Ayat Tentang Sabar

2 min read

Ayat Tentang Sabar – Assalamualaikum sobat WaheedBaly.com jumpa lagi dengan penulis yang tak pernah berganti posisi selalu dan akan terus berbagi artikel terbaru untuk sobat semua. Dalam kesempatan ini penulis akan berbagi artikel mengenai tentang Ayat Tentang Sabar. Untuk pembahasan terlengkapnya bisa langsung saja sobat simak berikut dibawah ini.

Ayat Tentang Sabar dan Ikhlas

Ayat tentang sabar dalam Al-Qur’an sudah banyak dijelaskan oleh Allah yang maha Esa, salah satunya dalam surah AL-Ahqaf ayat 35.

Semua para Nabi dan Rasul mempunyai hati yang teguh, mereka tidak pernah meminta adzab kepada Allah. Dengan itu kita sebagai manusia juga diharapkan untuk selalu bersabar seperti para Rasul dalam melakukan perbuatan.

Sebagaimana dalam AL-Qur’an:

فَاصۡبِرۡ كَمَا صَبَرَ اُولُوا الۡعَزۡمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسۡتَعۡجِلْ لَّهُمۡ‌ؕ كَاَنَّهُمۡ يَوۡمَ يَرَوۡنَ مَا يُوۡعَدُوۡنَۙ لَمۡ يَلۡبَثُوۡۤا اِلَّا سَاعَةً مِّنۡ نَّهَارٍ ‌ؕ بَلٰغٌ ۚ فَهَلۡ يُهۡلَكُ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡفٰسِقُوۡنَ

Artinya:

Maka bersabarlah kamu sebagaimana orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari para Rasul yang telah bersabar.

Juga janganlah kamu meminta azab bagi mereka pada saat melihat azab yang diancam kepadanya. Maka seakan-akan mereka tidak tinggal di dunia melainkan mereka sesat di siang hari.

Sabar dan ikhlas merupakan dua sifat yang sulit dimiliki oleh manusia. Karna tidak ada manusia di dunia yang ingin merakan kegagalan.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 155-156:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَا لْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَ مْوَا لِ وَا لْاَ نْفُسِ وَا لثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ ۙ

Artinya:

Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, ketkurangan harta jiwa, serta buah-buahan. Kemudian sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.

الَّذِيْنَ اِذَاۤ اَصَا بَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۙ قَا لُوْۤا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِ نَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ ۗ

Artinya:

Yaitu orang-orang apabila tertimpa musibah ia berkata. “Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’un” (sesungguhnya kita milik Allah dan kepada Allah kita kembali).

Memang sejatinya hidup merupakan ujian dari Allah, karna ujian memang suatu hal yang wajar terjadi kepada setiap manusia.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar dan Taqwa

Karna manusia yang selalu sabar dan tawakal dalam menjalani seluruh permasalahan dalam hidup ini, merupakan manusia yang disayangi Allah. Sebab Allah sayang terhadap manusia yang sabar.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Imran ayat 146:

وَكَاَ يِّنْ مِّنْ نَّبِيٍّ قٰتَلَ ۙ مَعَهٗ رِبِّيُّوْنَ كَثِيْرٌ ۚ فَمَا وَهَنُوْا لِمَاۤ اَصَا بَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَمَا ضَعُفُوْا وَمَا اسْتَكَا نُوْا ۗ وَا للّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya:

Berapa banyak para Nabi yang berperang bersama mereka sejumlah dari pengikutnya yang bertaqwa

Mereka tidak pernah menjadi lemah karna bencana yang menimpa mereka di jalan Allah. Kemudian mereka tidak pernah menyerah kepada musuh, karan Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Kamu jauh lebih mudah mengubah dirinya sendiri dari pada mengubah orang lain. Tadabbur ayat tentang sabar ini memotifasi untuk mengubah diri kita.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar Menunggu

