Adab Bertemu Sesama Muslim

3 min read

Berikut Uraian Tentang Adab Bertemu Sesama Muslim, Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim, Jawaban Salam Saudara Muslim Beserta Pesan Doa.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan sedikit perihal tentang. Beberapa adab bertemu sesama muslim, doa ketika bertemu saudara muslim, jawaban salam saudara muslim beserta pesan doa yang haruslah untuk diperhatikan secara lengkap.

Adab Bertemu Sesama Muslim
Adab Bertemu Sesama Muslim

Baca juga : Adab Makan

Adab Bertemu Sesama Muslim

Seluruh umat Muslim Islam di dunia adalah saudara, bahkan kita dianjurkan untuk saling mendoakan antar sesama muslim. Untuk itulah jika ketika itu kita menjumpai saudara Muslim lainnya maka hendaknya mendoakannya agar tercipta rasa saling memiliki dan memperoleh ridho Allah SWT.

Dengan saling mengucapkan doa antar sesama, berarti kita saling mendoakan untuk kehidupan yang lebih baik serta harmonis. Tanpa terkecuali apakah itu baru mengenali atau pun sudah lama mengenal. Jadi tidak ada salahnya agar dapat untuk saling mendoakan bukan.

Karena ucapan salam merupakan salah satu doa maka sewajibnya kita mengucapkan salam tersebut. Karena salam atau menyapa orang lain apa lagi antar sesama muslim adalah merupakan sebuah bentuk rasa kasih sayang antar sesama.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda menerangkan bahwa.

Adab Bertemu Sesama Muslim
Adab Bertemu Sesama Muslim

Dikarena dengan mengucapkan salam adalah merupakan salah satu syiar Islam. Untuk itulah wajib bagi seluruh Umat Muslim Islam mengucapkan perkataan tersebut. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 32 menerangkan bahwa.

Terdapat beberapa adab-adab ketika bertemu sesama muslim yang mana hendaknya kita laksanakan dan jalani. Berikut ini :

Adab Bertemu Sesama Muslim Dengan Mengucapkan Salam Atau Menyapa

Jika kita menjumpai atau berjumpa dengan sesama muslim lainnya baik itu laki-laki atau pun perempuan maka hendaknya kita dianjurkan mengucapkan salam terlebih dahulu. Karena dengan mendahului mengucap salam juga merupakan salah satu bentuk sifat ketawadhuan.

Adab Bertemu Sesama Muslim Dengan Tersenyum Dan Saling Berjabat Tangan

Senyum merupakan perlambang sebuah persahabatan atau salah satu bagian dari pada ibadah juga. Karena jika kita melakukan hal tersebut tentunya akan menghasilkan rasa senang serta bahagia karena disapa oleh sebuah senyuman dan tak lupa baik itu sudah mengenal atau belum maka sepatutnya sesama Muslim saling berjabat tangan.

Adab Bertemu Sesama Muslim Dengan Membalas Salam

Jika kalian menjumpai saudara Muslim lainnya entah itu laki-laki atau pun perempuan. Maka hendaknya membalas ucapan salam yang diterima sebagaimana yang diketahui bahwa salam tersebut merupakan satu ungkapan saling mendoakan.

Berikut ini beberapa ucapan doa ketika bertemu sesama muslim yang hendaknya perlu kita ketahui sebagai Umat Muslim Islam.

Baca Juga : Adab Membaca Al-Quran

Doa Ketika Bertemu Sesama Muslim

Seperti yang terterang diatas bahwasannya mengucapkan salam merupakan salah satu bentuk rasa kasih sayang dan juga doa. Berikut akan kami seperti apa bacaan doa ketika bertemu sesama muslim lainnya. Sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

Bacaan Doa Ketika Bertemu Sesama Muslim

Doa Ketika Bertemu Sesama Muslim
Doa Ketika Bertemu Sesama Muslim

Ucapan doa salam diatas merupakan doa ketika bertemu sesama muslim lainnya. Jika kita berjumpa dengan saudara muslim maka ketika salam tersebut dilafadzkan maka hendaknya kita membalas. Sebagaimana yang dianjurkan dalam Islam.

Doa Untuk Menjawab Salam

Sebagaimana yang dianjurkan bahwa jika kita mendapatkan salam dari saudara sesama Muslim maka hendaknya menjawab dengan jawaban berikut.

Bacaan Doa Untuk Menjawab Salam

Doa Menjawab Salam
Doa Menjawab Salam

Setelah kita ketahui adab-adab tersebut. Maka terdapat hukum yang hendaknya juga perlu kita sebagai berikut.

