Arti Ya Muqollibal Qulub

1 min read

Arti Ya Muqollibal Qulub- يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ.
Assalamu’alaikum sahabat setia ku, kali ini kami akan membahas tentang materi Ya Muqollibal Qulub, untuk mendapatkan keterngan yang lebih detail, yuk kita simak bersama tulisan sederhana di bawah ini.

Baca juga: Arti Biidznillah

Arti Ya Muqollibal Qulub

Kalimat ini bila di tulis dalam tulisan Arab (يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ) bial dibaca ”Ya Muqollibal Qulub” kalimat ini memiliki arti yaitu “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati”.

Kata atau kalimat ini di dapat dari penggalan doa yang berbunyi sebagai berikut: ‘Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinikdalam tulisan Arabnya يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ  dan kalimat ini memliki arti yaitu sebagai berikut ”Wahai engkau Zat yang dapat membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu”

Makna dari doa ini adalah sebuah pengakuan seorang hamba atas kelemahan dirinya yang tidak dapat berbuat apa-apa dan hanya Allah Swt lah yang dapat dan mampu membolak-balikkan hati pada setiap manusia.

Baca juga: Arti Tafadhol

Makna Ya Muqollibal Qulub

Doa Ya moqollibal qulub adalah satu bentuk permohonan kepada Allah Swt agar selalu tetap berada di jalan yang lurus dan penuh pendirian yang kokoh.

Hal yang demikian disebut juga dengan istiqomah selalu yang berarti teguh dalam pendirian di jalan Allah walaupun rintangan dan cobaan datang untuk menggoyahkan hati.

Karena hal nya hati terkadang bisa naik dan turun keimanannya, dan oleh sebab itu sebagai seorang hamba yang lemah senjatanya hanya berdoa agar Allah Swt memberikan pertolongan.

Baca juga: Arti Istiqamah

Isi Kandungan Ya Muqollibal Qulub

Isi yang terkandung di dalam doa Ya Muqollibal Qulub adlah sebagai berikut:

1. Hati Menjadi Tenang

Setisap manusia di pastikan ingin memilki hati yang tenang, karena dengan hati yang tenang dapat menjalankan segala sesuatunya dengan baik.

Selain daripada itu hati yang tenang dapat mejauhkan kita dari perasaan gelisah dan rasa gundah gulana karena medapat perlidungan dari Allah Swt.

2. Iman Semakin Kuat

Iman seseorang dapat berubah-ubah dan dengan membaca doa ini dengan terus menerus akan dapat menimbulkan keistiqomahan dari perbuatan-erbuatan baik yang selama ini yang menjadi kebiasanya, tentu juga atas pertolongan Allah Swt.

3. Selalu Dekat dengan Allah

Dengan hati yang tenang akan senantiasa merasa dekat kepada Tuhannya, di dalam hatinya selalu ada Allah Swt, karena ia yakin segala sesuatu jika tanpa ada pertolongan dan izin Allah tidak akan bisa terjadi.

Nah itulah penjelasan singkat isi kandungan dari doa ini, semoga Allah Swt senantiasa memberikan ketetapan iman dan keistiqomahan dalam kebaikan yang bertujuan untuk menggapai rido-Nya.

Nah demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang ”Ya Muqollibal Qulub” semoga ulasan yang kami sampaikan bisa membawa manfaat untuk kita bersama.

Terima kasih dan wassalam.

Baca Juga: