Adab Memberi Salam

3 min read

Berikut Ulasan Tentang Adab Memberi Salam Dalam Islam Beserta Hukum Memberi Salam

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan dengan singkat sedikit perihal tentang. Beberapa adab-adab dalam memberi salam dalam Islam yang seharusnya patut untuk diketahui sebagai berikut.

Adab Memberi Salam
Adab Memberi Salam

Baca Juga : Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

Adab Memberi Salam

Dalam Islam memberi salam merupakan sebuah adab yang sangat mulia dan salam juga merupakan salah satu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallalahu’alaihi wa sallam.

Ucapan salam tersebut diucapkan tak kala saat ketika sesama muslim bertemu pada waktu dimana pun. Selain sebagai kalimat sapaan, Salam juga merupakan salah satu bentuk saling mendoakan antar sesama muslim lainnya.

Untuk itulah mari kita belajar sama-sama agar dapat melestarikan adab tersebut agar tidak cuma menjadi sebuah ucapan belaka akan tetapi menjadi kewajiban antar sesama muslim untuk saling mendoakan. Dan juga melakukan sunah Rasulullah Shallalahu’alaihi wa sallam.

Berikut ini beberapa adab memberi salam dalam Islam yang patutlah untuk diketahui.

Mengucapkan Salam Terlebih Dahulu

Untuk adab yang pertama ialah mengucapkan salam terlebih dahulu kepada siapa pun jika kita berjumpa atau menjumpai orang lain tersebut. Untuk itu janganlah menunggu orang tersebut mengucapkan salam terlebih dahulu. Sebagaimana yang diketahui bahwasanya pahala mengucapkan salam terlebih dahulu adalah yang sangat utama jika dibandingkan menjawab jawab kemudian.

Sebagaimana sebuah hadits dari riwayat Abu Daud dari Abu Umamah menyebutkan bahwasannya Rasulullah Shallalahu’alaihi wa sallam bersabda : ” Manusia yang paling utama disisi Allah SWT ialah orang-orang yang memulai salam terlebih dahulu diantara mereka “

Baca Juga : Adab Membaca Al-Quran

Mengucapkan Dengan Kalimat Sempurna

Untuk adab yang kedua hendaknya mengucapkan kalimat salam tersebut dengan ucapan kalimat yang baik dan sempurna. Maka ucapkanlah dengan lafadz yang sebagaimana Islam mengajarkan bacaan salam.

Mengeraskan Suara

Jika kalian hendak memberi salam kepada sesama umat muslim lainnya. Maka hendaknya berucaplah dengan sedikit mengeraskan suara berguna agar mudah terdengar dan didengar.

Saling Berjabat Tangan

Untuk adab selanjutnya ialah berjabat tangan. Jika kalian telah mengucapkan salam terlebih dahulu sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallalahu’alaihi wa sallam maka hendaknya saling berjabat tangan. Sebagaimana mencontoh sahabat-sahabat Rasulullah SAW terdahulu ketika mereka saling berjumpa maka akan saling berjabat tangan, Ketika hendak berpisah mereka saling berpelukan.

Baca Juga : Adab Berpakaian

Hukum Memberi Salam

Dalam tatanan Islam telah mengajarkan adab beserta hukum-hukumnya. Agar semua itu menimbulkan rasa keharmonisan serta kerukunan antar sesama muslim. Berikut ini beberapa hukum memberi salam dalam Islam seperti berikut ini.

Merupakan Salah Satu Tanda Cinta

Dengan berucap salam memberi atau pun menjawab salam, Seperti yang diketahui bahwasannya salam merupakan sebuah bentuk doa. Maka dengan memberi dan menjawab salam berarti saling mendoakan serta suatu bentuk rasa sayang serta cinta antar sesama muslim.

Menjawab Salam Adalah Kewajiban

Dalam Islam hukum menjawab salam ialah wajib. akan tetapi kewajiban tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Fardu ‘Ain – Wajib baginya menjawab salam tersebut jika dalam keadaan sendiri.
  • Fardu Kifayah – Jika terdapat seseorang menjumpai atau berjumpa dengan suatu kumpulan lalu mengucapkan salam pada kumpulan tersebut dan diantara kumpulan tersebut ada yang menjawab salam. Maka jawaban salam tersebut telah terwakilkan.

Baca Juga : Doa Nabi Isa

Memulai Salam Hukumnya Sunah

Seperti yang sudah terterang diatas bahwasannya memberi salam hukumnya sunah akan tetapi sangatlah dianjurkan dalam Islam. Untuk itu lakukanlah segala amalan yang baik agar kelak memperoleh pahala yang berkah serta ridho Allah SWT.

Memberi Salam Ketika Memasuki Rumah

Apabila kita hendak memasuki rumah baik itu rumah sendiri atau bertamu kerumah saudara muslim lainnya. Wajib sekiranya agar dapat mengucapkan salam terlebih dahulu.

Salam Merupakan Perintah Rasulullah SAW

Sebagaimana mencontoh adab dan akhlak Rasulullah Shallalahu’alaihi wa sallam. Maka hendaknya kita belajar mengikuti anjuran beliau agar kelak dapat menjalin hubungan silaturahmi serta menumbuh rasa keharmonisan antar sesama muslim.

Ucapkan Salam Dengan Sempurna

Jika hendak memberi salam ataupun hendak menjawab salam. Maka sekiranya mengucapkan salam tersebut dengan kalimat yang sempurna serta baik. Sebagaimana Islam mengajarkan bacaan salam.

Baca Juga : Adab Bertemu Sesama Muslim

Etika Memberi Salam

Terdapat etika yang haruslah dilakukan jika dalam keadaan mengendarai maka hendaknya memberi salam kepada yang berjalan, untuk yang berjalan kepada yang duduk, serta bagi yang muda memberi salam kepada yang lebih tua.

Memberi Salam Kepada Orang Yang Tidak Dikenal

Rasulullah Shallalahu’alaihi wa sallam tidak menganjurkan jika memberi salam kepada orang yang dikenal saja sebagaimana hadits HR Ahmad dan Thobroni mengatakan : ” Sesungguhnya termasuk tanda-tanda hari kiamat apabila salam hanya ditujukan kepada orang yang telah dikenal “. Seharusnya dan alangkah baiknya jika memberi salam kepada siapa pun orangnya baik itu dikenal atau pun tidak dikenal.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian singkat tentang adab memberi salam dalam Islam yang sepatutnya kita ketahui agar tercipta kehidupan yang rukun serta harmonis. Semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kalian serta bagi diri saya sendiri. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read