Arti Barakallahu Fiikum

2 min read

Arti barakallahu fiikum

Arti Barakallahu Fiikum, Menjawab ketika orang mengucapkan Barakallahu Fiikum, Contoh Kegunaan Barakallahu dan Waktu Yang Tepat Mengucapkan Barakallahu Fiikum.

Arti Barakallah Fiikum – Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum, sahahat semua.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita mendengar orang megucapkan kata barakallah fiikum, kata tersebut merupakan ucapan kata yang juga mengandung sebuah doa, yang ditujukan kepada orang lain.

Ucapan seperti itu dapat dipergunakan untuk memberikan ucapan keapada teman, shabat atau pun keluarga kita yang bermaksud semoga Allah memberikan keberkahan kepada mereka.

Ketika teman atau sahabat kita memberi ucapan Barakallah fiikum kepada kita, maka hendaknya kita ucapan Amin, yang bermaksud semoga Allah mengabulkan atas doa yang teman atau kerabat kita ucapakan kepada kita.

Baca Juga : Doa Penenang Hati

Arti Barakallah Fiikum

Kata Barakallahu fiikum memiliki arti yaitu “Semoga Alloh memberkahi kalian”

Berikut ini adalah tulisan dan lafadznya bacaan Barakallahu fiikum

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم

Barakallahu fiikum

Artinya : “Semoga Allah memberkahi kalian”

Penjelasan : Ketika dijumpai seorang sahabat ataupun teman yang memberikan ucapan Barakallahu fiikum, artinya sahabat atau teman kita sedang mendoakan kita dan orang-orang yang sedang berada disekitar kita, contohnya seperti pasangan kita atau keluarga kita.

Baca Juga : Arti Biidznillah

Jawaban Barakallahu Fiikum

Ketika sahabat atau teman mengucapkan dengan uacapan di atas, hendak nya kita membalas atau menjawab perkataan itu tersebut dengan bacaan sebagai berikut :

Jawaban untuk laki-laki = Wa Fiika Barakallah” (untuk laki laki sendiri)

Jawaban untuk Permpuan = ”Wafiiki Barakallah” (untuk perempuan sendiri)

Jawaban atau balasan ketika kita mengetahui atas keluarganya atau pun pasangannya maka kita balas dangan ucapan

Wa Fiihim Barakallah“ (Keberkahan bagi kalian juga)

Balasan ucapan di sesuai dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Iman An-Nasa’i atas perkataan Ummul Mukminin ‘Aisyah Ra.

Nah itulah sedikit keterangan balasan ucapan jika seseorang telah mendoakan kita dengan ucapan di atas.

Berikut ini adalah contoh-contoh kegunaan kata ucapan Barakallahu.

Baca Juga : Arti Tafadhol

Contoh Kegunaan Ucapan Barakallahu Fiikum

Contoh manfaat atau kegunaan ucapan Barakallahu Fiikum adalah sebagai berikut :

Jika suatu hari istri dan anak-anak anda, anda ajak untuk mengunjungi sebuah panti asuhan anak yatim piatu dengan maksud dan tujuan ingin berbagi sebagian rezeki kepada mereka.

Setelah anda menyerahkan beberapa rezeki kepada pengurus panti asuhan tersebut, kemudian pengurus panti asuhan tersebut memberikan ucapan kepada anda dengan ucapan “Barakallahu fiikum wa baroka alaikuma”.

Berarti pengurus panti asuhan tersebut memberikan atau mendoakan anda dan juga keluarga anda yang berharap Allah SWT memberikan keberkahan juga kebaikan dalam agama anda dan keluarga.

Baca Juga : Arti Jazakallah Khairan

Arti “Barakallahu fiikum wa baroka alaikuma

Artinya “Barakallahu fiikum wa baroka alaikuma” adalah “Semoga Allah memberkati kalian dan keberkahan dalam urusan agama kalian”

Waktu Yang Tepat Untuk Mengucapkan Barakallahu Fiikum

Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk kita mengucapkan “Barakallahu fiikum” diantaranya pada saat dan moment seperti dibawah ini.

Bagi Seorang Mualaf

Bagi seorang Mualaf atau seorang yang baru masuk dan memeluk agama islam sangat dianjurkan bagi kita untuk mendoakannya, agar perjalanannay menjadi seorang mualaf diberikan keistiqomahan dan keberkahan oleh Allah SWT.

Ketika Seseorang Yang Mendapatkan Keberhasilan

Ketika seseorang mendapatkan keberhasil dalam hal yang baik, ucapan ini sangat tepat bila diberikan kepada seseorang tersebut, agar kesuksesannya tersebut mendapatkan keberkahan baik di dunia maupun akhirat.

Saat Ulang Tahun

Ucapkan Barakallahu Fiikum, sangat tepat bila di ucapan ketika seseorang yang sedang merayakan hari jadinya, sebab dengan bertambahnya usia semoga Allah memberikan keberkahan dari sisa sisa umurnya.

Baca Juga : Doa Ulang Tahun

Saat Pernikahan

Kalimat atau ucapan ini sangat tepat bila diucapkan kepada seseorang yang baru menikah atau sedang menikah, karena dengan ucapan ini artiny kita berdoa semoga kelak mereka berdua menjadi pasangan suami istri yang selalu mendapatkan keberkahan.

Baca Juga : Doa Untuk Pengantin

Ketika teman ataupun keluarga kita yang baru melahirkan, maka ucapan Barakallahu fiikum sangatlah tepat bila diucapakan kepada mereka yang berarti kita berdoa semoga anak dan ibunya selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Catatan

Ucapan Barakallah fiikum adalah sebuah ucapan yang bermakna doa, ucapan tersebut sangalah pantas diucapan disaat-saat momen yang sedang bahagia.

Mengucapkan ucapan tersebut tidak mempunyai batasan untuk kita ucapakan kepada siapa saja karena ucapan tersebut adalah doa.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai ucapan dan jawaban Barakallah fiikum semoga setelah membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan kita bersama, agar tidak bingung jika ada seseorang mengucapkan ucapan tersebut.

Semoga bermanfaat,

Terima kasih, wassalam.

Artikel lain yang bisa anda baca :

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read