Arti Kaifa Haluk

2 min read

Arti Kaifa Haluk: Jawaban, Balasan (Lengkap) kami sertakan contoh kalimat penggunaan dan juga contoh kalimat pertanyaannya.

Assalamu’alaiku.
Pernahkah kalian mendengar seseorang menguckan kata ”kaifa haluk” (كيفا هالوك)? Tahukah kalian kata tersebut apa artinya? Mendengar ataupun membaca kata ini, yang terlintas dalam pikiran kita pasti akan langsung menebak bahwa kaifa haluk adalah kata dari bahasa Arab.

Dewasa ini selain bahasa Inggris, bahasa Arab pun saat ini menjadi salah satu bahasa yang sudah banyak di pelajari oleh masyarakat Indonesia umumnya. Baik dalam pelajaran di sekolah umum dan lebih khusus pada sekolah agama.

Kaifa haluk (كيفا هالوك) menjadi satu di antara berapa kosakata Arab yang banyak dicari artinya oleh netizen Indonesia. Berdasarkan hasil perekaman data mesin pencari google, banyak warganet yang mengetikkan kata kunci “arti kaifa haluk” atau “kaifa haluk artinya apa” di kolom pencarian. Hal ini sekaligus menjadi pertanda bahwa kebutuhan informasi mengenai arti kata bahasa Arab sangatlah tinggi.

Baiklah untuk mempersingkat waktu pada artikel di bawah ini akan kami bahas secara detail pembahasan tentang kata ”kaifa haluk”.

Baca juga: Arti Hamasah

Arti Kaifa Haluk

Kaifa haluk (كيفا هالوك) Yaitu sebuah kalimat tanya, dan dalam bahasa Arab Kaifa haluk artinya “bagaimana kabarmu”.

Kaifa haluk terdiri atas dua kata yaitu:

  • “Kaifa (كيفا)” yang artinya “bagaimana”
  • ”Haluk (هالوك) yang artiya “kabarmu”.

Kalimat ini adalah sebuah kalimat tanya, mengingat kegunaan kalimat ini sebagai kalimat tanya, maka sudah barang tentu pemakaian kalimat ini sangat sering di gunakan dan oleh sebab itu jika kalian ingin bercakap menggunakan bahasa Arab terlebih dahulu harus mnegusai kata ini.

Cara Penggunaan Ucapan Kaifa Haluk

  • Penggunaan ucapan kaifa haluk yang ditujukan untuk pria/ laki-laki, yaitu”Kaifa Haluka(كَيْفَ حَالُكَ) artinya “bagaimana kabarmu? ( untuk laki-laki)“.
  • Penggunaan kata ”kaifa haluk” jika diucapkan kepada seorang perempuan, maka dapat ditambahkan dengan dhomir yakni ini “Kaifa Haluki” yang dalam tulisan arab (كَيْفَ حَالُكِ) artinya ”bagaimana kabarmu? (bagi perempuan)
  • Selanjutnya penggunaan kata Kaifa Haluk yang ditujukan untuk orang banyak atau lebih dari satu yaitu “Kaifa Halukum” (كَيْفَ حَالُكُمْ) artinya “bagaimana kabar kalian?“.

Nah itulah cara penggunaannya, jadi memiliki perbedaan antara laki-laki dan perempuan cara penggunaan katanya dan juga bagi orang banyak.

Kemudian akan kami sampaikan juga kata balasan untuk menjawab ucapan kaifa haluk, berikut penjelesannya.

Baca juga: Arti Barakallahu Fiikum

Balasan Kaifa Haluk

Yang mana telah disampaikan di atasa tadi kata ucapan kaifa haluk ini adalah merupakan sebuah kata pertanyaan, jadi jika kita mendapatkan sebuah ucapan dengan kata tersebut, maka mesti menjawab atau membalasan pertanyaan tersebut?

Lalu apa kata jawaban atau membalas dari ucapan kaifa haluk? Nah anda bisa menjawabnya dengan ucapan Bikhoirin, walhamdulillah artinya baik, alhamdulillah.

Atau anda juga bisa membalas ucapan tersebut dengan mengucapkan“Ana Bikhoirin atau yang artinyanya saya baik-baik saja.

Kemudian jika ada seseorang bertanya dengan menggunakan kata Kaifa Halukum, maka anda bisa membalasnya dengan ucapan “Nahnu Bikhoirin yang artinya kami baik.

Nah itulah beberapa contoh cara menjawab ucapan, baik bagi perempuan maupun untuk laki-laki.

Berikut dibawah ini akan kami berikan beberapa contoh kalimat, semoga dapat mempermudah dalam menggunkan kata tersebut.

Baca juga: Arti Tafadhol

Contoh Kalimat Tanya Kaifa Haluk dan Jawabannya

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat tanya dalam bahasa arab mengenai kaifa haluk.

PertanyaanJawaban
Kaifa haluha (كَيْفَ حَالُهَا)? Hiya Bikhoirin (هِيَ بِخَيْرٍ)
Kaifa halukum (كَيْفَ حَالُكُمْ)? Nahnu Bikhoirin (نَحْنُ بِخَيْرٍ)
Kaifa haluki (كَيْفَ حَالُكِ)? Ana bikhoirin (انا بخير)
Kaifa haluhu (كَيْفَ حَالُهُ)?Huwa Bikhoirin (هُوَ بِخَيْرٍ)
Kaifa haluka (كَيْفَ حَالُكَ)? Bikhairin, walhamdulillah (بِخَيْرٍ، وَالْحَمْدُ للهِ)

Yang mesti dipahami soal sakal atau Harokat pada ucapan “Kaifa haluk” akan terdapat nada yang berbeda dan juga mesti sesuai dengan subjek yang akan pertanyakan, berikut tabelnya

KataSubyekUntuk
“haluki” “anti” kamu perempuan seorang
“haluka” “anta” kamu laki-laki seorang
“haluha” “hiya” dia perempuan seorang
“haluhu” “huwa” dia laki-laki seorang
“halukum” “antum” kalian laki-laki jamak

Contoh Kalimat Tanya Bahasa Arab

Selain kata tanya kaifa haluk terdapat pula kata tanya lainya dalam bahasa Arab, berikut ini beberapa contoh kalimat tanya lainnya di dalam bahasa Arab:

  • Man Huwa (مَنْ هُوَ) = Siapa dia?
  • Aina Kitaabun (أيْنَ الكِتـَابُ) = Dimana buku?
  • Ma Hadza (مَا هَذ) = Apa ini?

Nah itulah sedikit ulasan-ulasan seputaran kata atau kalimat tanya dalam bahasa Arab, mudah-mudahan mudah dipahami dan semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih dan wassalam.

Baca juga: