Arti Fii Amanillah

2 min read

Arti Fii Amanillah, cara mengucapkan dan makna yang terkandung dalam kata Fii Amanillah, semuanya akan kami ulas pada tulisan di bawah ini.

Assalamu’alaikum.
Bagi seorang muslim kita di anjurkan untuk berkata-kata yang baik dan benar, baik dalam hal saja hendaknya kita memberi ucapan-ucapan yang baik, apalagi disaat orang yang akan melakukan bepergian sangatlah baik kita memberikan ucapan yang baik kepadanya.

Nah ucapan apa sih yang baik untuk orang yang hendak bepergian? untuk orang yang hendak bepergian kita bisa memberikan ucapan dengan kata Fii Amanillah, karena kata ini mengandung makna yang baik.

Kemudian apa sih makna dari kata fii amanillah? baiklah akan kami jelaskan arti dari fii amanillah dan juga kata jawaban untuk membalasnya.


Mari simak ulasan lebih detailnya di bawah ini…

Baca juga: Ana Uhibbuki Fillah Artinya

Arti Fii Amanillah

Fii amanillah adalah kata ucapan dalam bahasa arab yang terkandung sebuah makna ”semoga engkau selalu dalam lindungan Allah”.

Makna dari ucapan ini mengandung sebuah doa, yang artinya kita telah memohon pertolongan Allah Swt agar seseorang yang kita beri ucapan ini mendapatkan perlindungan dari Allah Swt dalam perjalanannya.

Terutama kepada keluarga ataupun kerabat kita yang hendak melakukan bepergian, sudah seharusnya kita memberi ucapan yang mengandung doa ini, semoga dengan kita memberikan ucapan tersebut Allah mengabulkan doa dan Allah melindunginya hingga selamat sampai ditujuan.

Nah itulah sedikit keterangan mengenai kata ucapan tersebut, kemudian bagaimana cara mengucapkan dengan kata ini yang benar, agar tidak keliru dalam pengucapan mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Arti Syafakillah

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Sebelumnya kita perlu ketahui terlebih dahulu dalam pengucapan suatu kata-kata yang menggunakan bahasa Arab, karena salah dalam penyebutan mengakibatkan salah arti dan makna, karena bahasa Arab sangatlah sensitif.

Sebelumnya kita harus ketahui terlebih dahulu kata fii amanillah dalam tulisan Arab agar bisa tepat dan benar cara mengucapkannya.

Berikut kata fii amanillah dalam tulisan Arab: فِي أَمَانِ الله

Setelah kita mengetahui dalam tulisan Arabnya, maka baru kita dapat membacanya dengan tepat dan benar

Kata fii amanillah‘. kata “fii” kalau kita lihat dalam tulisan Arabnya makan harus dibaca agak panjang pada huruf “i”, barulah dalam bahasa Arab kata ini meliki arti ”di dalam”.

Sedangkan pada kata ”amanillah ” cara mengucapkan nya tidak panjang dan tidak seperti pada kata ”Fii”

Nah itulah cara membaca atau mengucapkan, semoga dapat difahami sehingga tidak salah dalam mengucapkan.

Baca juga: Arti Biidznillah

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah

Penggunaan kata fii amanillah tidak hanya diucapkan untuk seseorang yang akan bepergian tetapi ucapan ini bisa pakai dalam situasi lainnya.

Karena jika dipandang dari isi kandungan ucapan ini (”semoga engkau dalam lindungan Allah Swt”), maka kata ucapan Fii Amanillah ini bisa juga diucapkan dalam keadaan lain, contoh ucapan yang bisa kita gunakan seperti:

  • Seseorang yang dalam keadaan susah ataupun sedang terkena musibah.
  • Kepada seseorang yang dalam kondisi mengkhawtirkan.
  • Terhadap saudara atau kerabat kita yang berkerjanya penuh dengan resiko dan berbahaya.
  • Menjumpai seseorang yang sedang mengalami masalah atau persoalan.

Dan masih banyak yang lainya, tergantung pada keadaan dan situasi yang kita jumpai untuk mengucapkan kata ini, yang penting tepat dan tidak merubah maksud.

Berikut akan kami jelaskan pula cara menjawab ketika kita mendapat ucapan Fii Amanillah dari seseorang, silah simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Arti Tafadhol

Ucapan Untuk Menjawab Fii Amanillah

Cara menjawab atau membalas ucapan fii amanillah , ketika kita diberikan atau mendapatkan ucapan Fii Amanillah, maka kita bisa menjawab dengan mengucapkan Ma’assalamah, artinya ”semoga keselamatan selalu menyertaimu”.

Nah itulah ucapan untuk menjawab, jika kita diberi ucapan kepada seseorang.

Karena di dalam ajaran Islam kita sangat dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada seseorang yang telah berbuat baik kepada kita, sama hal nya jika seseorang telah mengucapkan fii amanillah kepada kita itu berarti orang tersebut berbuat baik kepada kita karena mendoakan kita dan kita pun harus membalas kebaikan orang tersebut.

Baca juga: Arti Barakallah Fii Umrik

Makna Ucapan

Pada ucapan Fii Amanillah terdapat makna baik bila diucapkan terhadap orang lain.

Dengan ini kita dianjurkan supaya bisa dan membiasakan ucapan ini kepada orang yang mau bepergian ataupun dalam keadaan lainnya.

Di bawah ini akan kami tuliskan beberapa makna dari fii amanillah

  1. Dengan mengucapkan fii amanillah berarti kita telah mendoakan memohonkan keselamatan kepada Allah untuk orang yang kita beri ucapan tersebut.
  2. Dengan mengucapkan fii amanillah berarti kita telah memiliki rasa kepedulian kita terhadap orang lain.
  3. Dengan mengucapkan fii amanillah berarti kita telah dianugrahi rasa cinta kepada sesama muslim.

Nah itulah sebagaian dari makna yang terdapat dari kata fii amanillah, semoga bisa menumbuhkan rasa kesadaran kita dan untuk selalu berbuat baik kepada semua makhluk ciptaan Tuhan.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami berikan semoga bisa bermanfaat bagi kita bersama.

Terima kasih dan wassalam.

Baca juga artikel lain: