Cara Menulis Arab di Word

2 min read

Cara Menulis Arab di Word – Sobat WaheedBaly.com penulis akan kembali berbagi artikel kali ini akan membahas tentang Cara Menulis Arab di Word. Berikut pembahasan terlengkapnya.

Cara Menulis Arab di Word

Membuat tulisan Arab adalah salah satu kebutuhan di dalam bidang pendidikan atau lebih tepatnya dalam bidang penulisan. Bukan hanya untuk pendidik saja terkadang para siswa, mahasisa, pekerja lain juga mendapatkan tugas yang berkaitan dengan bagaimana menulis Arab di Microsoft Word.

Sebenarnya, untuk membuat tulisan Arab bukanlah hal yang terbilang sulit, terlebih jika sobat mempunyai semangat belajar yang tinggi. Microsoft sendiri juga telah menyediakan fiturnya dalam pemilihan jenis font, jadi kita tinggal mengaktifkan fitur yang ada supaya dapat menulis Arab.

Cara Membuat Tulisan Arab di Komputer

Cara ini dapat sobat gunakan pada seluruh versi dari Windows, baik itu pada Windows 7, 8, atau bahkan 10. Selain dari itu, bahasa Arab juga akan secara otomatis support pada Microsoft Office tahun 2007, 2010, 2013 serta 2016.

Berikut penulis akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara mengatur dan bagaimana menulis dengan menggunakan huruf arab yaitu:

Menambahkan Bahasa Arab

Pertama untu dapat menulis Arab di komputer, tentu kita harus memulai dengan menambahkan bahasa Arab terlebih dahulu. Untuk bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini:

  1. Pertama, klik menu Startlalu cari pilihan Languages > setelah itu pilih pada bagian Edit language and keyboard options.

 

  1. Setelah itu, pastikan bahwa perangkat sobat telah berada pada menu Languages > lalu kemudian sobat klik Add a language untuk menambahkan pilihan bahasa.

  1. Pada kolom suatu pencarian, silahkan sobat tuliskan United Arablalu kemudian pilih seperti Setelah sobat klik, silahkan sobat pilih Next dengan ikuti instruksi yang ada berikut ini.

  1. Silahkan tunggu bagaimana proses pemasangan bahasa Arab di dalam komputer sobat. Jika proses dari pemasangan selesai, maka bahasa arab tersebut akan tampil di bagian pengaturan.

 

Mengubah Bahasa Keyboard Menjadi Arab

Setelah sobat berhasil menambahkan pilihan bahasa arab, komputer sobat akan tetap menggunakan bahasa yang sebelumnya, karena dengan penggantian bahasa harus dilakukan dengan cara menual. Untuk dapat mengubah bahasa dari keyboard menjadi Arab, silahkan sobat tekan Windows + Spasi lalu kemudian pilih bahasa Arab.

Sekarang sobat sudah bisa menulis Arab di komputer sobat sobat sendiri. Bagi yang keyboardnya telah terdapat huruf hijaiyah (huruf Arab), mungkin sobat tidak akan mendapatkan kesulitan. Lain halnya untuk sobat yang keyboardnya masih menggunakanQWERTY.

Untuk yang keyboardnya belum terdapat pilihan huruf hijaiyah, sobat dapat memanfaatkan keyboard yang merupakan bawaan Windows yaitu dengan On-Screen Keyboard.

Mengaktifkan Keyboard Tulisan Arab

Dengan keyboard tipe ini, sobat tidak akan lagi kebingungan karena secara otomatis fitur On-Screen Keyboard akan menyesuaikan bahasa yang sobat pilih. Untuk cara mengaktifkan keyboard ini, silahkan sobat klik Start > Windows Ease of Access On-Screen Keyboard.

Tampilan keyboard dengan bahasa arab, dapat sobat dilihat pada gambar diatas. Setelah mengatur keyboard dan bahasa perangkat sobat menjadi bahasa arab, selanjutnya sobat sudah dapat menulis dengan menggunakan huruf arab. Adapun cara menulis huruf arab akan penulis berikan contohnya, kali ini menggunakan microsoft word, berikut dibawah ini.

Cara Menulis Arab di Microsoft Word

Hal penting lainnya yang harus selalu ada dalam tulisan Arab adalah simbol harakat. Untuk dapat menambahkan harakat pada setiap huruf, sobat dapat memanfaatkan fitur shortcut keyboard. Berikut adalah kombinasi shortcut harakat yang penting untuk sobat ketahui:

  • Shift + Q = Fathah
  • Shift + A = Kasrah
  • Shift + E = Dammah
  • Shift + W= Fathah Tanwin
  • Shift + S = Kasrah Tanwin
  • Shift + R = Dammah Tanwin
  • Shift + X = Sukun
  • Shift + ~ = Tasydid

Cara untuk dapat menggunakan shortcut di atas adalah dengan setelah mengetik huruf. Jadi, setelah huruf yang diketik, maka secara otomatis bahwa kursor akan berada setelah huruf tersebut. Nah, saat itulah sobat dapat memberikan harakat pada huruf.

Harakat-harakat tersebut tidak ada pada kombinasi shrortcut. Sobat akan dapat menambahkannya dengan mengikuti cara berikut:

Silahkan sobat masuk ke tab Insert > setelah itu sobat pilih Symbol > kemudian klik More Symbols…

Setelah sobat berhasil klik More Symbols, maka otomatis akan muncul jendela baru yang berisi dengan berbagai macam simbol yang dapat digunakan. Untuk menuliskan seperti fathah, kasrah, dan dammah yang dapat berdiri  tegak, ada juga kode khusus yang harus sobat tuliskan. Kode tersebut yaitu :

  • 0670 = Fathah tegak
  • 0656 = Kasrah tegak
  • 0657= Dammah tegak

Sebelumnya, sobat harus mengubah font symbol sesuai dengan bahasa yang sebelumnya sobat gunakan, yaitu dengan memilih Arabic Typesetting. Setelah itu, baru sobat masukkan kode dalam kolom Character code.

Demikianlah Cara Menulis Arab di Word. Semoga dapat sobat kembangkan dan semoga memberikan manfaat bagi sobat semua. Sekian artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

Real Racing 3 Mod Apk

Dee
2 min read

Download NSWhatsApp MOD APK

Dee
3 min read

Gunship Battle MOD APK

Dee
2 min read