Adab Masuk Masjid

3 min read

Berikut Ulasan Tentang Adab Masuk Masjid, Doa Masuk Dan Keluar Masjid Beserta Keutamaannya

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT dengan segala RahmatNya. Serta tak lupa juga shalawat serta salam kepada Rasulullah SAW, ahli baitnya beserta sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly mencoba bantu menguraikan sedikit perihal beberapa cara adab masuk masjid berikut doa masuk dan keluar masjid secara lengkap.

Baca Juga : Doa Nabi Ayyub

Adab Masuk Masjid
Adab Masuk Masjid

Adab Masuk Masjid

Masjid merupakan sebuah tempat peribadatan dan juga tempat suci yang digunakan oleh Umat Muslim Islam untuk menunaikan ibadah.

Karena tujuan untuk beribadah tentulah pastinya akan berkelakuan sopan serta tidak sembarang. Dikarenakan agar kondisi masjid ketika saat beribadah terasa lebih tentram dan nyaman.

Alangkah baiknya jika kita hendak pergi menunaikan salah satu ibadah. Maka wajiblah dahulu ketahui tata cara atau adab masuk masjid. Terdapat beberapa cara adab masuk masjid yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW berikut ini :

Dalam Keadaan Berwudhu

Ketika kalian hendak menunaikan shalat maka hendaknya terlebih dahulu lakukan wudhu agar ketika kalian hendak memasuki masjid dalam keadaan suci dan bersih terhindar najis.

Niat Karena Allah SWT

Jika kalian hendak pergi ke masjid dan menunaikan shalat. Lakukan dengan niat yang sungguh-sungguh mengharapkan ridho Allah SWT.

Tenang Tidak Terburu-Buru

Berdasarkan hadits jika kalian mendengarkan adzan dan iqomah. Maka sangatlah dianjurkan agar berjalan melangkah menuju masjid dalam keadaan tenang serta tidak terburu-buru.

Jika kalian tertinggal maka sempurnakanlah. Seperti keterangan hadits HR. Bukhari dan HR. Muslim menerangkan bahwa :

“Ketika kalian mendengar Iqomah, janganlah mendatangi ke masjid dengan cepat, datanglah dalam keadaan tenang. Apa yang Anda dapatkan adalah shalat dan yang tersisa sempurnakanlah. Sebenarnya, niatnya hendak shalat, lalu dia dalam keadaan shalat. “

Mendahulukan Kaki Kanan

Sebagaimana yang diketahui bahwasanya segala apa pun yang kalian kerjakan gunakan selalu dengan menggunakan kaki kanan. Begitu juga jika kalian hendak memasuki masjid gunakan melangkahlah terlebih dahulu dengan kaki kanan.

Sebagaimana dalam keterangan hadits Rasulullah SAW yang mana diriwayatkan oleh Anas Bin Malik ra berucap :

Rasulullah SAW mengajarkan, ketika kalian hendak memasuki masjid hendaknya gunakanlah kaki kanan terlebih dahulu dan ketika keluar gunakanlah kaki kiri ” (HR.Hakim)

Baca Juga : Doa Nabi Sulaiman

Shalat Sunah Tahiyatul Masjid

Selain berdoa dan berwudhu terlebih dahulu serta terbebas dari segala najis. Dengan berpakaian yang sopan serta rapi dan wangi. Sangat dianjurkan terlebih dahulu menunaikan shalat sunah tahiyatul masjid dua rakaat.

Membaca Doa Masuk Masjid

Untuk adab yang berikutnya ialah dengan membaca doa masuk masjid terlebih dahulu sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Mematikan Alat Komunikasi

Jika kalian berada didalam maka hendaknya mematikan alat komunikasi terdahulu. Berguna menjaga kekhusyukan shalat serta agar tida mengganggu jamaah lainnya.

Menjaga Kebersihan Masjid

Terkadang hal ini mungkin disepelekan. Akan tetapi jika kalian sedang berada didalam masjid maka hendaknya menjaga kebersihan masjid.

