Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

4 min read

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 – Halo sobat waheedBaly.com di kesempatan ini kembali penulis berbagi sebuah artikel dengan berbagai contoh teks pidato untuk perpisahan kelas 6 yang dapat sobat jadikan referensi dalam menyusun pidato. Dan untuk pembahasan terlegkapnya bisa sobat simak dibawah ini.

Pengertian Pidato

Pidato adalah teks ucapan dengan menggunakan susunan yang baik untuk dapat disampaikan pada orang banyak. Contoh pidato seperti pidato acara kenegaraan, pidato menyambut berbagai hari besar, pidato pembangkit rasa semangat, pidato sambutan acara atau sebuah event, dan lain sebagainya.

Ciri Ciri Pidato

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri dari pidato, antara lain.

  • Pidato harus mempunyai tujuan yang jelas.
  • Sebuah pidato harus dapat mengandung atau ada memuat kebenaran.
  • Penyampaian pidato harus bermakna jelas dan dimuat semenarik mungkin.
  • Pidato harus bersifat yang efektif, dapat diselingi dengan sedikit humor.

Tujuan Dari Penyampaian Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :

  1. Mempengaruhi orang lain supaya bersedia mengikuti kemauan kita suka rela.
  2. Memberi sebuah pemahaman atau suatu informasi terhadap orang lain.
  3.  Membuat orang lain senang atas pidato yang menghibur sehingga merka yang mendengarkan senang serta puas dengan ucapan yang telah kita sampaikan.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Dibawah ini merupakan berbagai contoh dari pidato untuk perpisahan kelas 6, yaitu.

Contoh Pidato 1

Contoh Pidato Perpisahan 1

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur selalu terucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha kuasa terhadap limpahan rahmat serta karunianya untuk kita semua yang telah hadir disini. Dalam kesempatan ini, dipagi yang sangat cerah ini kita bisa bertemu, kita berkumpul di halaman sekolah tercinta ini untuk menyelenggarakan acara perpisahan siswa siswi anak kelas 6.

Sebenarnya, berdirinya saya disini mewakili semua teman-teman kelas 6, berat sekali untuk saya menyampaikan untaian kata dalam pidato ini. Kami sangat merasa sedih, karena kini telah tiba saat yang dimana kami harus berpisah dengan guru, teman teman serta adik – adik kelas semua disekolah ini . Namun waktu telah berhasil membatasi kebersamaan kita, kami harus terus maju untuk melangkah.

Khusus untuk seluruh yang hadir disini, bapak dan ibu guru yang  sangat saya hormati, kami mengucapkan banyak terima kasih karena dengan kalian telah mendidik kami dengan sangat baik selama waktu 6 tahun ini. Memberikan seluruh pengetahuan yang tkami terima dengan sepenuh hati sebagai bekal mencapai tingkat yang selanjutnya. Semua pelajaran serta nasihat dari bapak ibu guru, pasti selalu kami ingat sepanjang sisa hidup kami.

Kami disini mengucapkan ribuan meminta maaf atas tingkah laku serta sikap kami yang mungkin menyinggung namun dengan sabar kalian menghadapi kecerobohan kami, kenakalan kami serta tetap membimbing kami selama 6 tahun ini. Kami tentunya sangat menyadari bahwa banyak perilaku kurang baik selama mengenyam pendidikan di sekolah ini, di tempat ini kami mengganggu kenyamanan  bapak dan ibu guru. Untuk dengan mewakili semua teman kelas 6 kami meminta maaf kepada bapak ibu guru sekalian.

Tak lupa untuk kedua orang tua kami yang telah senantiasa mengurus kami, yang telah mengizinkan serta membiayai kami menuntut ilmu ini kami selalu ucapkan banyak terima kasih serta maafkan prilaku kami, sekarang kami akan memasuki tahap yang lebih tinggi yaitu masa remaja ibu, ayah kami tetap selalu membutuhkan kalian sampai kami mampu berdiri sendiri untuk dapat membahagiakan kalian, maka dari itu kami meminta doa dan dukungan kalian.

Kepada adik kelas kami sekalian, belajarlah dengan baik serta rajin semangat untuk menggapai cita cita disini, tentunya ditahun yang berikutnya kalian akan menyusul kami meninggalkan sekolah tercinta ini. Jangan keras kepala serta sellau jaga sikap kalian, hormatilah semua guru disini, demikian pesan kami.

Saya rasa cukup,inilah akhir dari pidato ini, Wassalamualaikum Wr.wb

Contoh Pidato 2

Contoh Pidato Perpisahan 2

Assalamualaikum wr.wb

Bapak Kepala Sekolah, dewan guru serta orang tua siswa-siswi yang sangat terhormat, juga teman-teman sebaya yang saya sayangi serta adik-adik kelas yang saya banggakan.

Pertama-tama, saya ingin berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk saya berdiri disini serta berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha kuasa dengan limpahan rahmat dan perlindungan di pagi ini sehingga kita dapat hadir pada acara ini untuk dapa menyampaikan salam perpisahan.

Saya mewakili para teman kelas 6 untuk mengucapkan terima kasih untuk pihak sekolah, tamu undangan serta orang tua kami yang telah bersedia menyempatkan kehadiran di acara ini.

