Arti Tafadhol

1 min read

Arti Tafadhol

Arti Tafadhol dan cara mengunakan kata Tafadhol akan dibahas disini disertai contoh-contoh yang mudah untuk difahami.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Bismillahi Alhamdulillah, semoga Allah Subhana Wa Ta Ala selalu memberikan kita semua ilmu yang bermanfaat, khususnya bagi pemabaca yang telah sudi untuk membaca tulisan kami yang sangat sederhana ini.

Dan semoga atas hak syafaat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam, kita menjadi bagian dari orang-orang yang telah diberi syafaat baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin

Tafadhol Merupakan kata atau kalimat yang sedang populer di indonesia, sudah semestinya kita mengucapkan kalimat yang baik dan dengan bahasa baik, kata Tafadhol mempunyai makna yang baik untuk diucapkan, namum sebelum kiyta mengucapkan kata tersebut mesti yahu dulu apa arti tersebut.

Padaembahasan kali ini akan dijelaskan arti kata Tafadhol dan dan cara penggunaan kata tersebut.

Baca Juga : Arti Jazakallah Khairan

Arti Kata Tafadhol

Tulisan Arab Tafadhol تفضّل dibaca ”Tafadhol

Kata ini bila diartikan secara bahasa memiliki arti yaitu ”silahkan”

Kata Tafadhol merupakan kalimat atau kata perintah yang sopan yang berguna untuk mempersilahkan seseorang dengan lembut dan sopan, contohnya sebagai berikut :

  • Tafaddhol ijlis yaa Ustadz / تفضل اجْلِسْ يا استاذ : silahkan duduk wahai guru.

Penggunaan kata Tafadhol pada kalimat di atas merupakan bentuk dari kalimat perintah, tetapi sebuah kalimat yang sopan sebab di ikut disertakan dengan kata Tafadhol.

Pada kalimat di atas apabila tidak menggunakan kata Tafadhol seperti contoh Ijlis ya ustadz, maka kalimat ini kehilangan makna kesopanannya kepada lawan bicaranya.

Berikut ini akan kami tuliskan beberapa contoh penggunaan kata Tfadhol yang baik dan benar.

Baca Juga : Arti Barakallahu Fiikum

Contoh Cara Penggunaan Kata Tafadhol

Alhamdulilah saat ini kata-kata dalam bahasa Arab yang baik dan yang mempunyai makna kesopanan maupun doa, belakangan ini sudah banyak gunakan dalam kehidupan bermasyarakat dan saat ini kata-kata tersebut sedang populer di Indonesia.

Contoh seperti kata

  • Syukron
  • Afwan
  • Barakallah
  • Barakallahu Fiik
  • Barakallahu Fiikum
  • Mabruk

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini contoh penggunaan kata Tafadhol akan kami berikan agar mudah untuk difahami dalam menggunakan kata tersebut.

Contohnya :

Di suatu acara sedang mengadakan kegiatan keagamaan seperti acara pengajian, acara isro miraj, maulid Nabi dan lain sebagainya, yang diadakan disuatu majlis atau masjid.

Dipastikan diacara tersebut dihadiri para ustadz, kiyai dan juga pemuka agama, ketika seorang pemandu acara akan mempersilahkan salah satu dari mereka untuk memberikan sambutan ataupu tausiyah agama, setelah mempersilahkan baisanya pembawa acara akan mempersilahkan kepada mereak untuk maju atau berdiri pada tempat yang telah disediakan, setelah mempersilahkan pemabwa acara mengatakan Tafadhol sebagai tanda acara sudah bisa dimulai.

Kata “Tafadhol” bisa juga ditambahkan dengan kata “Masykuuro“.

”Masykuuro” sendiri memiliki arti yaitu ”dengan hormat”

Jadi bila kedua kata teresebut digabungkan memilik arti yaitu = dipersilah kan dengan segala hormat.

Nah itulah yang dapat kami bahas mengenai kata Tafahdol semoga dengan membaca artikel ini dapat membatu anda untuk mengetahui arti kata Tafdahol dan cara menggunakan kata tersebut.

Demikialah semoga bermanfaat bagi kita bersama terutama bagi penulis yang masih minim akan ilmu, dan semoga kita semua diberikan tambahan ilmu dan sekaligus kefahaman dan juga bisa mengamalkannya.

Terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Baca Juga :

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read