” Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwah “

Terjemahan Doa Memakai Pakaian

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku”

Doa Memakai Pakaian Yang Baru

Jika kita hendak memakai menggunakan pakaian yang baru seperti baju baru, peci atau kopiah dan beberapa jenis pakaian baru tersebut maka hendaknya dan sangat dianjurkan membaca doa. Sebagaimana bacaan berikut.

Bacaan Doa Memakai Pakaian Yang Baru

Doa Adab Berpakaian
Doa Adab Berpakaian

Baca Juga : Adab Bertemu Sesama Muslim

Adab Berpakaian Yang Baik Dalam Islam

Dalam Islam bahwasannya telah mengajarkan beberapa adab-adab yang baik termasuk adab berpakaian. Dengan berpakaian sehingga dapat menutupi aurat. Dan pakaian juga merupakan salah satu bentuk perhiasan agar dapat mempercantik tampilan. Sebagaimana firman Allah SWT menerangkan dalam Al-Quran surat Al-Araf ayat 26.

Setelah kita mengetahui bahwasannya pakaian itu merupakan salah satu bentuk perhiasaan yang berguna untuk menutupi aurat. Untuk itu pula ketahui beberapa adab-adab berpakaian yang baik dalam Islam seperti berikut dibawah ini.

Adab Berpakaian Haruslah Menutupi Aurat

Dalam Islam mengajarkan jika menggunakan pakaian haruslah dalam keadaan menutupi aurat sebagaimana Islam mengajarkan. Terdapat beberapa bagian yang hendaknya ditutupi bagi seorang muslim laki-laki dan perempuan.

Untuk kaum laki-laki dianjurkan menutupi auratnya antara bagian pusar serta sampai lutut sedangkan untuk kaum perempuan diwajibkan untuk menutupi auratnya pada setiap bagian seluruh badan kecuali telapak tangan dan wajah.

Anjuran untuk menutupi aurat tersebut bahwasannya telah berlaku sejak Nabi Adam ‘Alaihi Salam dan Siti Hawa ketika mereka hendak mendekati sebuah pohon yang dilarang oleh Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Araf ayat 22 menerangkan bahwa.

Adab Berpakaian
Adab Berpakaian

Adab Berpakaian Tidak Transparan

Islam juga telah mengajarkan bahwasannya jika hendak menggunakan pakaian janganlah menggunakan pakaian yang tampak atau transparan yang memperlihatkan lekuk badan.

Karena jika menggunakan jenis pakaian tersebut berarti tidaklah menutupi aurat sama sekali. Gunakanlah jenis pakaian yang baik sebagaimana mestinya agar menghindari ketampakan tersebut. Untuk itu sangat dianjurkan membeli pakaian yang sedikit rada tebal.

Sebagaimana terdapat hadits yang menerangkan sebagai berikut.

Adab Berpakaian
Adab Berpakaian

Baca Juga : Adab Membaca Al-Quran

Adab Berpakaian Haruslah Tidak Ketat

Pakaian muslim harus longgar serta tidaklah kencang. Pakaian yang baik adalah pakaian yang tidak menunjukkan kelengkungan tubuh sehingga mereka yang melihat kita tidak tergoda untuk melakukan kejahatan.

Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Sebagaimana sebuah hadits menerangkan bahwa janganlah kalian berpakaian menyerupai lawan jenis kalian. Untuk itulah sebagaimana Rasulullah SAW mengajurkan bahkan melarang kaumnya menyerupai kaum lainnya serta melarang kaumnya dalam perihal adab menggunakan pakaian.

Selain adab diatas yang harus perlu kita perhatikan yaitu kesederhanaan. Sebab kesederhanaan merupakan bentuk dari keimanan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda.

Untuk itulah jika kita hendak membeli sebuah pakaian haruslah perlu diperhatikan seperti beberapa keterangan adab-adab berpakaian tersebut.

Memulai Dari Sebelah Kanan

Sebagaimana perkataan dari Aisyah Radhiyallahu Anha menerangkan bahwa ” Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam selalu membiasakan diri jika hendak berpakaian, menggunakan sandal serta menyisir, beliau selalu memulai dari sebelah kanan setiap melakukan segala urusannya “.

Adab Berpakaian Tidak Memakai Emas

Bagi kaum laki-laki untuk adab berikut ini sangatlah tidak dianjurkan sama sekali dalam Islam. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menerangkan.

أُحلَّ الذهبُ والحريرُ لإناثِ أُمتي، وحُرِّم على ذكورِها

“Dihalalkan emas dan sutra bagi wanita dari kalangan umatku, dan diharamkan bagi kaum laki-lakinya”

Adab Berpakaian Tidak Memakai Sutra

Bagi kaum laki-laki. Islam tidaklah menganjurkan untuk memakai pakaian berbahan sutra. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW bersabda berikut.

ِAkan tetapi jika diantara seseorang tersebut mendapatkan penyakit dengan tujuan pengobatan Rasulullah SAW memberi kelonggoran agar dapat menggunakan sutra. Sebagaimana hadits dari Anas Bin Malik ra berikut serta Ibnu Hajar Al Asqalani mengatakan bahwa.

Baca Juga : Adab Makan

Tidak Melebihi Mata Kaki ( Isbal ) Bagi Laki-laki, Melebihi Mata Kaki Bagi Perempuan

Isbal ialah pakaian yang digunakan melebihi batas mata kaki. Bagi kaum laki-laki sangat tidak dianjurkan jika menggunakan celana, sarung serta jubah melebihi batas mata kaki. Sedangkan untuk kaum perempuan sangatlah dianjurkan menutupi sampai melebihi batas mata kaki serta menutupi kepala serta bagian dadanya dengan kerudung yang panjang.

Tidak Boleh Memakai Parfum Bagi Perempuan, Boleh Memakai Parfum Bagi Laki-Laki

Dalam Islam mengajarkan adab bahwasannya bagi kalangan perempuan sangatlah tidak dianjurkan menggunakan wewangian karena akan merangsang shahwat kaum laki-laki, Sedangkan bagi golongan laki-laki dianjurkan agar dapat menggunakan wewangian apa lagi jika hendak menunaikan ibadah.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian singkat tentang beberapa adab-adab berpakaian yang baik dalam Islam yang harusnya kita patuhi. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat bagi kalian dan bagi diri saya sendiri.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Wassalammuailaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Waheedbaly.

Baca juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read