Bacaan Tasbih

2 min read

bacaan tasbih

Bacaan tasbih, Subhanallah, Walhamdulilllah, Allahu Akbar, atau kalimat thoyyibah atau disebut juga kalimat yang baik, dan penjelasannya.

Assalamu’alaikum.
Pembahasan sinkat kalimat tasbih, tahmid, tahlil dan takbir, semua akan kami ulas disini, untuk lebih detailnya mari simak penjelasan di bawah ini.

Bacaan Tasbih

Bacaan atau Kalimat tasbih merupakan salah satu kalimat-kalimat yang baik atau disebut juga dengan kalimat thoyyibah. Bacaan ini adalah yang dipergunakan untuk berdzikir mengagunggakn Allah SWT.

Baca Juga: Arti Syafakillah

Makna Bacaan Tasbih

Bacaan atau kalimat Tasbih memiliki arti yaitu menyucikan, menyucikan yang dimaksud adalah menyucikan Allah Swt dengan selain Allah, hanya Allah lah zat yang maha suci.

Dzikir membaca tasbih berarti mengakui bahwa manusia kotor, lemah kecil dan miskin dihadapan Allah.

Sudah menjadi kewajiban dan menjadi keharusan bagi setiap muslim yang beriman untuk selalu mengucapkan kalimat thayyibah atau perkataan yang baik, karena ucapan ini adalah ucapan yang sangat disenangi oleh Alloh SWT.

Baca Juga: Arti Barakallah Fii Umrik

Pengertian Kalimat Tahmid

Kalimat Tahmid berasal dari bahasa Arab yaitu:( تهمد ) ”Taḥmudu” adalah istilah untuk frasa bahasa Arab yaitu Alḥamdulillāh (الحمد لله) yang bermaksud “Pujian itu hanya untuk Alloh”, yakni sebuah ungkapan atas rasa syukur seorang muslim berkat karunia Allah swt.

Pengertian Kalimat Tahlil

Kalimta Tahlil berasal dari bahasa Arab yaitu:( التهليل ) ”at-Tahliil” adalah bacaan atau kalimat tauhid, yakni kalimat لا إله إلا الله, yang bermakna Tiada Tuhan melainkan Alloh.

Kalimat tahlil juga merupakan bagian dari kalimat syahadat, yang hakekatnya merupakan inti dari seluruh landasan pada ajaran Islam yang bermakna menunggalkan Tuhan yaitu Allah swt.

Baca Juga: Arti Tafadhol

Pengertian Kalimat Takbir

Kalimat Takbir dalam tulisan Arab: ( تكبير )”Takbīra” artinya yaitu istilah untuk frase dalam bahasa Arab Allahu Akbar (الله أَكْبَر, Allah Maha Besar), maknanya Alloh Maha Besar adalah seruan umat Muslim untuk kepada Tuhannya yang berati telah memuliakan Tuhannya.

Bacaan Tasbih, Tahmid dan Tahlil

Berikut ini adalah bacaan Tasbih, Tahmid dan Tahlil akan dituliskan dalam tulisan Aran, latin dan artinya

Bacaan Tasbih

Dalam Tulisan Arab

kalimat tasbih

Tulisan Latin ”Subhanalloh”

Artinya: “Maha Suci Alloh”.

Bacaan Tahmid

Dalam Tulisan Arab


Tulisan Latin ”Alhamdulillah”

Artinya: “Segala Puji Bagi Alloh”.

Bacaan Takbir

Dalam Tulisan Arab

kalimat takbir

Dalam Tulisan Latin ”AllohuAkbar”

Artinya: “Maha Besar Alloh”.

Bacaan Tahlil

Dalam Tulisan Arab

kalimat tahlil

Dalam Tulisan Latin ”Laa ilaha Illalloh”

Artinya: “Tiada Tuhan Selain Alloh”.

Keutamaan Bacaan Tasbih

Manfaat dari berdzikir dengan dengan menggunkan kalimat tasbih sangatlah luar biasa keutamaan, Berikut kami tuliskan beberaapa keutamaan membaca tasbih.

1. Di ampuni segala dosa oleh Alloh SWT, baik dosa-dosa yang lama maupun dosa yang baru saja dilakukan.

2. Dzikir yang paling berat timbangannya dibandingkan bacaan dzikir yang lainnya.

3. Bacaan Tasbih adalah bacaan dzikir yang paling dicantai Alloh SWT.

4. Rasul saw bersabda dalam sebuah hadits ” Barang siapa yang dapat membaca bacaan tasbih setiap hari akan di beri 1000 kebaikan dan dihapuskan 100 keburukan ”

5. Tasbih merupakan ucapan yang sangat disukai Alloh, ada 4 bacaan atau kalimat yang paling Allah sukai yaitu subhanalloh, walhamdulillah, Laa ilaha illalloh dan Allohu akbar.

6. Bagi yang suka membiasakan membaca tasbih Alloh akan menjanjikan balasan berupa surga.
Keterangan hadist riwayat Tarmidzi yang artinya, “Barang siapa yang mengucapkan atau membaca subhanalloh wabihamdihi, maka ia akan di tanamkan sebuah pohon kurma di dalam surga kelak”

Nah itu lah beberapa keutamaan dzikir dengan kalimat tasbih, tahmid, takbir dan tahlil, sungguh sangat bermanfaat untuk kita semua.

Oleh karena itu marilah kita selalu berjuang dan belajar agar bisa selalu berdzikir saat sedang apapun dan dalam keadaan apapun. Agar di dalam hidup di dunia ini hati tentram dan damai, serta dapat terhindar dari perbuatan yang mengarah kemaksiatan. Wallahu’alam.

Demikianlah pembahasan mengenai bacaan dzikir tasbih, semoga bermanfaat.

Terima kasih, wassalam.

Artikel lain yang dapat anda baca:

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read