Bacaan Sujud Tilawah

2 min read

Berikut adalah bacaan sujud tilawah dan cara sujudnya disertai ayat-ayat sadjah dalam Alqur’an yang disunnah untuk sujud.

Sujud merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia disisi Allah Swt, karena sujud adalah salah satu sifat pengakuan diri akan kelemahan dan ketidakberdayaan seorang hamba dihadapan Allah Swt, dengan bersujud maka seorang hamba akan merasa lebih tawadhu dan dekat dengan Tuhannya.

Ada beberapa macam sujud di dalam ajaran islam yaitu, sujud syukur, sujud dalam sholat, sujud sahwi dan sujud tilawah, kali ini kita akan membahas tentang sujud tilawah.

Apa sih sujud tiwalah itu ? Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan oleh seorang ketika membaca atau mendengar ayat sadjah, maka disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah, berikut keterangan dalam Firman Alloh dalam Al qur’an dan hadist Nabi SAW tentang sujud tilawah.

Keterangan Al qur’an dan Hadist Tentang Sujud Tilawah

Firman Allah Surah Maryam ayat 58 :Allah

اِذَا تُتۡلٰی عَلَیۡہِمۡ اٰیٰتُ الرَّحۡمٰنِ خَرُّوۡا سُجَّدًا وَّ بُکِیًّا

Artinya ;Apabila di bacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka akan bersujud dan menangis” (Qur’an Surah Maryam ayat 58).

Hadist Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Dari Ibnu ‘Abbas, Beliau radhiyallohu ‘anhuma mengatakan,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ سَجَدَ بِالنَّجْمِ وَسَجَدَ مَعَهُ المُسْلِمُوْنَ وَالمُشْرِكُوْنَ وَالجِنُّ وَالأِنْسُ

Artinya ; “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan sujud tilawah tatkala membaca surat An Najm, kemudian kaum muslimin dan orang-orang musyrik, jin dan manusia pun ikut sujud.” (Hadist Riwayat. Bukhari)

Nah inilah yang menjadi dalil untuk melakukan sujud tilawah manakala dibacakan dan mendengar aya-ayat sadjah.

Sebelum kita mengetahui bacaan saat sujud tilawah, terlebih dahulu kita pahami ayat-ayat sadjah, berikut beberapa surah yang terdapat ayat-ayat sadjah dalam Al qu’an sebagai berikut :

  1. Surah As Sajdah ayat 15
  2. Surah Ar Ro’du ayat 15
  3. Surah An Nahl ayat 49 sampai dengan 50
  4. Surah Al Isro’ ayat 107 sampai dengan 109
  5. Surah Maryam ayat 58
  6. Surah Al Hajj ayat 77
  7. Surah Al Hajj ayat 18
  8. Surah Al Furqon ayat 60
  9. Surah An Naml ayat 25 sampai dengan 26
  10. Surah Al A’rof ayat ke 206
  11. Surah Fushilat ayat 38 (menurut mayoritas ulama), QS. Fushilat ayat 37 (menurut Malikiyah
  12. Surah An Najm ayat 62
  13. Surah Al Insyiqaq ayat 20 sampai dengan 21
  14. Surah Al ‘Alaq ayat 19
  15. Surah Shaad ayat 24

Inilah Ayat-ayat dalam Al qur’an yang disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah disaat sedang membaca ataupun mendengarkan baik diwaktu sholat maupun buakn diwaktu sholat.

Setelah kita mengetahui ayat-ayat sadjah, maka perlu juga diketahui tata caranya.

Baca Juga ; Sholat Jenazah

Tata Cara Sujud Tilawah

Sujud Tilawah pada umumnya sama dengan sujud dalam sholat, namun perbedaannya hanya pada waktu, tempat dan jumlahnya saja, berikut caranya :

  1. Sebelum Sujud tilawah hendaknya dalam keadaan berwudhu.
  2. Menutup aurat dan diutamakan untuk menghadap kearah kiblat.
  3. Berdiri dan melakukan takbirotul ikhram namum diperbolehkan juga tidak melakukan takbirotul ikhram.
  4. Kemudian sujud dan membaca doa sujud tilawah.
  5. Bagi yang sedang dalam perjalanan menaiki kendaraan, boleh melakukan sujud dengan menggunkan isyarat, seperti menundukan kepala lalu membaca doa.
  6. Bila dalam keadaan sholat berjamaah maka melakukan sujud tilawah ini dengan cara mengikuti imam.

Inilah tata cara dalam melakukan sujud tilawah, setelah paham dengan caranya berikut ini adalah bacaan doanya

Baca Juga ; Bacaan Sujud Sahwi

Bacaan Sujud Tilawah

Ada beberapa bacaan doa yang dapat kita baca saat sujud tilawah diantaranya sebagai berikut :

Bacaan Sujud Tilawah Arab

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

Bacaan Sujud Tilawah Latin

”Subhana Robbiyal A’la”

Artinya ;

“Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi”

Selain bacaan ini bisa juga dengan bacaaan yang lebih lengkap

Bacaan Sujud Tilawah Arab

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Bacaan Sujud Tilawah Latin

“Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin.”

Artinya ;

“Wajahku bersujud kepada zat yang menciptakannya, y ang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta”. (Hadist Riwayat. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi dan nasa’i).

Itulah dua bacaan sujud tilawah yang bisa dibaca, bacaan pertama sama seperti bacaan sujud ketika sholat dan bacaan kedua lebih panjang tetapi lengkap, semoga kita diberi kemudahan untuk menghafal dan mengamalkannya, aamiin.

Perlu kita ketahui sujud tilawah ini ada dua macam dengan keadaan yang berbeda, berikut penjelasannya.

2 Macam Sujud Tilawah

  1. Yang pertama Sujud Tilawah yang lakukan di Luar Sholat, dengan tata cara dan syarat yaitu, ketika kita mendengar atau menbaca surat Al qur’an dan menemui ayat sadjah maka disunnahkan untuk bersujud dengan cara yang telah dijelaskan diatas
  2. Kedua sujud tilawah yang dilakukan pada waktu sholat, ketika dalam sholat membaca ayat-ayat Sadjah, maka disunahkan untuk berniat dilanjutkan dengan melakukan sujud, sambil mengucapkan takbir lalu melakukan sujud satu kali dan membaca doa sujud tilawah. Kemudian berdiri seperti semula melanjutkan bacaan ayat tersebut dan melanjutkan sholat selesai.
  3. Namum bila kita sholat berjamaah tetap mengikuti imam apabila mengambil gerakan sujud makan ikut sujud jika tidak maka makmum pun tidak.

Nah itulah rangkaian tata cara sujud tilawah mulai dari bacaan dan gerakan sudah dituliskan disini, semoga kita diberikan kepahaman untuk bisa mengamalkannya, Wallohu A’lam

Sekian dan terima kasih, Wassalam


Doa Mengusir Setan

wahed234
2 min read

Doa kamilin

wahed234
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website Kami Jika Anda ingin kerjasama atau menyampaikan keritik dan saran silahkan hubungi kami di admin@waheedbaly.com