Arti Tabarakallah

1 min read

Arti Tabarakallah – Assalamu’alaikum, kembali lagi penulis waheedbaly.com pada kesempatan yang berbahagia ini, kembali kami akan memberikan ulasan mengenai ucapan-ucapan istilah dalam bahasa Arab, salah satunya adalah ucapan Tabarakallah, sering kita menjumpai beberapa publik figur ataupun artis-artis saat ini berlomba-lomba hijrah dan mengubah gaya hidup mereka menjadi islami, serta melihat status di media sosial mereka menggunakan kata-kata islami seperti Masha Allah Tabarakallah, untuk memahami arti kalimat tersebut lebih lengkapnya mari simak penjelasan lengkapnya berikut di bawah ini.

Arti Tabarakallah (تبارك الله)

Istilah dalam Bahasa Arab kalimat yang satu ini kini cukup banyak diucapkan oleh kebanyakan orang. Secara harafiah Arti dari kalimat Tabarakallah (تبارك الله) sendiri adalah “Semoga Allah Memberkahimu”, ada juga sebagian orang yang menafsirkan kalimat Tabarakallah dengan arti “.Atas izin Allah segala sesuatu hal dapat terjadi”. Terkadang ucapan kalimat tabarakallah dikaitkan dengan kalimat Masha Allah, yang menjadi kalimat Masha Allah Tabarakallah.

Kalimat tersebut merupakan perwujudan terhadap pujian serta doa kepada Allah SWT saat hamba-Nya melihat kebesaran, kekaguman dan rahmat dari segala yang diciptakan oleh Allah SWT.

Perbedaan dengan Masyaallah

Makna tabarakallah yang merujuk pada puji-pujian kepada Allah SWT sepertinya tumpang tindih dengan istilah masyaallah. Memang, kedua istilah tersebut sering diucapkan secara bersamaan ketika umat Islam mengungkapkan kekaguman mereka terhadap sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT.

Namun, kedua istilah tersebut sebenarnya memiliki waktu dan alasan yang berbeda untuk diucapkan. Tabarakallah sendiri dapat dikatakan ketika umat Islam mendapatkan nikmat yang tak terukur dari Allah atas sesuatu atau hal-hal yang menjadi miliknya.

Berbeda dengan tabarakallah, makna masyaallah itu sendiri adalah kehendak Allah. Istilah masyaallah dapat disebut ketika umat Islam merasa heran ketika melihat kekuasaan Allah SWT pada benda atau benda yang bukan miliknya.

Jawaban atau Balasan Tabarakallah

Saat mendengar kalimat tabarakallah dari orang lain, umat Islam juga harus menanggapi kalimat tersebut dengan kata-kata yang baik ataupun doa. Sebeenarnya tidak ada jawaban atau balasan khusu untuk kalimat tersebut jadi jawaban yang tepat membalas kalimat tersebut adalah dengan dengan mengucapkan “Jazakallah khair.

Jazakallah khair adalah kalimat sapaan yang memiliki arti ” Allah akan membalas dengan kebaikan “. kalimat lain yang juga bisa menjadi jawaban atupun balasan dari kalimat tabarakallah adalah ” Barakallah fii  ” yang artinya Allah memberkati Anda sekalian.

Jadi kesimpulan untuk membalas ucapan kalimat  Tabarakallah adalah :

Jazakallah khair artinya : ” Allah akan membalas dengan kebaikan “

Barakallah fii artinya : “Allah memberkati Anda sekalian “

Apabila terdapat seseorang yang mengucapkan kalimat Tabarakallah kepada kita maka kita dapat langsung meresponnya dengan memberikannya jawaban yang tepat dan juga disesuai kepada siapa kalimat tersebut diucapkan.

Nah itulah ulasan yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan ini semoga dapat bermanfaat dan menambah kosa kata bahasa Arab anda sekalian.

Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih dan sampai jumpa di pembahasan yang lainya.

Wassalam.

 

Lirik Lagu Suket Teki

wahed234
2 min read

Lirik Lagu Cidro

wahed234
2 min read

Pamer Bojo

wahed234
2 min read