Adab Membaca Al-Quran

3 min read

Adab Membaca Al-Quran Dalam Islam Perihal Yang Harus Diperhatikan Beserta Manfaatnya– Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT dengan segala RahmatNya. Serta tak lupa juga shalawat serta salam kepada Rasulullah SAW, ahli baitnya beserta sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly mencoba bantu menguraikan sedikit perihal tentang beberapa adab membaca Al-Quran dalam Islam serta manfaat membaca Al-quran yang haruslah untuk diperhatikan secara lengkap.

Pengertian Al-Quran

Sebagaimana yang telah kita ketahui. Bahwasannya Al-Quran merupakan sebuah kitab suci bagi Umat Muslim Islam. Yang mana merupakan sebuah wahyu atau kalamuallah yang mana diturunkan oleh Rasulullah SAW melalui Malaikat Jibril.

Keistimewaan dari Al-Quran sendiri jika kita membacanya akan memperoleh keberkahan serta kebaikan bagi yang membacanya. Sebagaimana Ibnu Mas’ud berkata bahwasannya Rasulullah SAW bersabda.

Adab Membaca Al-Quran
Adab Membaca Al-Quran

Baca Juga : Adab Menuntut Ilmu

Oleh sebab itulah Al-Quran sangatlah memiliki kemuliaan serta keagungan yang luar sangat biasa. Untuk itulah maka hendaknya perlu juga diperhatikan beberapa perihal adab-adabnya jika berkeinginan membaca Al-Quran. Agar sempurnanya ibadah yang dilaksanakan.

Berikut beberapa perihal tentang adab membaca Al-Quran berdasarkan kitab Al-Tibyan karya Imam An-Nawawi.

Adab Membaca Al-Quran Beserta Manfaatnya

Untuk perihal adab-adab membaca Al-Quran beserta manfaatnya yang harus diketahui jika hendak membaca. Salah satunya ialah.

Adab Membaca Al-Quran Dalam Keadaan Suci ( Berwudhu )

Sebelum berkehendak membaca Al-Quran alangkah baiknya jika berwudhu ( dalam keadaan suci ) terlebih dahulu serta dalam keadaan tidak memiliki hadats. Baik itu hadats besar atau pun berhadats kecil. Serta sangatlah dianjurkan agar berpakaian rapi serta bersih.

Sebagaimana dalam keterangan Imam Haromain berujar bahwa: ” Orang yang membaca Al-Qur’an dalam keadaan najis, dia tidak dikatakan mengerjakan hal yang makruh, akan tetapi dia meninggalkan sesuatu yang utama.” (At-Tibyan, hal. 58-59).

Adab Membaca Al-Quran Dengan Ta’awudz

Sebelum membaca ayat-ayat Al-Quran maka hendaknya atau disunahkan membaca ta’awudz terlebih dahulu. Dengan bertujuan agar apa yang amalkan dapat diberkahi serta terhindar dari segala gangguan setan dan terlindungi oleh Allah SWT.

Sebab setan pasti agar menggoda serta merayu setiap anak manusia walaupun dalam keadaan apapun. Serta berguna agar terhindar dari segala sifat keburukan yang menyelimuti hati seperti sifat ujub serta riya.

Sebagaimana Lafadz bacaan Ta’awudz berikut.

Baca Juga : Adab Masuk Masjid

Adab Membaca Al-Quran Dengan Tartil

Jika kalian hendak membaca Al-Quran. Maka bacalah dengan Tartil dengan perlahan-lahan jangan terburu-buru. Sedangkan menurut istilah adalah membaca sebagaimana syarah hukum dalam membaca Al-Quran.

Jika membaca dengan cepat serta tergesa-gesa akan berakibat makruh. Untuk itulah perhatikan setiap makhroj dengan pelan dan janganlah tergesa-gesa atau terburu-buru.

Sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Muzammil ayat 4 menerangkan bahwa : “Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan”

Adab Membaca Al-Quran Dengan Mentadabhuri Serta Khusyuk

Hal yang sangat penting jika membaca Al-Quran ialah hendaknya mengerti serta memahami apa makna beserta isi kandungan ayat Al-Quran tersebut. Sehingga kelak dapat mengamalkannya. Untuk itulah kita dituntut untuk mentadabhuri serta harus khusyuk membaca setiap makna isi kandungan ayat-ayat Al-Quran tersebut.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Shaad ayat 29 menerangkan bahwa :

Mengamalkan Isi Kandungan Al-Quran

Untuk adab yang selanjutnya sebagaimana pentingnya yang telah tertulis diatas bahkan sangatlah dianjurkan ialah sangat diwajib jika setelah membaca Al-Quran dapat belajar mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan mendapatkan keberkahan serta ridho Allah SWT.

Baca Juga : Doa Nabi Ayyub

Manfaat Membaca Al-Quran

Sebagaimana yang terterangkan diatas bahwasannya Al-Quran merupakan kitab suci Umat Islam yang mana terdapat isi serta makna yang terkandung didalamnya.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat membaca Al-Quran secara singkat.

Mendapatkan Pahala Serta Kebaikan

Jika kita hendak membaca Al-Quran tentulah akan memperoleh sebuah ganjaran hidup yang tentram serta damai berkah. Untuk itulah jika kita membaca Al-Quran akan diberikan berupa pahala kebaikan.

Dapat Menaikkan Derajat Serta Wibawa Yang Baik

Dengan rutin membaca Al-Quran tentunya orang tersebut akan terlebih memiliki cahaya serta memiliki sebuah kewibawaan. Sehingga orang sekitarnya akan menyayangi serta menghormatinya.

Memperoleh Rahmat Serta Lindungan Malaikat

Sebagaimana adab membaca Al-Quran bahwa bacalah dengan perlahan-lahan tidak tergesa-gesa. Maka jika tidak melakukan hal tersebut Insya allah memperoleh rahmatNya serta dijaga dalam lindungan malaikat terhindar dari keburukan.

Memberi Syafaat

Dengan membaca Al-Quran tentunya akan memperoleh kebaikan serta keberkahan dan tak kala kiamat dapat memberikan syafaat bagi yang membacanya.

Berprilaku Mulia

Ganjaran selanjutnya bagi pembaca Al-Quran tentunya akan bersikap serta berprilaku mulia dalam kehidupan sehari-harinya.

Memiliki Hati Yang Tenang Dan Tentram

Membaca Al-Quran dapat menenangkan hati serta pikiran yang kalut. Serta akan memiliki rasa cinta mahabbah kepadaNya dan kepada Rasulullah SAW.

Selamat Dunia Dan Akhirat

Jika kita rutin serta rajin mendawamkan membaca Al-Quran insya allah kelak akan terhindar dari segala keburukan dunia dan akhirat baik yang tampak atau pun yang tidak tampak.

Sebagai Penyembuh Segala Penyakit

Untuk kalian jika sering membaca Al-Quran dan rutin membacanya. Insya allah akan menjadi obat penyembuh segala penyakit serta Allah SWT melindunginya.

Penyembuh Penyakit Hati

Bacalah Al-Quran dengan sungguh-sungguh ikhlas mengharapkan keberkahan Allah SWT serta berharaplah dengan membaca Al-Quran sebagai obat penyembuh penyakit hati.

Memberikan Kenikmatan Untuk Kedua Orang Tua

Jika kalian mencintai kedua orang tua serta mencintai Allah SWT dan Rasulullah SAW. Kelak jika kedua orang tua kalian meninggal akan menjadi obat untuk mereka serta akan memberikan kenikmatan bagi mereka.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian kami tentang perihal beberapa adab membaca Al-Quran beserta manfaat membaca Al-quran yang patut kita ketahui. Semoga uraian berikut dapat memberi manfaat serta ilmu yang berguna bagi kalian.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Rate this post

7 Keajaiban Doa Istri

Santri Angga
2 min read

Cara Wudhu Orang Sakit

Santri Angga
2 min read

Doa Ketika Bersin

Santri Angga
3 min read