Bacaan Sujud Syukur

2 min read

Bacaan doa sujud syukur lengkap dengan tata cara dan hikmah serta penjelasannya, menggukan tulisan arab, latin dan arti.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Sujud merupakan salah satu cara seorang hamba menyatakan rasa syukur dan sekaligus bentuk komunikasi antara hamba dengan Tuhannya atas nikmat yang telah diberikan.

Sudah semestinya seorang hamba untuk selalu bersujud kepada Tuhannya sebagai pernyataan bahwa seorang hamba adalah makluk yang rendah, lemah dan tidak mempunyai kemampuan apapun dihadapan Tuhannya, pernyataan ini selalu kita lakukan sebenarnya didalam sholat namum mungkin kita belum memahami makna sujud itu sendiri.

Bacaan Sujud Syukur

Dalam Al qur’an telah diterangkan mengenai bersyukur, berikut firman Alloh, Surah Ibrahim ayat 7 yang berbunyi sebagai berikut :

لَئِنۡ شَکَرۡتُمۡ لَاَزِیۡدَنَّکُمۡ وَ لَئِنۡ کَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِیۡ لَشَدِیۡدٌ

”La ing syakartum La aji danakum, wa la ing kafar tum inna aza bi la syadid”

Artinya ; Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7)

Inilah anjuran bagi semua umat manusia hendaknya untuk selalu bisa berterima kasih kepada Tuhannya dalam keadaan apapun, dan janganlah kufur atas nikmat Alloh yang begitu banyak, jika kufur maka tunggulah murka Alloh akan menimpanya.

Sungguh suatu peringatan yang sangat keras yang Alloh berikan, oleh sebab itu bersyukur sangatlah penting walaupun sekecil apapun nikmat itu, tapi pada hakekatnya semua nikmat yang Alloh berikan sangatlah besar.

Dalam Hal berterima kasih kepada sang pencipta ada bacaan doanya yang perlu kita ketahui yaitu sebagai berikut :

Bacaan Doa Sujud Syukur Arab

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

Bacaan Doa Sujud Syukur Latin

‘Subhanallohi Walhamdulillahi wala ilaha illallohu wallohu akbar’

Artinya ;

Maha Suci Allah. Segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar.

Bacaan Lainnya bisa juga dengan memabaca sebagai berikut :

Bacaan Doa kedua Arab

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِه فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِين

Bacaan Doa kedua Latin

“Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa syaqqo sam’ahu wa basharohu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarokallohu  ahsanul kholiqin”

Artinya ;

Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran dan juga penglihatan. Maha Suci Alloh sebaik-baik pencipta.

Inilah Bacaan doa yang bisa kita pergunakan untuk menyatakan rasa terima kasih kita kepada sang pencipta, selain itu penting juga untuk kita agar bisa memanfaatkan nikmat dan rezeki yang diberikan kepada kita dipergunakan untuk beribadah dan mencari keridhoan Alloh swt.

Baca Juga ; Doa Masuk Masjid

Tata Sujud Syukur

Pendapat Imam Syafi’I : Sujud syukur tidak seperti sholat dalam pelaksanaannya, bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja, tidak mesti dalam keadaan sedang suci, dan tidak perlu untuk mengucapkan takbir dan juga salam, bisa juga melakukan di atas kendaraan dengan berisyarat ketika memperoleh kegembiraan.

Namum bila anda ingin melaksanakan dengan tertib juga sangat diperbolehkan asalkan keadaan memungkinkan, berikut tata cara pelaksanaannya

1. Bersuci terlebih dahulu atau berwudhu

2. Berdiri menghadap kiblat sambil berniat dengan bacaan sebagai berikut :

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

Nawaitu sujuda syukri sunnatal lillahi ta’ala

Artinya ; Sengaja aku melakukan sujud syukur sunnah karena Alloh

3. Kemudian dilanjutkan dengan Sujud satu kali dengan membacaُُ

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

‘Subhanallohi Walhamdulillahi wala ilaha illallohu wallohu akbar’

4. Setelah itu duduk dan ditutup dengan membaca salam

Nah itulah tata caranya hendaknya kita bisa melaksanakan dengan sempurna, tapi bila saat melakukan tidak sedang dalam keadaan bersuci dan tidak menghadap kiblat, maka hal itu juga diperbolehkan dan tetap sah.

Baca juga ; Niat Puasa Senin Kamis

Manfaat Sujud Syukur

Berikut keutamaan dan manfaatnya :

  1. Dapat terhindar dari sifat sombong, kufur nikmat, dan sadar apa yang telah di dapatkan itu semuanya datang dari [pemberian Alloh swt.
  2. Dapat menambahkan kenikamtan yang sangat banyak
  3. Dan bila mengingkari nikmat Alloh maka akan mendapatkan murka Nya
  4. Selalu mendapatkan kepuasan dan kebahagian dikala senang dan sedih.

Demikialah pembahasan singkat yang dapat disampaikan, semoga kita semua dijadikan hamba yang selalu sadar, sabar dan pandai bersyukur. Wallohu A’lam

Terima Kasih, Wassalam

Doa Mengusir Setan

wahed234
2 min read

Doa kamilin

wahed234
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website Kami Jika Anda ingin kerjasama atau menyampaikan keritik dan saran silahkan hubungi kami di admin@waheedbaly.com