Arti Biidznillah

2 min read

Arti biidznillah

Arti Biidznillah, Perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah, Makna Biidznillah dan Cara Menggunakan Kata Biidznillah.

Apasih makna atau arti dari kata Biidznillah , untuk lebih jelas mari simak pembahasan dibawah ini, mengenai Biidznillah, perbedaan Biidznillah dan juga kata Insya Allah, akan disertakan pula contoh cara menggunakan kata tersebut.

Arti Biidznillah

Ucapan kata ini merupakan bentuk bentuk kata yang bersifat permohonan pengharapan, dan juga berupa sebuah doa permohonan kepada Allah SWT,

Biidznillah dalam tulisan Arab ( بِإِذْنِ اللَّهِ )

Artinya adalah “atas izin Allah atau dengan izin Allah”

Keterangan : Ketika seseorang telah mengucapkan kata “Biidznillah”, berarti orang tersebut memohon suatu pengharapan agar terjadinya sesuatu yang telah diharapkan olehnya .

Baca Juga : Arti Barakallahu Fiikum

Contoh Penggunaan Kata Biidznillah

Jika anda sering mendengar orang menggunaan kata Biidznillah namum masih bingung apa arti dan maknanya kata tersebut, berikut ini kami tulisakn beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Biidznillah.

  • Biidznillah, semua persoalan dapat terselesaikan dengan lancar
  • Biidznillah, segala harapan dan cita-cita kita akhirnya bisa tercapai.
  • Insya Allah Biidznillah semuanya akan menjadi dan cepat membaik
  • Alhamdulilah, biidznillah kita dapat membantu orang-orang yang ada disekililing kita.

Nah inilah sebagaian contoh penggunaan kata tersebut, mudah-mudahan dapat difahami.

Berikut ini pula akan disampaikan perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah, Kedua kata ini sangatlah hampir sama makna dan artinya, namum memiliki perbedaan, berikut di bawah ini keterangannya.

Baca Juga : Arti Jazakallah Khairan

Perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah

Tanpa mengetahui arti ketika menggunakan kata bisa mengakibatkan kesalahan dan kekeliruan, oleh sebab itu harus lebih teliti dalam menggunakan kata tersebut. Salah dalam kata menggunakan kata maka akan berubah pula maknanya.

Penjelasannya dibawah ini akan menerangkan perbedaan anatara Biidznillah dengan kata Insya Allah.

Perlu kita ketahui terlebih dahulu atri dari masing-masing kata tersebut agar dapat membedakan dan dapat menggunakan kata tersebut dengan tepat, berikut penjelasannya :

Arti Biidznillah adalah “atas izin Allah / dengan izin Allah”

Arti Insya Allah adalah “Jika Allah mengizinkan”

Jika diartikan secara bahasa kedua kata tersebut memiliki perbedaan yang sangat tipis, namun sesungguhnya jika digunakan dalam sebuah kalimat memiliki perbedaan makna yang besar.

Jadi perbedaannya adalah : Ucapan kata Biidznillah bersifat khusus dan menunjukkan suatu permohonan dan juga pengharapan yang besar kepada Allah SWT.

Sedangkan, Kata Insya allah sifatnya lebih umum. 

Supaya lebih mudah untuk di pahami berikut akan kami berikan contoh penggunaan kedua kata tersebut.

Contoh kalimat menggunakan kata Insya Allah : “Jangan lupa ya Pak Taufik, nanti malam ba’da Isya, acara Maulid Nabi dan kami minta bapak untuk mengisi ceramahnya”, kalimat diatas cara menjawab yang tepat adalah dengan menggunkan kata “Insya allah / jika Allah mengijinkan”.

Kemudian orang tersebut melanjutkan pembeciraannya kepada pak Taufik dengan kalimat permintaan sebagai berikut : “Oh ya pak Taufik jangan lupa juga, ceramahnya mohon diceritakan pula sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW ya” jawaban yang tepat untuk menjawab kalimat diatas dengan ucapan “Ya, biidznillah / Ya, Atas Izin Allah”.

Makna menjawab dengan kata ”Biidznillah” artinya berharap semoga Allah SWT bisa menolong untuk memenuhi harapkan kepada seseorang dalam sebuah permintaan.

Bahkan lebih dari itu, mengucapkan dengan kata tersebut kata berarti kita melibatkan Allah SWT dalam segala perbuatan dan menyadari bahwasannya kita tidak mempunyai kemapuan apa-apa tanpa pertolongan Nya.

Baca Juga : Arti Tafadhol

Makna Biidznillah

  • Dengan mengucapkan kata Biidznillah, artinya kita telah memohon pertolongan Allah SWT supaya segala sesuatu yang menjadi keinginan kita, Allah megabulkan sesuai dengan harapan kita.
  • Kita tidak boleh terlalu berkeyakinan segala sesuatunya dapat terjadi dengan perbuatan kita, karena semuanya itu atas kehendak Allah dan izin Allah.
  • Segala perbuatan yang akan dikerjakan dapat terjadi atas izin Allah, dan sadar kita sebagai makhluk tidak memiliki kemampuan apapun tanpa pertolongan dan kehendak Allah.

Nah Itulah ulasan arti Biidznillah, semoga kita di beri kefahaman dan mendapat pertolongan Allah untuk dapat mempraktekan ilmu-ilmu yang telah diketahui. Wallahu’alam.

Terima kasih, Wassalam.

Baca Juga :

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read