Adab Makan

3 min read

Adab Makan Dan Minum Dalam Islam Perihal Yang Harus Diketahui

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan sedikit perihal tentang. Beberapa adab-adab makan dan minum dalam islam yang haruslah untuk diperhatikan secara lengkap.

Adab Makan Dan Minum
Adab Makan Dan Minum

Adab Makan Dan Minum Dalam Islam

Seorang Muslim makan ketika berjalan, dan berdiri serta makan dengan menggunakan tangan kirinya tanpa berdoa sebelumnya. Bahkan meninggalkan atau pun dengan menyisakan makanan tersebut. Ini sepertinya sudah menjadi pemandangan biasa pada literatul kehidupan masyarakat sekarang.

Betapa sedihnya hati ini. Jika bahkan tindakan-tindakan ringan tersebut telah diabaikan serta bahkan disepelekan.

Lalu bagaimana dengan amalan besar ? Jika amalan yang begitu kecil diabaikan ? Atau apakah mungkin karena itu hanya amalan kecil dan kemudian kita meninggalkannya dengan alasan kecil untuk hadiah yang akan kita dapatkan?

Untuk itulah Islam telah mengajarkan bahkan sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena adab merupakan sebuah jati diri seseorang. Sebagaimana juga jika hendak melakukan rutinitas makan dan minum pastilah memiliki adab.

Berikut ini akan diuraikan beberapa adab makan dan minum dalam islam yang patut untuk diketahui.

Baca Juga : Adab Membaca Al-Quran

Adab Sebelum Makan

Adab-adab makan dan minum sebagaimana keterangannya terbagi menjadi tiga bagian yaitu adab sebelum makan, ketika makan serta setelah makan.

Makan Dan Minum Yang Halal

Jika kalian hendak makan dan minum maka hendaknya mendapatkan makanan tersebut dalam keadaan halal serta baik. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 172 menerangkan bahwa.

Niat Makan

Niatkan jika hendak melakukan rutinitas makan dan minum berguna. Untuk menguatkan kondisi tubuh atau badan sehingga kelak dapat menunaikan ibadah.

Adab Makan Dengan Mencuci Kedua Tangan

Seperti yang sudah kita ketahui. Bahwasannya jika hendak melaksanakan rutinitas makan dan minum maka hendaknya segera membersihkan atau mencuci tangan tersebut dari segala kotoran.

Meletakkan Makanan Pada Tempat Yang Baik

Letakkanlah makanan dan minuman yang hendak kalian makan pada tempat yang baik. Seperti diatas meja atau pun letakkanlah dengan menggunakan tikar.

Adab Makan Duduk Dengan Posisi Yang Baik

Jika hendak melakukan rutinitas makan dan minum maka hendaknya duduklah sebagaimana sikap duduk tawadhu’ dengan posisi duduk berada diatas kedua lutut. Sebagaimana anjuran Rasulullah SAW berikut.

Adab Makan Dan Minum
Adab Makan Dan Minum

Baca Juga : Adab Menuntut Ilmu

Ridho Dengan Makanan Dan Minuman Tersebut

Jika kalian mendapatkan makanan dan minuman tersebut sederhana bahkan apa adanya. Maka hendaknya harus dapat menerima serta ridho terhadap makanan dan minuman yang sudah tersajikan. jangan juga mencela sedikit pun makanan atau minuman tersebut.

Jika kalian suka akan makanan tersebut maka makanlah jika kurang suka maka hendaknya tinggalkanlah.

Adab Makan Bersama-sama

Sungguh nikmat jika makanan serta minuman yang sudah terhidangkan tersebut menyantapkan bersama-sama keluarga, teman atau pun sahabat kalian. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut.

Adab Ketika Sedang Makan

Memulai Makan Dengan Mengucapkan Bismillah

Jika kalian hendak memulai rutinitas makan dan minum janganlah lupa untuk selalu mengucapkan melafadzkan bacaan ” Bismillah “. Sebagaimana Rasulullah SAW menganjurkan.

Baca Juga : Adab Masuk Masjid

Mengakhiri Makanan Dengan Pujian Kepada Allah SWT

Jika kalian mengakhiri makan serta minum janganlah lupa hendak mengucapkan puji kepadaNya atas nikmat yang diberi serta melafadzkan bacaan ” Alhamdulillah “ sebagaimana Rasulullah SAW menganjurkan.

Gunakan Tiga Jari Tangan Kanan

Jika ingin memulai rutinitas makan. Maka hendaknya makan menggunakan tiga jari kanan dan ambillah mana yang terdekat serta jangan memulai makan dari bagian tengah piring. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menerangkan berikut.

Adab Makan Dan Minum
Adab Makan Dan Minum

Menjilati Jari-Jemari

Jika telah selesai melakukan rutinitas makan sebelum mencuci tangan maka disunahkan hendaknya jilatilah jari jemari terlebih dahulu.

Makanan Terjatuh

Jika pada saat makan lalu tanpa dengan sengaja makanan tersebut terjatuh. Maka hendaknya bersihkanlah terlebih dahulu bagian yang kotor tersebut lalu makanlah.

Tidak Meniup Makanan Yang Lagi Hangat

Jika kondisi makanan tersebut dalam keadaan panas. Maka hendaknya jangan meniup agar menjadi dingin. Jika minuman tersebut panas lakukanlah penuangan menggunakan dua gelas lalu dituangkan sebanyak kira-kira tiga kali saja.

Hindari Makan Atau minum Yang Melampaui Batas

Makan dan minumlah hanya dengan sekedar saja. Jika kalian makan dan minum dengan wajar maka akan berakibat malas untuk beribadah.

Mendahulukan Orang Lain Untuk Mengambil Makanan Dan Minuman

Jika kalian dalam posisi sedang mengambil makanan atau minuman. Maka hendaknya dahulukanlah orang yang lebih tua daripada kalian. Bertujuan agar menghadirkan adab serta tidak serakah.

Baca Juga : Doa Nabi Ayyub

Adab Setelah Makan

Berhenti Makan Dan Minum Ketika Sudah Kenyang

Sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Jika kalian sudah merasakan kenyang maka hendaknya berhentilah. Tujuannya adalah agar terhindar dari kekenyangan dan agar terhindar dari malas beribadah nantinya.

Adab Makan Dengan Mencuci Tangan

Jika kita selesai melakukan rutinitas makan dan minum. Maka hendaknya menjilati jari jari terlebih dahulu lalu bersihkanlah.

Membersihkan Sisa Makanan

Hendaknya jika selesai makan. Alangkah baiknya membersihkan sisa makanan yang menempel diantara sela gigi setelah itu lakukanlah dengan berkumur-kumur. Berguna agar terhindar dari rasa bau jika kalian hendak berbicara dengan lawan bicara kalian.

Berucap Alhamdulillah

Jika kalian selesai makan adab berikutnya ialah ucapkanlah ” Alhamdulillah ” atas segala nikmat yang diberiNya lalu berdoalah untuk mengakhiri rutinitas makan dan minum tersebut.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang beberapa adab makan dan minum dalam Islam yang sepatutnya kita ketahui sebagaimana mencontoh Rasulullah SAW. Semoga kita dapat ditolong untuk mengamalkannya.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Semoga dapat memberikan manfaat serta ilmu yang baik untuk kalian pembaca dan untuk diri saya sendiri. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Rate this post

Arti Tafadhol

Santri Angga
1 min read

Doa Masuk Kelas

Santri Angga
2 min read