Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

3 min read

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati – Sobat WaheedBaly.com doa iftitah adalah doa yang dibaca ketika sholat setelah melakukan takbiratul ihram serta sebelum membaca surat Al-Fatihah dalam rakaat pertama. Salah satu kalimat dalam doa iftitah adalah kalimat “Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati”.

Pada artikel kali ini akan membagikan ulasan terlengkapnya yang dapat sobat simak berikut ini.

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin

Kalimat Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati adalah doa yang memiliki arti yang luar biasa untuk semua umat muslim. Doa tersebut bermakna yaitu penyerahan diri secara total seorang hamba kepada Allah Swt.

Kalimat tersebut selain terkandung dalam doa iftitah, sebenarnya juga berasal dari sebuah firman Allah Swt dalam surat Al-An’am ayat 162. Walaupun hukum membaca doa iftitah dalam sholat adalah sunah, tetapi membaca doa iftitah sangat dianjurkan setelah iiat dan takbiratul ihram. .

Kalimat inna sholati wanusuki wamayahya wamamati lillahirabbil alamin adalah petikan dari doa iftitah yang artinya sebagai berikut :

“Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah tuhan semesta alam.

Bacaan kalimat ini bermakna bahwa semua hidup manusia bahkan sampai kematiannya, hanyalah untuk Allah SWT semata, Tuhan semesta alam. Hal ini yang berarti manusia hanya hidup untuk mengabadikan segenap jiwa, rasa, pikiran, perasaan serta hatinya kepada Allah Swt.

Kalimat ini mempunyai makna bahwa saat sholat, kita harus memfokuskan seluruhpikiran, hati kepada Allah Swt. Pikiran kita harus khusyuk mengingat Allah SWT saat sholat jangan memikirkan dan mengingat yang selain Allah.

Hal inilah yang merupakan definisi dari sholat yang baik dan sempurna, hal ini lah yang sangat penting untuk kita jaga, supaya sholat kita di terima oleh Allah Swt. Karena sholat adalah tiang agama, jika sholatnya bagus maka semakin kokoh pula tiang agama seorang muslim.

Dan sholat juga adalah amalan yang pertama kali akan dihisab di hari kiamat nanti. Sholat juga merupakan sebuah amalan penentu amalan-amalan lainnya. Karena apabila seorang muslim baik sholatnya maka baik juga semua amalannya.

Begitupun sebaliknya, jika seorang muslim buruk sholatnya, maka buruk pula seluruh amal dan perbuatannya. Seperti yang di terangkan Rasulullah Saw dalam sabdanya :

Amalan yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba pada hari akhir adalah sholat. Apabila baik sholatnya maka baik pula seluruh amalannya. Jika buruk sholatnya maka buruk pula seluruh amalannya. 
(HR. Thabrani).

Sholat juga merupakan sebuah amalan yang dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana Allah Swt berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (QS. Al Ankabut: 45).

Pada suatu ketika Ibnu Masud pernah ditanya tentang seseorang yang biasa memperlama sholatnya. Maka beliau berkata,

“Sholat tidaklah akan bermanfaat kecuali, jika sholat tersebut membuat seseorang menjadi taat.” (HR. Ahmad dalam Az Zuhd, hal. 159 dengan sanad shohih dan Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushonnaf 13: 298 dengan sanad hasan dari jalur Syaqiq dari Ibnu Masud).

Al Hasan pernah berkata, “Barangsiapa yang melaksanakan sholat, tetapi sholat tersebut tidak mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar, maka dia hanya akan semakin menjauh dari Allah.”

Abul Aliyah pernah berkata, “Di dalam sholat terdapat tiga hal di mana jika ketiga hal tersebut tidak ada maka tidaklah disebut sholat. Tiga hal tersebut adalah dzikir, ikhlas dan rasa takut kepada Allah.

Rasa Ikhlas itulah yang mengarahkan kepada yang maruf (kebaikan). Rasa takut itulah yang akan mencegah seseorang untuk melakukan kemungkaran. Sedangkan dzikir melalui Al Quran yang melarang dan memerintahkan sesuatu.”

Tulisan Arab Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

Dibawah ini merupakan tulisan Arab dari Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin, berikut ini kami berikan tulisannya yang bisa dicopy:

Arab: إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 

Latin: Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin

Artinya: Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam 

Makna Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, bahwa makna dari Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin adalah: Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Swt, Tuhan semesta alam.

Kalimat tersebut tentu saja mengandung makna yang sangat luar biasa bagi seorang hamba yang beriman kepada Allah Swt.

Arti Sholat

Sebagaimana yang diketahui, sholat adalah sebuah kewajiban yang pertama kali Allah perintahkan Kepada Nabi Muhammad Saw. Bahkan perintah sholat ini Allah sampaikan secara langsung kepada Rasulullah Saw tanpa melalui perantara malaikat jibril.

Perintah sholat ini diterima oleh Rasulullah Saw saat beliau melakukan perjalanan isra’ dan mi’raj. Ada beberapa makna sholat bagi setiap muslim, yaitu sebagai berikut:

  1. Sholat adalah tiang agama
  2. Sholat merupakan ibadah yang diwajibkan pertama kali dalam Islam
  3. Sholat merupakan ibadah yang pertama kali dihisab pada hari kiamat
  4. Sholat adalah pembeda antara muslim dengan orang kafir
  5. Sholat adalah suatu amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.
  6. Sholat adalah sebuah kewajiban mutlak

Sholat merupakan satu-satunya ibadah untuk melakukan hubungan langsung antara seorang hamba dengan Tuhannya. Ketika sholat, ruhani kita bergerak menuju Zat Yang Maha Esa, daya pikiran kita terlepas dari keadaan–keadaan real, dan panca indra pun akan melepaskan diri dari segala macam peristiwa yang ada disekitarnya.

Dzat Allah adalah obyek pikir jiwa untuk kembali dan berserah diri. Inna shalati, wanusuki, wamahya­ya, wamamati lillahi rabbil ‘alamin. sesungguhnya, shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Keadaan inilah yang kemudian disebut dalam Alqur’an sebagai orang yang ber­serah diri. Bahkan pada keadaan ini nafsu dan setan tidak akan mampu untuk menembus alam keikhlasan seorang mukmin. Sebagaimana friman Allah yang artinya:

Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya. Kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis dian­tara mereka. ( QS. Shaad, 38 ayat 82-83)

Sekian pembahasan mengenai tentang Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Semoga Allah SWT meridhoi setiap ilmu yang kita pelajari.

Baca Juga :

Rate this post