Doa Hujan Reda

Posted on

Doa Hujan Reda – Hujan adalah rahmat bagi manusia dan juga mahluk hidup lainnya. Oleh sebab itu, islam melarang untuk menghujat hujan, menyesali, ataupun memakinya. Namun dalam kondisi tertentu, hujan bisa turun dengan kondisi yang tidak begitu baik seba menghambat aktivitas. Seperti hujan besar yang mengkhawatirkan mengakibatkan sebuah banjir, Berikut ini kami rangkum sebuah doa untuk meminta agar hujan berhenti.

doa hujan reda
doa hujan reda

Doa Agar Hujan Reda

Turunnya hujan adalah takdir Alloh SWT. tidak ada satupun mahluk dibumi yang mampu memberhentikan sebuah hujan. Ada sebuah istilah pawang hujan yang dianggap sebagian kebanyakan orang seseorang yang mampu memberhentikan hujan yang diciptakan oleh Alloh SWT. Perlu diketahui, Semua hanya atas kehendak Alloh SWT

Sesuai tuntunan Rosululloh SAW, satu-satunya cara untuk bisa memberhentikan hujan yatu dengan memohon doa kepada Alloh SWT agar hujannya bisa teralihkan ke tempat lain yang amat membutuhkan hujan. Doanya cukup mudah untuk dilafalkan. Berikut adalah lafadz, latin, dan artinya.

doa hujan reda

Artinya:
Ya Alloh turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Alloh turunkanlah hujan di dataran tinggi, di beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Penjelasan Al-Qur’an

Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa hujan mempunyai dua istilah. Yaitu hujan yang memiliki arti kebaikan dan hujan yang bermakna azab.

1. Hujan bermakna kebaikan

Hujan yang mendatangkan kebaikan dan rahmat biasanya disebut dengan istilah ghaits غيث

lihat surat Asy-Syura 28.

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ ۚوَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

Artinya :
Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan RohmatNya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.

Baca juga : Doa ketika angin kencang

2. Hujan yang mempunyai arti azab

Dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah مطر.

Perhatikan surat di dalam Al-Qur’an berikut ini:

Surat Al-A’raf 84

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِينَ

Artinya :
Dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang orang berdosa itu.

Surat Asy-Syu’ara 173

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖفَسَاءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِينَ

Artinya :
Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu) maka amat buruklah hujan yang menimpa orang orang yang sudah diberi peringatan itu.

Annaml 58

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖفَسَاءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِينَ

Artinya :
Dan Kami turunkan hujan atas mereka (hujan batu), maka amat buruklah hujan yang ditimpakan atas orang orang yang diberi peringatan itu.

Ternyata inilah alasan mengapa umat Islam harus membaca doa agar hujan reda ketika menjumpai hujan yang deras.

Keterangan Hadits

Di dalam Hadits Al-Bukhari no 1014 dan Muslim no 897 bahwa kota Madinah pernah dilanda suau hujan seminggu berturut dengan tiada henti, dari hari jum’at sampai jum’at berikutnya.

Hingga seorang sahabat, memohon kepada Rosulullah SAW agar berdoa hingga hujan itu bisa reda.

Sahabat berkata :

“Ya Rosulullah SAW, kini harta benda musnah, jalan jalan terputus , Mintalah kepada Alloh, agar hujan ini reda”

Rosulullah SAW pun mengangkat tangannya, kemudian berdoa :

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, Allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil Audiyati, wa Manaabitisy syajarati

Inilah doa yang dipanjatkan Rosulullah SAW ketika itu. Doa supaya hujan reda.
Bukan untuk menolak rizki

Doa ini tidak termasuk untuk menolak rizki Alloh, bukan berarti tidak mau dihujani, namun kita meminta kepada Alloh supaya turunnya hujan berpindah.

Semisal ketika sedang diperjalanan, namun kita tidak membawa jas hujan. Nah ketika itu kita memohon kepada Alloh supaya memindahkan tempat turunnya ditempat sekitar kita, tidak tepat diatas kita.

Nah ketika itu boleh, bagi kita berdoa dengan doa ini, supaya tempat turunnya hujan dipindah ditempat lain yang disekitar kita. Tidak tepat diatas kita.

Dan dalam istilah bahasa arab, doa ini dinamakan dengan istish-haa’ (الاستصحاء).

Ada beberapa faedah dalam hadits ini :

Berikut adalah beberapa faedah didalam hadits tersebut yang bisa kami rangkum

  • Disunnahkannya mengulang untuk doa 3x, sebagaimana saat Rosulullah SAW meminta hujan dI Dalam hadits ini
  • Bolehnya UNTUK meminta seorang yang baik ATAU shalih, agar berdoa kepada AllOH SWT
  • Diantara adab meminta doa kepada orang lain yaitu menyampaikan keadaan yang ada padanya, sebagaimana yang dilakukan sahabat yang meminta hujan dan meminta supaya hujan reda, mereka menyampaikan suatu keadaan mereka.
  • Diantara adab berdoa supaya hujan reda yaitu tidak meminta agar hujan berhenti secara total, namun meminta supaya hujan tersebut dipindahkan ke suatu tempat lain.
  • Berdoa supaya Alloh SWT menghilangkan sesuatu yang bermudharat, menyebabkan kerusakan serta kerugian, tidak bertentangan dengan tawakal

Video Hujan Lebat

Berikut adalah video hujan lebat yang semoga kita semua terlindung dari yang demikian

Demikianlah pembahasan mengenai doa agar huja reda, Semoga bermanfaat dan kita semua di jauhka dari hujan yang bermakna azab aamiin

Doa Hujan Reda
5 (100%) 2 votes