Doa Ketika Bersin

2 min read

doa ketika bersin

Doa ketika bersin, ketika mendengar orang yang bersin, balasan doa kepada orang yang berdoa kepada kita saat bersin, doa kepada orang kafir yang bersin dan adab-adab disaat bersin.

Doa Ketika Bersin – Assalamualaikum. Sahabat, pada kesempatan yang baik ini, kita akan membahas dan berbagi mengenai doa saat bersin dan doa saat mendengar orang yang bersin untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasan di bawah ini.

Bersin merupakan suatu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya, melalui bersin bibit penyakit yang ada di dalam tubuh dalam keluar terbawa oleh bersin.

Namum jika dipandang dari segi kedokteran yang menyebabkan bersin diantaranya karena flu, pilek dan bisa juga karena alergi.

Di bawah ini akan kami tuliskan bacaan doa ketika bersin dan bacaan doa ketika mendengar orang lain yang bersin.

Baca Juga: Tara Cara dan Doa Mandi Wajib

Doa Ketika Bersin

Berikut ini bacaan doa bersin akan kami berikan dengan bacaan arab, latin dan juga disertai artinya.

Bacaan Doa Ketika Bersin Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Bacaan Doa Keika Bersin Latin

ALHAMDULILLAAHI

Artinya

“Segala Puji Bagi Allah”

Bacaan doa di atas adalah bacaan doa ketika diri sendiri yang bersin, dan diperbolehkan juga membaca doa secara lengkap, berikut bacaan doanya :

Bacaan Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Latin

ALHAMDULILLAAHI RABBIL ‘AALAMIIN

Artinya : “Segala puji hanya milik Allah, Tuhan sekalian alam”

Kemudian bacaan doa bila kita yang mendengar orang yang bersin maka bacaan doanya adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Doa Terbebas Hutang


Doa Ketika Mendengar Orang Lain Bersin

Bacaan Arab

يَرْحَمُكَ اللهُ

Bacaan Latin

”Yarhamukalloh”

Artinya

“Semoga Alloh Subhana wa ta ala memberi rohmat kepadamu”

Nah itulah bacaan doa ketika mendengar orang yang bersin, lalu jika kita mendengar kita bersin dan lalu ia berdoa dengan doa diatas, maka kita pun mesti menyambut doa yang diucapakannya dengan membaca doa sebagai berikut :

Baca Juga : Doa Minta Jodoh

Doa Balasan Kepada Orang Yang Berdoa Saat Kita Bersin

Doa Balasan Kepada Orang Yang Berdoa Saat Kita Bersin, maka kita pun mesti membalasa doa kepada orang yang telah mendoakan kita dengan membaca doa ini.

Bacaan Arab

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Bacaan Latin

”Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum”

Artinya

“Semoga Alloh memberikan petunjuk atas mu dan membaguskan keadaanmu”

Berikut di bawah ini akan disampaikan keterangan dalil hadist tentang bersin.

Dalil Hadist Tentang Bersin

Dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam telah beresbada yang bunyi sebagai berikut :

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ اَلنَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ : – إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَإِذَا قَالَ لَهُ : يَرْحَمُكَ اَللَّهُ , فَلْيَقُلْ : يَهْدِيكُمُ اَللَّهُ , وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ – أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ.

Artinya : “Jika seseorang di antara kalian ada yang bersin, maka ucapkanlah kalimat ALHAMDULILLAH . Hendaklah saudaranya itu mengucapkan kalimat YARHAMUKALLAH. Jika ia telah mengucapkan YARHAMUKALLAH, maka kamu ucapkanlah YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Alloh Subhana Wa Ta ala memberikan petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (Hadist riwayat Bukhari)

Adab Ketika Bersin

Berikut ini adalah adab-adab yang perlu ketahui pada saat kita besin

1. Saat bersin baiknya kita merendahkan suaranya dan jangan dengan sengaja menguatkan suara bersinnya dan lebih baik lagi ditutup oleh kain atau sapu tangan saat bersin.

2. Hendaknya saat kita bersin dapat menahan diri untuk tidak menolehkan leher kita atau menekukkan leher ke arah kiri dan kanan saat sedang bersin, sebab jika saat bersin menoleh dapat kepala menjadi kaku jika bersin dengan cara menoleh.

3. Jangan lupa membaca doa disaat bersin, sebagaimana telah dituliskan diatas

Nah itu lah sebagian dari adab-adab ketika bersin, kemudian akan disampaikan pula bacaan doa ketika mendengar orang kafir bersin, untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Doa Ketika Mendengar Orang Kafir Bersin

Ketika kita mendengar orang yang bersin dan ia mengucapkan bacaan Alhamdulillah maka wajib hukumnya bagi kita berdoa untuknya dengan membaca doa sebagai mana telah dituliskan di atas.

Yang menjadi suatu pertanyaan bagaimana jika kita mendengar orang kafir bersin lalu ia memuji Allah lalu haruskah kita mendoakannya ? berikut keterangan singkat berdasarkan pada hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi sebagai berikiut :

كَانَ الْيَهُوْدُ يَتَعَاطَسُوْنَ عِنْدَ رَسُوْلِ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَرْجُوْنَ أَنْ يَقُوْلَ لَهُمْ يَرْحَمُكُمُ اللهُ، فَيَقُوْلُ: يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ باَلَكُمْ

“Orang-orang Yahudi telah berpura-pura bersin di depan Nabi Muhammad SAW, mereka berharap Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudi memberikan doa dan mengatakan kepada mereka Yarhamukumulloh yang artinya semoga Allah subhana wa ta ‘ala memberikan rahmat bagi kalian, Tetapi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengucapkan itu melainkan mengucapkan Yahdikumullaah wa Yushlihu Baalakum yang artinya: semoga Allah subhana wa ta ‘ala memberikan pada kalian semua petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” [Hadist riwayat. Al-Bukhari dalam al-Adaabul Mufrad Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah, at-Tirmidzi, al-Hakim ]

Nah itulah keterengan boleh atau tidaknya kita berdoa kepada orang kafir saat dia bersin, sesuai dengan keterangan hadist diatas diperbolehkan namum dengan bacaan doa sebagai berikut :

Bacaan Doa Ketika Mendengar Orang Kafir Bersin Arab

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Bacaan Doa Ketika Mendengar Orang Kafir Bersin Latin

”Yahdikumullaah wa Yushlihu Baalakum

Artinya

“Semoga Alloh Subhana Wa Ta ‘ala memberikan pada kalian semua petunjuk dan memperbaiki keadaan kalian.”

Nah itulah sedikit ulasan mengenai doa saat bersin, adab-adabnya dan doa balasan saat orang itu berdoa untuk kita serta bacaan doa untuk orang kafir yang bersin, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, wallahu’alam.

Terima kasih, Wassalam.

Artikel lain yang bisa anda baca dengan link dibawah ini