Terkhusus kepala sekolah dan seluruh dewan guru yang selama kurang lebih 6 tahun ini telah membimbing kami ucapkan ribuan terima kasih, tidak tahu bagaimana cara untuk membalasnya dengan apa, doa kami semoga kalian semua diberi kesehatan dan umur yang panjang.

Pada kesempatan haru ini kami ucapkan ribuan maaf untuk rasa kecewa seluruh dewan guru terhadap sikap kami yang mungkin kurang berkenan dihati kalian semua namun kalian tetap sabar dan ikhlas membimbing kami untuk berhasil menjadi siswa yang budiman.

Kepada adik kelas kami sangat tekankan ambil contoh yang baik dari kami sebagai kakak kelas kalian, dan buang hal yang jika menurut kalian tidak baik serta selalu rajin rajinlah belajar.

Tidak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua kami yang disini sangat kami cintai dengan kesempatan ini saya mewakili teman angkatan kelas 6 meminta restu kepada kedua orang tua serta dewan guru sekalian semoga kami dapat lancar untuk mengenyam pendidikan yang harus kami tempuh dengan setelah ini.

Saya rasa cukup sampai disini bagaimana pidato ini saya sampaikan, lebih serta kurangnya saya mohon maaf, saya akhiri

Wassalamualaikum wr.wb.

Contoh Pidato 3

Contoh Pidato Perpisahan 3

Assalamualaikum wr.wb

Yang saya hormati,
Bapak Kepala Sekolah Dasar 24 Tanjung Agung
Para dewan guru
Orangtua / wali murid yang sangat dicintai
Teman-teman serta adik kelas yang di banggakan

Puji syukur kita haturkan kepada yang maha kuasa Allah SWT yang mana telah memberi kita rahmat-Nya. Sehingga dapat berkumpul dalam acara perpisahan ini.

Pertama, saya disini mewakili siswa kelas 6 untuk berterima kasih kepada seluruh guru yang telah sabar dalam mengajar, membimbing serta memberikan ilmunya selama 6 tahun terakhir ini kepada kami. Semoga Allah akan memberikan rahmatnya untuk kalian semua serta selalu sehat.

Dikesempatan ini saya dan seluruh siswa siswa kelas 6 meminta maaf kepada seluruh dewan guru dari semua salah yang telah kami perbuat yang dimana mungkin menyinggung hati bapak ibu guru sekalian.

Untuk adik kelas yang kami sayangi, teruslah mengharumkan nama sekolah kita ini, selalu lah belajar untuk dapat meneruskan prilaku baik dari kami, dan kami tekankan untuk prilaku yang kurang berkenan mohon maaf dan jangan kalian contoh prilaku kami ini.

Dan terakhir kami ucapkan terima kasih untuk kedua orang tua kami yang telah menyempatkan waktu untuk hadir pada hari ini, terima kasih atas cinta dan kasih sayang kalian, terima kasih telah suka rela membesarkan kami, memenuhi kebutuhan kami dan terima kasih selalu menghantar kami pada sekolah ini ketika kami belum tahu apa apa  enam tahun yang lalu, kami sangat menyayangi kalian kini esok dan nanti.

Dan sekian dari saya, Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato 4

Contoh Pidato Perpisahan 4

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kami ucapkan atas kehadiran Allah SWT  atas limpahan rahmat dan karunianya untuk kita semua. Pada hari ini kita bisa bertemu, berkumpul di sekolah untuk menyelenggarakan acara perpisahan yang mengharukan.

Sebenarnya, saya dan teman anak kelas 6, berat sekali menyampaikan pidato ini. Kami sedih, karena kami aan berpisah dengan guru, teman, dan adik – adik kelas kami yang tercinta. Namun, ini merupakan waktu juga yang akan membatasi kita bersama.

Khusus para hadirin sekalian, para bapak dan ibu guru yang kami hormati, disini kami sangat berterima kasih karena telah mendidik kami dengan sangat baik. Memberikan pengetahuan yang sangat berharga untuk kami mencapai tingkat yang selanjutnya. Semua pelajaran dari bapak serta ibu guru, akan kami ingat selalu selama sisa hidup kami.

Kami juga meminta maaf kepada para bapak dan ibu guru yang kini telah dengan sabar membimbing kami pada setiap saat. Kami menyadari bahwa dengan banyak perilaku kami selama bersekolah di tempat ini telah mengganggu bapak dan ibu guru. Saya sekali lagi mewakili seluruh teman kelas 6 meminta maaf.

Kepada adik kelas, belajarlah dengan rajin. Jangan keras kepala, serta hormatilah semua guru yang ada disini.

Untuk kedua orang tua kami yang tercinta, terima kasih untuk kasih sayang dan cinta luar biasa yang tak akan kami dapatkan dibelahan dunia manapun. Tetaplah menjadi garda terdepan untuk kami sampai kami sukses dan mempersembahkan keberhasilan untuk kalian.

Inilah akhir dari pidato kesempatan ini, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah artikel dengan pembahasan mengenai tentang Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6. Dengan penulis membagikan artikel ini berharap bisa menjadi masukan dan contoh yang tepat apabila sobat hendak menyusun teks pidato.

Baca Juga :