Baca juga : Adab Menuntut Ilmu

Hukum Mengucapkan Dan Menjawab Salam

Sebagaimana Rasulullah SAW mengajurkan bahwasannya mengucapkan atau menjawab salam merupakan sebuah ibadah serta rasa kasih sayang antar sesama Muslim. Maka hendaknya apa saja hukum yang terkait dengan perihal tersebut.

Hukum Mengucapkan Salam

Berdasarkan keterangan bahwasannya hukum dalam mengucapkan salam dibagi menjadi dua bagian. Salah satunya ialah :

  • Sunnah Atau Sangat Dianjurkan – Untuk bagian yang pertama. Jika berbicara tentang hukum pastilah dalam Islam sangat menganjurkan atau pun merupakan sebuah sunah apa bila diucapkan tentulah tidak berdosa. Akan tetapi karena dalam ucapan salam tersebut terdapat makna kandungan doa alangkah baiknya diucapkan.
  • Sunah Kifayah – Jika saat itu kita menjumpai atau berjumpa saudara muslim lainya sedang dalam keadaan berkelompok lalu salah satu dalam kelompok tersebut menjawab ucapan salam tersebut. Maka salam tersebut telah terbalas atau dalam artian sudah diwakilkan.

Hukum Menjawab Salam

Untuk hukum yang selanjutnya yang patut kita ketahui ialah tentang hukum menjawab salam tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu.

  • Wajib – Untuk hukum menjawab salam dalam Islam menganjurkan agar dapat menjawab salam tersebut baik itu ketika keadaan dalam sendirian karena dalam hukum menjawab salam tersebut sebuah fardhu a’in atau kewajiban.
  • Fardu Kifayah – Untuk hukum menjawab salam dalam Islam menganjurkan bahwa jika dalam keadaan berkelompok terdapat saudara lainnya menjumpai lalu berucap salam serta dibalas diantara salah satu yang berada dikelompok tersebut. Maka jawaban salam tersebut sudah diwakilkan.

Baca juga : Adab Masuk Masjid

Makna Assalamu’alaikum atau Doa Salam

Karena dalam ucapan salam tersebut memiliki kandungan arti yang merupakan sebuah doa. Maka terdapat makna dibaliknya tersebut.

Saling Mendoakan

Sebagaimana yang sudah terterang dalam tulisan diatas bahwa ucapan tersebut merupakan sebuah doa. Maka tidak salahlah jika antar sesama Muslim untuk saling mendoakan. Serta juga merupakan salah satu pertanda bahwa kita saling menyayangi serta saling memperoleh kebaikan.

Bergantung Kepada Allah SWT

Salam yang diucapkan tersebut salah satu bentuk tawakal kita kepada Allah SWT serta sebagai bentuk keikhlasan dalam diri kepadaNya. Karena dari doa tersebut merupakan salah satu bentuk harapan serta permohonan akan ketergantungan kita kepadaNya.

Memberikan Rasa Aman

Sebagaimana doa merupakan sebuah pengharapan serta permohonan agar selalu dalam lindunganNya. Sehingga akan menghadirkan rasa aman serta tentram dalam perihal yang tidak diinginkan.

Perjumpaan Yang Baik

Ketika kita berjumpa atau menjumpai saudara muslim lainya baik laki-laki atau pun perempuan. Maka akan menghadirkan sebuah bentuk perjumpaan yang bermanfaat. Sehingga dapat membangun tali silaturahmi yang erat antar sesama muslim lainnya.

Saling Menghormati

Dengan saling mengucapkan salam antar saudara Muslim lainnya tentulah hal tersebut merupakan salah satu bentuk saling menghormati serta juga menghargai sehingga terjadilah akan menumbuhkan rasa peduli serta sayang yang tinggi.

Memperat Silaturahmi

Untuk manfaat yang terakhir, dengan saling berucap doa tersebut maka akan menghadirkan satu bentuk rasa kekeluargaan yang mengikat sehingga akan memperdalam hubungan silaturahmi antar sesama saudara muslim lainnya.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian kami tentang beberapa adab bertemu sesama muslim, doa ketika bertemu saudara muslim, jawaban salam saudara muslim beserta pesan doa yang haruslah agar dapat diperhatikan.

Semoga dengan sedikit uraian ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kalian dan juga bagi diri saya sendiri. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Arti Yaumul Jaza

Santri Angga
2 min read

Sholawat BusyroLana

Santri Angga
1 min read

Lirik Ya Abal Hasanain

wahed234
1 min read