Doa Ketika Mimpi Buruk

4 min read

DOA KETIKA MIMPI BURUK

Bacaan doa ketika mimpi buruk dalam bacaan Arab latin dan disertai artinya, juga hal-hal yang harus dilakukan ketika mimpi buruk.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seputaran mimpi dan doanya, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Mimpi

Setiap manusia hidup pasti membutuhkan yang namanya tidur walau hanya untuk sekedar istirahat, dan disaat itulah kebiasaan atau kegiatan kita sebelum tidur, maupun angan-angan terkadang masih terbawa hingga menjadi kembang tidur atau mimpi.

Pengertian mimpi secara umum adalah cerita atau gambaran yang diciptakan oleh pikiran kita pada saat kita tidur. Mimpi bisa tercipta kapan saja, disaat seseorang itu tidur dan sebaliknya jika seseorang itu tidak tidur tidak akan tercipta sebuah mimpi.

Sebagian orang banyak yang mengatakan bahwa mimpi adalah kembang tidur, namum mimpi juga bisa berati sebuah petunjuk, dan juga bawaan angan-angan yang tercipta akibat dorongan obsesi.

Di dalam keterangan sebuah Hadist Nabi, mimpi dapat digolongankan menjadi tiga bagian diantaranya sebagai berikut :

  • Mimpi yang baik dari Allah.
  • Mimpi yang datang dari diri sendiri
  • Mimpi yang buruk atau batil yang datang dari setan

Inilah tiga golongan macam-macam mimpi yang dapat diketahui untuk lebih jelasnya mari lihat penjelasan dibawah ini.

Mimpi Baik

Dalam sebuah hadits Nabi telah diterangkan mengenai mimpi yang berbunyi sebagai berikut :

Mimpinya seorang mukmin adalah satu bagian dari empat puluh enam bagian kenabian.” (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

Mimpi yang baik pada prinsipnya merupakan sebuah kabar yang Allah berikan bagi seorang yang beriman, namum hal ini Allah memberikan kabar tersebut melalui mimpi.

Dan pada prinsipnya sebuah mimpi yang baik itu berasal dari berbagai macam amal seseorang yang baik dan juga benar, dan mimpi tersebut biasanya juga berupa peringatan, perintah, larangan, dan kabar gembira agar seseorang itu selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu.

Hal di atas tersebut meng itiba dari kisah Nabi, yang mana pada waktu itu ada Nabi yang menerima wahyunya berupa mimpi.

Mimpi yang baik yang datangnya dari Allah, maka hendaknya kita wajib mensyukurinya dan dianjurkan untuk menceritakannya mimpinya kepada orang lain yang dapat dipercaya, hal demikan merupakan sebagai wujud rasa syukur.

Hadist Nabi mengatakan yang berbunyi :

“Apabila salah satu dari kalian melihat mimpi yang ia sukai, maka sebenarnya ia datangnya dari Alloh Subhana wa ta’ala, maka hendaknya bertahmidlah (mengucapkan Alhamdulillah) dan kabarkan lah mimpi baik itu (kepada orang lain).” (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

Anjuran Untuk Bercerita Pada Orang Lain Ketika Mimpi Baik

Anjuran untuk bercerita ketika mendapatkan mimpi yang baik disebabkan mimpi itu adalah pemberian dan nikmat dari Allah swt, dan Allah telah memerintahkan untuk menceritakan nikmat-nikmat-Nya. Dengan kita bercerita mengenai mimpi tersebut maka akan timbul kesan positif pada diri pribadi dan juga bagi yang mendengarnya.

Mimpi yang datang dari diri sendiri

Mimpi yang datangnya dari diri kita sendiri, biasa orang menyebutnya dengan kembang tidur, mimpi semacam ini tidak memmpunyai makna yang berati, karena mimpi ini merupakan endapan dalam pikiran yang terbawa dalam tidur dan kemudian terbawa ke dalam mimpi, mimpi yang demikian ini tidak dapat ditakwilkan.

Mimpi Buruk Atau Jelek

Mimpi buruk adalah sebuah mimpi yang terjadi yang bersumber dari setan.

Mimpi buruk ini sengaja dibuat oleh setan dengan cara menampakkan hal-hal yang buruk supaya seseorang itu merasa sedih, terkejut, dan bisa jadi sampai membuatnya sakit. berikut ini penjelasan dari Al-Quran mengenai mimpi buruk.

Firman Allah dalam Al-Quran surah Al-Mujaadilah ayat 10:

اِنَّمَا النَّجۡوٰی مِنَ الشَّیۡطٰنِ لِیَحۡزُنَ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ لَیۡسَ بِضَآرِّہِمۡ شَیۡئًا اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰہِ ؕ وَ عَلَی اللّٰہِ فَلۡیَتَوَکَّلِ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ

Artinya : “Sesungguh nya, pembicaraan yang rahasia itu adalah setan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, s edang pembicaraan itu tiadalah memberi mudharat edikit pun kepada mereka, kecuali dengan izin Alloh subhana wa ta’ala dan kepada Allah-lah hendaknya orang-orang yang beriman bertawakkal.” (Qur’an Surah. Al-Mujaadilah ayat 10).

Mimpi yang seperti ini adalah permainan setan, sebagaimana telah disebutkan juga dalam hadits Nabi SAW, bahwa seorang lelaki pernah berkata kepada Rasulullah SAW, “Sesungguhnya, saya telah bermimpi (melihat) kepala ku telah terputus (dari badanku), lalu saya mengikutinya dari belakang.”

