Dinasti Abbasiyah

3 min read

Dinasti Abbasiyyah

Dinasti Abbasiyah, perkembangan ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu agama, ilmu umum dan ilmu teknologi, serta peranan ilmuwan pada masa dinasti Abbasiyah.

Berikut adalah makalah mengenai ilmu perkembangan pada masa dinasti Abbasiyah, serta perkembangan dalam bidang ilmu-ilmu lainnya, yang pada masa itu ilmuwan muslim banyak berperan dalam sebuah penemuan dan penelitian di masa itu.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Dinasti Abbasiyah

Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada disnati ini, banyak ilmuwan muslim yang sangat berprestasi pada masa itu, tidak hanya dalam ilmu agama namum ilmu teknologi dan ilmu penegtahuan lainnya ilmuwan muslim sangat mendominasi dalam perkembangannya.

Perlu kita ketahui bahwasannya pendiri dan penguasa pada dinasti Abbasiyah adalah dari keturunan Abbas, yang merupakan paman Nabi Muhammad SAW.

Keberlangsungan dinasti Abbaisyah dari tahun 156 – 664 H atau 750 – 1258 M, yang didirikan dan dipimpin oleh Abdullah as-Saffah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas.

Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama keberlangsungannya dibandingkan dengan dinasti lainnya seperti dinasti Umayyah dan lain sebagainya, pada saat inilah islam menduduki puncak kejayaan dalam hal segala bidang.

Bentuk Kemajuan Masa Dinasti Abbasiyah

Selama keberlangsungan pada dinasti ini banyak sekali kemajuan-kamajuan yang telah ditorehkan oleh ilmuwan muslim, baik ilmu pengetahuan maupun ilmu agama diantaranya sebagai berikut:

Perkembangan di Bidang Ilmu Agama

Kemajuan di bidang ilmu agama terdiri dari bermacam-macam bidang diantaranya adalah:

1. Ilmu Tafsir

Ilmu Tasfir mengalami kemajuan yang begitu cepat, dengan diberlakukannya penafsiran dengan cara yang sistematis dan menyeluruh dan juga tidak terpisahkan dari hadist.

Ilmu Tafsir ini dikembangkan oleh ilmuwan tafsir yang bernama Ibnu ‘Athiyah, dan tafsirnya di berinama dengan tafsir bi al-Ma’tsur yang berarti penafsiran Al-Quran dengan dasar sanad dan riwayat Al-Quran.

2. Ilmu Hadist

Perkembangan ilmu hadist ditandai dengan adanya penyaringan hadist-hadist, dengan cara metode kritik yang menjadikan hadist-hadits tersebut menjadi lebih berkualitas.

Dan hadist-hadist itu akhirnya dapat dikelompokan menjadi tiga bagian yang diantaranya adalah:

  • Hadist Shaih
  • Hadist Hasan
  • dan Hadist Dhaif

Para ulama yang terkenal dengan ilmu hadistnya antara lain adalah

  1. Bukhari
  2. Muslim
  3. Abu Daud
  4. Tirmiji
  5. Ibnu Majah
  6. Nasa’i

Dan mereka pada dinasti itu dikenal dengan gelar Al-Kutub as-Sittah, gelar ini diberikan karena beliau-beliau telah berhasil dalam pengkondifikasian hadist-hadist Nabi SAW.

3. Ilmu Kalam

Kemajuan pada ilmu kalam terlahir oleh para ulama diantaranya Abu Hasan Al Asyari, Al Ghozali, Al-Bagilani dan Abu manshur Al-Maturidi, merekalah yang telah memecahkan persoalan agama dari serangan kaum kristen dan yahudi dalam ilmu masalah ilmu filsafat, dan atas kemampuan dan ilmu pengetahuannya itulah mereka dapat membela islam.