Rasulullah Menunggu turunya wahyu dari Allah melalui malaikat Jibril. Sebelum Al-Qur’an ditrunkan kepada Rasulullah ada banyak berbagai berita gaib yang sebelumnya sudah hadir dengan sikap sabar dalam menunngu.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an Surah Huud ayat 49:

تِلْكَ مِنْ اَنْۢبَآءِ الْغَيْبِ نُوْحِيْهَاۤ اِلَيْكَ ۚ مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَاۤ اَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هٰذَا ۖ فَا صْبِرْ ۖ اِنَّ الْعَا قِبَةَ لِلْمُتَّقِيْنَ

Artinya:

Itu merupakan berita-berita penting tentang yang gaib yang Allah wahyukan kepada Rasulullah. Tidak pernah kamu mengetahui dan tidak pula kaummu. Maka bersabarlah sesungguhnya sabar bagi orang-orang yang bertaqwa.

Dalil Ayat Tentang Sabar

Surat Al-Imran ayat 200:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَا بِرُوْا وَرَا بِطُوْا ۗ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu, kuatkanlah kesabaranmu kemudian tetaplah bersiap-siaga dalam bertaqwa kepada Allah. Agar kamu beruntung.

Surah Al-Imran ayat 186:

لَـتُبْلَوُنَّ فِيْۤ اَمْوَا لِكُمْ وَاَ نْفُسِكُمْ ۗ وَلَـتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْۤا اَذًى كَثِيْـرًا ۗ وَاِ نْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِ نَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُ مُوْرِ

Artinya:

Kamu pasti akan diuji dengan hartamu dan dirimu, sehingga kamu akan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati. Dari orang-orang yang telah diberi kitab sebelum kamu dan orang musyrik. Apabila kamu bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

Berbagai perbuatan menyakiti dan menyenangkan, yang sudah sepatutnya dihadapi dengan rasa sabar. Ini merupakan sebab pertama dalam agama Islam, karna semua ujian yang berhubungan dengan harta, anak, dan sebagainya datangnya dari Allah.

Surat Al-Hud ayat 115:

وَا صْبِرْ فَاِ نَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya:

Bersabarlah karna sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan

Surah An-Nahl ayat 96:

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَا قٍ ۗ وَلَـنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْۤا اَجْرَهُمْ بِاَ حْسَنِ مَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya :

Apa yang ada disisimu akan lenyap, sementara apa yang ada di sisi Allah akan tetap kekal. Sesungguhnya kita akan memberikan balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Surah Al-Mukminun ayat 111:

اِنِّيْ جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوْۤا ۙ اَنَّهُمْ هُمُ الْفَآئِزُوْنَ

Artinya:

Sesungguhnya pada hari ini saya memberikan balasan kepada mereka karna sebab kesabaran mereka. Sungguh mereka adalah orang-orang yang mendapatkan kemenangan

Tafsir Ayat Tentang Sabar

Dalam surah Al-Baqarah ayat 45:

وَا سْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ وَاِ نَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ ۙ

Artinya :

mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, dan shalat itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusuk

Tafsir dari ayat tersebut bahwa minta pertolongan atas segala urusan melalui kesabaran  kepada Allah SWT. Karna hal tersebut sangat berat kecuali orang yang sabar.

Allah SWT akan menolong dalam mengatasi setiap kesulitan yang dialami hambanya, dengan itu mintalah tolong kepada Allah SWT.

Serta merasa yaqin bahwa orang yang sabar akan bertemu Allah SWT setelah kematian, penjelasan lengkapnya klik di link tersebut

Saling tolong menolong kamu dengan kesabaran dalam ketaatan kepada Allah SWT, baik dari menahan nafsu syahwat. Kemudian lakukanlah shalat pada waktunya dengan khusu’. Agar bisa menjauhkan kamu dari berbuat buruk.

Demikianlah artikel dengan pembahasan tentang Ayat Tentang Sabar. Sehingga dengan dibagikan artikel ini penulis berharap bisa menambah wawasan serta kebisaan kita semua. Sekian artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan, Wassalamualaikum wr.wb

Baca Juga :