Arti Barakallah Fii Umrik

2 min read

arti barakaalahu fii umrik

Arti Barakallah Fii Umrik, ucapan untuk Laki-laki, ucapan untuk Perempuan dan cara mejawab dalam tulisan Arab, latin dan maknanya.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullhi wabarakatuh. Belakangan ini penggunaan bahasa Arab dalam keseharian sering sekali kita mendengarnya, diantaranya adalah kata Barakallah fii umrik, yang mana kata tersebut digunakan untuk mengucapakan atau memberi ucapan kepada sesorang yang sedang berulang tahun atau hari kelahiran.

Alhamdulilah saat ini sudah banyak yang mengunakan kata ini untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada sesorang. Namun perlu diketahui sebelum menggunakan kata ini untuk mengucapkan atau memberi selamat kepada orang yang sedang ulang tahun, haruslah tahu dulu makna dan arti kata tersebut.

Baca Juga : Penyebab Doa Tidak Dikabulkan

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai kata ”Barakallah Fii Umrik”

Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik artinya adalah ”semoga Allah memberkahi usia mu saat ini”

Setelah kita mengetahui arti dari Barakallah Fii Umrik, maka jelaslah bahwa ucapan tersebut mengandung doa yang bermakna semoga Allah memberikan keberkahan pada usia kita saat ini.

Bila suatu hari ada yang mengucapkan mengucapkan kalimat barakallah fii umrik ketika kita sedang berulang tahun atau tepat hari kelahiran kita, maka orang tersebut telah mendoakan kita, agar kita selelu diberkahi dalam usia yang kita jalani.

Cara mengucapakan kalimat Barakallah fii umrik ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Berikut ini akan kami terangkan cara penggunaan untuk laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga : Arti Biidznillah

Barakallah Fii Umrik Kepada Laki-laki

Ucapan Barakallah Fii Umrik untuk laki-laki mempunyai sedikit perbedaan dengan ucapan untuk perempuan, perbedaannya terletak pada dhomirnya saja.

Berikut ucapan lagi laki-laki:

Dalam tulisan Arab ( بارك الله في عمرك )

Bacaan Latin : ”Barakallah Fii Umrik”

Artinya : ” Semoga Alloh memberkahi umurmu “

Barakallah Fii Umrik Kepada Perempuan

Pengucapan kepada perempuan ditulis dengan menggunakan kasroh untuk dhomirnya, maka jika untuk laki laki menggunakan harkat fathah, dan di baca ‘Umrika, dan untuk perempuan ”Umriki”.

Berikut ucapan untuk perempuan :

Dalam Tulisan Arab ( باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكِ )

Bacaan Latin : ”Baarakallaahu fii umriki” (tetapi dibaca tetap barallahu fii umrik)

Artinya : ”Semoga Allah memberkahi dalam umurmu” (perempuan)

Nah itulah bacaan untuk laki-laki dan perempuan. Jikalau ada kerabat, saudara ataupun keluarga anda ada yang sedang berulang tahun maka hendaknya ucapan yang seperti ini yang lebih baik, untuk mereka yang sedang berulang tahun.

Jika kita yang mendapat ucapan seperti di atas maka kita pun harus menjawab dengan dengan ucapan yang mengandung doa juga, hal ini merupakan sikap yang saling doa mendoakan antara saudara semuslim.

Berikut akan kami jelaskan dan tuliskan cara membalas ucapan Barakallah Fii Umrik.

Baca Juga : Arti Tafadhol

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Ketika kita sedang merayakan hari kelahiran atau berulang tahun, lalu ada saudara atau teman kita mengucapkan memberi ucapan kepada kita dengan ucapan yang mengandung sebuah doa, maka semestinya mengamainkan terlebih dahulu karena ia sedang mendoakan kita, setealh itu barulah kita menjawab dengan ucapan yang mengandung doa pula.

Berikut penjelasan untuk menjawab ucapan Barakallah Fii Umrik.

Ketika kita mendapat ucapan selamat ulang tahun dengan ucapan seperti diatas dari teman atau saudara, maka ucapan membalasnya dengan:

Untuk Laki laki

”Wafiika barakallah”

Artinya: Dan mudah mudahan Allah juga memberkati kamu (laki laki).

Untuk Perempuan

”Wafiiki Barakallah”

Artinya: Dan mudah mudahan Allah juga memberkati kamu (perempuan)

Untuk Orang Banyak

”Wafiikum Barakallahu”

Artinya : Dan mudah mudahan Allah juga memberkati kalian.

Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Mengucapkan selamat ulang tahun terbagi menjadi dua bagian yaitu sebagai berikut :

Sisi Sosial

Hari kelahiran atau ulang tahun merupakan sebuah hari yang spesial pada sebagian orang, tidak sedikit ketika seseorang sedang merayakan hari kelahiran disambut dengan kegembiraan karena Allah SWT masih memberikan umur yang panjang, dan sebagai seorang muslim yang baik sudah semestinya kita menghoramti dan ikut merasa senang atas kegembiraannya tersebut.

Biasanya dalam sisi sosial kebiasan jika ada seseorang yang berulang tahun selain memberikan ucapan selamat juga ada beberapa yang saling memberikan sebuah kado. Hal demikian juga ternyata telah dicontohkan Rasulullah saw.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw telah bersabda :

Yang Artinya : ”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sering menerima hadiah dan biasa pula membalasnya”. (Hadist riwayat Bukhari)

Dari Sisi Agama

Pandangan hukum dari sisi agama, hukum dalam mengucapkan selamat ulang tahun dapat dibagi lagi menjadi dua bagian.

  1. Pendapat yang pertama tentang ulang tahun hukumnya Mubah atau boleh karena tidak adanya dalil larangan dalam mengucapkan selamat ulang tahun.
  2. Pendapat yang kedua ada yang mengharamkan, karena tidak adanya contoh dari Rasulullah SAW.

Namun kedua pendapat di atas tergantung bagi yang menyakini antara boleh atau tidaknya, namum kembali semua perbuatan kembali kepada niatnya. Wallahu’alam

Demikian pembahasan tentang ucapan ulang tahun, dan beberapa yang berkaitan di dalamnya, semoga bisa difahami dengan jelas dan semoga juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih, wassalam.

Baca Juga :

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read