4. Ilmu Fikih

Perkembangan pada dinasti inilah terlahir empat buah mazhab yang sangat ulung dalam perkara ilmu fikih diantaranya adalah

  1. Imam Syafi’i
  2. Iman Abu Hanifiah
  3. Imam Malik
  4. Imam Ahmad bin hambal

Nah inilah perkembangan ilmu agama pada masa dinasti Abbasiyyah, kemudian perkembangan dalam ilmu lainnya sebagai berikut

Baca Juga Sejarah Islam di Arab

Perkembangan di Bidang Ilmu Pengetahuan Umum

Pada dinasti ini selain ilmu agama, ilmu pengetahuan pun sangat berkembang dengan signifikan dan diantaranya adalah

1. Ilmu Kedokteran

Ilmu kedokteran pada masa itu telah memasuki fase puncak perkembangannya, banyak dokter-dokter dari kaum muslim telah lahir pada saat itu, diantara salah satunya yang sangat terkenal adalah Yuhannah bin Musawaih, pada masa itu banyak karya yang telah dibaut oleh para ahli yaitu tentang ilmu kedokteran dan kemudian dituangkan dalam sebuah buku yang sangat terkenal yang berjudul Al-Qonun dan dalam bahasa baratnya dikenal dengan judul The Canon.

2. Ilmu Astronomi

Pada masa itu ilmu asatronom juga mengalami kemajuan, ilmu ini telah berhasil di pelajari oleh ilmuwan muslim dan yang pertama kali pula yang telah berhasil menciptakan alat pengukur tinggi bintang ilmu ini disebut dengan ilmu Astrolaber, dan ilmuwan yang telah berhasil menciptakan alat ini bernama Al-Fazzari

3. Ilmu Matematika

Ilmu matematika berasal dari ilmuwan kebangsaan India pada masa ke Khalifahan Al-Mansur, dan kemudian ilmu matematika ini berhasil dikembangkan oleh ilmuawan muslim yang bernama Al-Khawarizi dan Hasbah, mereka mengembangkan ilmu matematika ini dengan menemukan hitungan dari angka nol yang disebut ilmu al-jabar, dan hasil karya ilmuwan muslim tersebut dituangkan dalam sebuah buku dan diberi nama dengan Hisab Al-jabar wa Al-Muqobalah.

Baca Juga Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Ilmuwan Muslim dan Karya nya di Masa Dinasti Abbasiyyah

Berikut ini kami akan tuliskan beberapa ilmuwan muslim pada masa dinasti Abbasiyyah dan bidang ilmu pengetahuannya masing-masing agar mudah untuk dihafalkan dan dipahami.

Dalam Bidang Agama

  1. Imam Bukhori ahli Ilmu Hadist hasil karyanya kitab Shahih Bukhari
  2. Imam Muslim ahli Ilmu Hadist hasil karyanya kitab Shahih Muslim
  3. Iman Syafi’i ahli ilmu fikih hasil karyanya adalah al-Umm
  4. Iman Al-Ghozali ahli ilmu kalam hasil karyanya adalah kitab Ihya Ulumuddin

Baca Juga 10 Ilmuwan Muslim Dunia dan penemuanya

Dalam Bidang Kedokteran dan Matematika

  1. Al-Khawarizmi ahli dalam ilmu matematika dan hasil karyanya adalah kitab Hisab aljabar wa al-Muqobalah
  2. Yuhannah bin Musawaih ahli dalam bidang kedokteran dan hasil karyanya adalah kitab an-Nawadir ath- Thibbiya

Nah inilah hasil karya dan peranannya para ilmuwan muslim pada masa dinasti Abbasiyyah.

Pada masa dinasti inilah ilmuwan muslim merajai disegala bidang, telah banyak para ilmuwan islam menyumbangkan hasil karyanya dalam membangun peradaban islam pada masa itu.

Sejarah telah mencatat kemajuan islam pada masa itu, dengan adanya sejarah ini maka hendaknya kita mengetahui bahwa pada zaman dahulu ilmuwan islam sudah banyak berjasa dalam ilmu pengetahuan maupun ilmu agama, yang saat ini dapat kita rasakan manfaatnya. Wallahu’alam

Demikianlah pembahasan singkat mengenai peradaban islam dimasa disnasti Abbasiyah dan perkembangannya.

Sekian dan terima kasih.

Dikutip dari : https://rumus.co.id

Artikel lainnya