Perbanyak Amalan

Adab selanjutnya yang kalian bisa lakukan adalah dengan memperbanyak amalan ketika didalam masjid. Salah satunya ialah melakukan zikir ( cukup didalam hati ) shalawat, membaca Al-Quran serta beri’tikaf. Berguna untuk agar dapat mengurangi pembicaraan saat berada didalam masjid.

Baca Juga : Doa Nabi Yusuf

Hendaknya Keluar Masjid Menggunakan Kaki Kiri

Untuk adab yang terakhir. Jika kalian selesai menunaikan ibadah maka hendaknya ketika akan melangkah pulang pergi meninggalkan masjid hendaknya melangkahlah keluar dengan mengunakan kaki kiri terlebih dahulu.

Setelah kita ketahui beberapa cara adab masuk masjid maka hendaknya ketahui pula doa masuk masjid serta doa keluar masjid agar apa yang kita kerjakan memperoleh keberkahan.

Berikut ini bacaan doa masuk masjid yang wajib diketahui berikut bacaan arab, latin dan terjemahannya.

Baca Juga : Doa Nabi Musa

Doa Masuk Masjid

Setelah ketahui adab-adabnya maka yang perlu kita ketahui selanjutnya ialah bagaimana doa masuk masjid.

Bacaan Doa Masuk Masjid

Doa Masuk Masjid
Doa Masuk Masjid

Bacaan Latin Doa Masuk Masjid

” Allahummah Tahlii Abwaaba Rahmatika “

Terjemahan Doa Masuk Masjid

” Yaa Allah SWT. Bukakanlah Untukku Pintu RahmatMU seluas-luasnya”

Doa tersebut sangatlah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena didalamnya terdapat makna yang sangat dalam. Yang artiannya adalah suatu pengharapan dan permohonan.

Doa Keluar Masjid

Seperti yang terterang diawal tentang beberapa adab masuk masjid. Maka ketika selesai menunaikan ibadah dan hendak pergi meninggalkan masjid sangatlah dianjurkan menggunakan kaki kiri terlebih dahulu. Dan berdoa.

Bacaan Doa Keluar Masjid

Doa Keluar Masjid
Doa Keluar Masjid

Bacaan Latin Doa Keluar Masjid

” Allahumah Inni As Aluqaa Min Fadhlika “

Terjemahan Doa Keluar Masjid

” Yaa Allah SWT, Hamba Memohon KepadaMu Dan Karunia DariMu “

Karena doa tersebut adalah merupakan sebuah permohonan serta pengharapan pastilah terdapat beberapa keutamaannya. berikut ini :

Baca juga : Doa Khotmil Quran

Keutamaan Membaca Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid

Adab Kepada Allah SWT

Doa-doa tersebut merupakan salah satu sebuah niat yang terucapkan tak kala hendak pergi menuju masjid. Dengan berdoa tentulah kita mengharapkan keberkahan dari Allah SWT serta tak lupa akan untuk beradab kepadaNya.

Adab Kepada Masjid

Dikarenakan Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk melafadzkan doa tersebut ketika hendak memasuki masjid berguna agar dipermudahkan dan ditolong dari gangguan setan. Karena setan ketika hendak melakukan suatu ibadah pastilah akan selalu menggoda.

Dengan menjaga kekhusyukan salah satunya merupakan adab kita ketika berada dalam masjid.

Mengikuti Sunah Rasul

Dengan mengetahui adab serta doa tersebut kita yang mana sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW secara tidak langsung kita telah menegakkan sunah rasul.

Memperoleh Keberkahan

Selain perihal diatas yang sudah disebutlah tentulah keutamaan selanjutnya jika kita membaca doa-doa tersebut lalu menunaikan ibadah mengharapkan ridhoNya insya allah akan memperoleh keberkahan dari Allah SWT dan semoga segala urusan dipermudahkanNya.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian kami tentang adab masuk masjid, doa masuk dan keluar masjid beserta keutamaannya. Semoga kita dapat melaksanakan serta dapat mengamalkannya.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih semoga bermanfaat.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read