Doa Bangun Tidur

2 min read

doa bangun tidur

Doa bangun tidur dan adab-adabnya lengkap bahasa Arab, latin, dan Arti Indonesia agar mudah dipahami.

Tidur merupakan salah satu anugrah dan nikmat dari Allah SWT yang diberikan kepada manusia, dengan tidur badan jadi segar dan sehat karena diberikan waktu untuk istirahat melalui tidur.

Oleh sebab itu jika bangun dari tidur hendaknya kita harus bersyukur kepada Allah SWT, karena kita masih bisa merasakan kenikmatan yang Alloh selalu berikan kepada kita yang cukup banyak saat terbangun dari tidur.

Alhamdulillah Ya Alloh, Engkau telah memberikan kami nikmat yang tak terhingga banyaknya setelah kami bangun dari tidur, mata kami masih bisa melihat, mulut kami masih bisa berbicara, telinga kami masih bisa mendengar dan Ruh kami Engkau kembalikan

Dan masih banyak lagi nikmat Alloh yang lainnya yang tak akan sanggup kita untuk menghitungnya, jadi sangatlah pantas untuk banyak besyukur kepada Nya.

Adapun hal-hal yang harus kita lakukan setelah bangun tidur sebagai wujud syukur kita kepada Alloh swt, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengajarkan kita untuk berdoa, sebagaimana dalam sebuah hadist

Artinya ; Biasanya Rasululloh Shollallohu’alaihi Wasallam ketika berbaring di tempat berbaringnya (untuk tidur) ketika malam hari, beliau berdoa: Allahumma bismika amuutu wa ahyaa/ (Ya Alloh, dengan nama Mu aku mati dan aku hidup). Jika beliau bangun dari tidur beliaupun berdoa

Itulah anjuran Nabi yang dicontohkan kepada kita, jadi saat kita bangun tidur untuk dapat membaca doa sebagai berikut

Doa Bangun Tidur

Saat kita bagun dari tidur ada doa yang harus kita baca yaitu sebagaimana telah dituliskan dibawah ini :

Bacaan Doa Bangun Tidur Arab

الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ

Bacaan Doa Bangun Tidur Latin

Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’damaa amaatana wa ilaihin nusyuur

Artinya ;

Segala puji bagi-Mu, Ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali

Selain berdoa ketika bagun tidur kita pun diajarkan beberapa adab saat bangun dari tidur sebagaimana Nabi Sholallohu ‘alihi wa salam contohkan diantarnya yang tertulis dibawah ini.

Adab Bangun Tidur

1. Membaca Doa dan Dzikir

Salah satu adabnya adalah Membaca doa bangun tidur dengan doa yang telah kita bahas bersama diatas, dan sikap hati selalu mengingat Alloh seraya hati berucap terima kasih Ya Alloh Engkau telah menjaga dan mengembalikan aku dari mati sementara dan aku diizinkan hidup kembali

2. Mencuci Tangan

Saat bangun dari tidur kita juga perintahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum tangan kita masuk ke dalam bejana atau melakukan aktifitas yang lainnya.

Sesuai dengan apa yang telah disabdakan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa :

إذا استيقظ أحدُكم من نومِهِ، فلا يَغْمِسْ يدَه في الإناءِ حتى يغسلَها ثلاثًا . فإنه لا يَدْرِي أين باتت يدُه

Artinya ; Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui dimana letak tangannya semalam (Hadist Riwayat. Bukhari no. 162, Muslim no. 278).

3. Berwudhu Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk dan Malas

Setelah berdoa dan mencuci tangan Ketika bangun tidur, kemudian kita juga dianjurkan untuk mengambil air wudhu untuk menghilangkan rasa kantuk dan malas.

Yang masih ada sehingga badan terasa segar kembali dan besiap untuk melaksanakan sholat, dari ketiga adab diatas mempunyai manfaat yang banyak, sesuai dengan keterangan dari hadist Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam

Artinya ; Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: “malammu masih panjang, teruslah tidur”. (HR. Bukhari no. 1142, Muslim no. 776).

Maka jika kita mengikuti adab yang Beliau katakan maka dapat menolong kita dari bujuk rayu syaiton yang terus menghasut kita untuk selalu tidur sampai akhirnya kita terasa malas untuk bangun yang dapat meninggal kan sholat. itu sebgaian adab-adab bangun tidur, semoga kita dapat mengamalkannya.

Keutamaan Doa Bangun Tidur

Itulah doa bangun tidur yang sesuai dengan sunah Nabi, doa bangun tidur ini juga mempunyai manfaat dan keutamaan luar biasa diantaranya

Menumbuhkan Rasa Syukur

Maksudnya bersyukur atas nikamt hidup yang telah diberikan oleh Alloh SWT disaat kita kembali dari mati sementara karena disaat orang tidur bisa dikatakan mati sebentar.

Dalam hal ini kita tidak tahu apakah Alloh akan mengembalikan kita atau tidak, oleh sebab itu jika kita terbangun dari tidur berarti Alloh telah mengembalikan hidup kita kembali, sesuai dengan makna arti bacaan doa yang kita baca.

Semangat Hidup Untuk Menjalani Amaliyah Untuk Bekal Dunia Akhirat

Kedua keutamaan doa bangun tidur ini, mempunyai kesimpulan bahwasan kita sebagai makluk ciptaan Nya untuk selalu bersyukur atas kenikmatan yang besar yang telah diberikan kepada kita.

Yaitu nikmat hidup dan nikmat sehat sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan baik dan beramal sholeh yang menjadi kewajiban kita sebagai hamba kepada sang pencipta.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai doa bangun tidur dan keutamaan membaca doa bangun tidur, semoga kita semua ditolong Alloh SWT untuk dapat selalu bersyukur atas segala karunia yang diberikan kepada kita.

Semoga tulisan yang sederhana ini bisa menjadikan manfaat kebaikan bagi kita semua, dan kita bisa mengamalkan apa yang telah diajarkan Nabi SAW tentang doa ini, tentunya dengan mengharap pertolongan dan kasih sayang Alloh SWT.

Wallohu A’lam

Terima kasih, Wassalam

Doa Untuk Pengantin

Santri Angga
2 min read

Sholat Jenazah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Sujud Sahwi

Santri Angga
2 min read