Doa Duduk Antara Dua Sujud

2 min read

Doa diantara dua sujud

Doa duduk antara dua sujud dalam shalat, tata caranya, dan macam-macam bacaan doa diantara dua sujud, dalam bacaan Arab, Latin dan artinya.

Doa duduk diantara 2 sujud adalah bacaan doa ketika saat duduk dianatara dua sujud dalam shalat, bacaan doa ini ada beberapa macam bacaannya, untuk lebih jelasnya mari simak pembahsan di bawah ini.

Baca Juga: Doa Iftitah

Doa Duduk Antara Dua Sujud

Duduk diantara 2 Sujud disebut juga dengan duduk Iftirasy, gerakan duduk dilakukan ketika atau setelah bangun dari sujud dalam shalat.

Berikut akan kami tuliskan bacaan doa ketika Duduk di antara Dua Sujud dalam tulisan Arab, Latin dan juga beserta artinya.

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Arab

Doa duduk antara dua sujud
Doa duduk antara dua sujud

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Latin

”Rabbighfirlii, Warhamnii, Wajburnii, Warfa’nii, Warzuqnii, Wahdinii ,Wa’aaifinii, Wa’fuanii”

Artinya

”Ya Tuhanku ampunilah aku dan sayangi aku dan tutuplah aib-aibku dan angkatlah derajatku dan berilah aku rezeki dan berilah aku petunjuk dan sehatkanlah aku dan maafkanlah aku”

Nah inilah bacaan doa yang umum digunakan, namu bacaan ini memiliki beberapa versi, berikut kami tuliskan bacaan dalam versi yang lain.

Baca Juga: Bacaan Doa Tahiyat Akhir

Macam Bacaan Doa Antara dua sujud

Bacaan doa berikut ini juga yang pernah digunakan dalam shalat oleh Rasul SAW, jadi artinya walaupun berbeda tetap sah bila dibaca, berikut bacaannya.

Bacaan Pertama

Dalam Tulisan Arab

Doa duduk antara dua sujud
Doa duduk antara dua sujud

Tulisan Latin

“Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii

Artinya: ”Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (Hadist Riwayat. Ahmad)

Bacaan Kedua

Tulisan Arab

Doa duduk antara dua sujud
Doa duduk antara dua sujud

Tulisan Latin

Allohummaghfirli warhamnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii

Artinya: ”Ya Allah ampunilah aku, dan rahmatilah aku, dan cukupkanlah aku, dan berilah aku petunjuk, dan berilah rezeki).” (Hadist Riwayat. At Tirmidzi no.284, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh

Bacaan Ketiga

Bacaan doa ini dari Sa’ad bin Abi Waqqash ra, ketika pada suatu hari Nabi SAW telah mengajarkan bacaan salat kepada orang Arab Badui.

Bacaan Tulisan Arab

bacaan doa duduk antara dua sujud
bacaan doa duduk antara dua sujud

Bacaan Tulisan Latin

“Allahummaghfirlii warhamnii, wa’aafini, warzuqnii“

Artinya: ”Ya Allah ampunilah aku dan rahmatilah aku, dan cukupkanlah aku dan berilah rezeki” (dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahih At Targhib, 1562).

Bacaan Keempat

Bacaan dalam tulisan Arab

bacaan doa duduk antara dua sujud
bacaan doa duduk antara dua sujud

Bacaan dalam tulisan

Rabbighfirlii, Rabbighfirlii

Artinya: ”Ya Allah ampuni aku, Ya Allah ampuni aku”. Keterangan: untuk lamanya bacaan ini sama dengan lama berdirinya. Kemudian Beliau SAW sujud…” (Hadist Riwayat. An Nasai no. 1665, dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Bacaan Kelima

Dari keterangan hadist yang telah menyebutkan tentang bacaan doa ini Imam An Nawawi berpendapat sebuah kitab Al-Majmu’ (3/414), dan Imam An Nawawi telah menyebutkan, “Yang lebih berhati-hati dan yang lebih dipilihkan yaitu dengan mengumpulkan diantara riwayat-riwayat yang ada dan mendatangkan keseluruh lafadz-lafadz atau bacaan yang tujuh.

Tujuh lafadz bacaan doa yang disarankan untuk dikumpulkan oleh Imam An Nawawi yaitu sebagai berikut:

Dalam Tulisan

Doa duduk antara dua sujud
Doa duduk antara dua sujud

Dalam Tulisan Latin

Allahummaghfirlii, warhamnii, wa’aafinii, wajburnii, warfa’nii, wahdinii, warzuqnii”.

Artinya : ”Ya Allah ampunilah aku, dan rahmatilah aku, sehatkanlah aku, dan cukupkanlah aku, angkatlah derajatku, berilah petunjuk untukku dan berilah aku rezeki”.

Nah inilah beberapa versi dalam bacaan doa ketika duduk diantara 2 sujud, kesemua bacaan ini ada riwayat hadistnya masing-masing jadi boleh digunakan salah satu diantaranya. Wallahu’alam.

Baca Juga: Tata cara dan Doa Sesudah Wudhu

Cara Duduk Diantara Dua Sujud

Bagaimana sih cara duduk diantara 2 sujud yang benar ? berikut ini akan kami beri penjelasanya.

Cara duduk di antara dua sujud atau duduk iftirasy sebagai berikut:

Cara duduk yaitu dengan cara membentangkan punggung pada kaki kiri di lantai, dan kemudian mendudukinya, lalu kaki yang kanan ditegakkan dengan jari-jarinya menghadap kearah kiblat.

Cara duduk ini terdapat dalam keterang hadist Nabi SAW yang di bawa Dari Abu Humaid As Sa’idi radhiallahu’anhu Beliaupun telah berkata sebagai berikut:

فَإِذَا جَلَس فِي الرَكعَتَين جَلَس على رجلٌه اليسرى، ونصب اليمنى، وإذا جلس في الركعة الآخرة، قدم رجلٌه اليسرى، ونصب الأخرى، وقعد على مقعدته

Artinya: “Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam bila duduk dalam shalat padadua rakaat yang pertama beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanan. Dan jika beliau duduk pada rakaat terakhir, beliau mengeluarkan kaki yang kirinya dan menegakkan kaki yang kanannya dan duduk diatas lantai.”(Hadist Riwayat. Bukhari no. 828 dan Muslim no. 226)

Nah inilah sedikit pembahasan mengenai bacaan doa dan tata cara duduknya yang benar.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga bisa menambah ilmu kita semua dan bermanfaat bagi kita.

Terima kasih. Wasslam.

Baca Juga:

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read