Dan Rasulullah SAW mencelanya dan Beliau pun bersabda:

“Janganlah kamu ceritakan (kepada orang lain) permainan setan terhadap mu di dalam mimpi(mu). ” (Hadist Riwayat. Muslim).

Maka dianjurkan bagi sesorang untuk berdoa ketika hendak tidur, agar dalam tidurnya mendapatkan perlindungan dari Allah swt dan dijauhkan dari mimpi  yang buruk.

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur

Doa Ketika Mimpi Buruk

DOA KETIKA MIMPI BURUK
GAMBAR DOA KETIKA MIMPI BURUK

Berikut ini adalah bacaan doa yang hendaknya kita baca disaat mendapat mimpi yang buruk.

Bacaan Doa Ketika Mimpi Buruk Arab

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Bacaan Doa Ketika Mimpi Buruk Latin

”Huwallohu, Allohu Robbi la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit-tammati, min ghodhobihi, wa min syarri ibadihi, wamin hamazatis syayatini, wa ayyah dhuruni”

Artinya :

Dialah Alloh. Alloh Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Alloh yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Inilah bacaan doa manakala kita mendapatkan mimpi buruk, semoga doa ini bisa kita hafalkan.

Baca Juga : Doa Bangun Tidur

Hal Yang Harus dilakukan Ketika Mimpi Buruk

Berikut ini beberapa hal yang telah diajarkan Rasulullah saw saat seseorang mendapat mimpi buruk :

A. Meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali

  • Maksudnya di saat kita mendapatkan mimpi buruk pada waktu tidur, kita lalu bangun dan meludah kearah kiri sebanyak tiga kali ludahan dan dilanjutkan membaca doa.

B. Memohon perlindungan kepada Allah SWT

  • Disaat kita terbangun dari mimpi buruk setelah meludah sebanyak 3 kali ke sebelah kiri kemudian kita membaca doa seraya memohon perlindungan dari Allah SWT. Dengan bacaan sebagai berikut sebanyak tiga kali :

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

  • A’udzu billahi minas-syaithonir-rajiim” atau dengan bacaan ta’awudz yang lain diperbolehkan.

C. Mohon perlindungan Alloh SWT atas keburukan mimpi

  • Maksudnya pada saat kita mimpi buruk dan kemudian terbangun hendaknya kita langsung berdoa memohon perlindungan dari Allah atas segala sesuatu keburukan yang mungkin terjadi.

E. Saat terjadi mimpi buruk hendaknya Mengubah posisi tidur.

  • Ketika kita diberi mimpi buruk dianjurkan untuk mengubah posisi tidur kita, ketika ingin melanjutkan tidur kembali, walaupun harus memutar ke arah sebelah kiri.

F. Tidak dianjaurkan untuk menafsir mimpi sendiri

  • Saat kita mendapatkan mimpi buruk dilarang untuk menafsirkan mimpi buruk tersebut, baik menafsirkan sendiri atau meminta bantuan orang, karena dikhawatirkan akan salam penafsirsan.

Nah inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan manakala kita mendapatkan mimpi buruk.

Berikut ini beberapa keterang dalil tentang mimpi buruk, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Keterangan Hadist Tentang Mimpi Buruk

Beberapa keterangan Hadist Nabi SAW mengenai sebuah mimpi

1. Rasulullah SAW telah bersabda yang berbunyi sebagai berikut

الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، فَرُؤْيَا حَقٌّ، وَرُؤْيَا يُحَدِّثُ بِهَا الرَّجُلُ نَفْسَهُ، وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ فَمَنْ رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ

Artinya :Mimpi itu terdapat tiga macam : mimpi yang benar, dan mimpi bisikan perasaan, dan mimpi ditakut-takuti setan. Barang siapa bermimpi yang tidak disukainya (mimpi buruk), hendaklah dia melaksanakan shalat.” (Hadist Riwayat. at-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani)

2. Dari Jabir ra, Rasulullah SAW telah bersabda,

إذا رأى أحدكم الرؤيا يكرهها، فليبصق عن يساره ثلاثا وليستعذ بالله من الشيطان ثلاثا، وليتحول عن جنبه الذي كان عليه

Artinya : “Jika kalian mengalami mimpi yang di benci atu mimpi buruk maka hendaklah meludah kesebelah sebanyak kiri tiga kali, dan mohon lah perlindungan dari Alloh SWT dari godaan setan 3 kali, lalu mengubah posisi tidurnya dari posisi semula.” (Hadist Riwayat Muslim)

3. Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut :

وإن رأى ما يكره فليتفل عن يساره ثلاثا وليتعوذ بالله من شر الشيطان وشرها، ولا يحدث بها أحدا فإنها لن تضره

Artinya ;Ketika dari kalian mendapat mimpi buruk, hendak nya meludah ke sebelah kiri sebanyak 3 kali, dan meminta perlindungan kepada Alloh SWT dari kejahatan syaiton dan dari dampak buruk mimpi. Kemdian, jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun, maka mimpi itu tidak akan memberikan dampak buruk kepadanya.” (Hadist Riwayat Muslim)

Abu Qatadah (perawi hadis) telah mengatakan sebagai berikut :

إن كنت لأرى الرؤيا أثقل علي من جبل ، فما هو إلا أن سمعت بهذا الحديث، فما أباليها

Artinya : “Sesungguhnya saya pernah bermimpi, yang saya rasa lebih berat dari pada gunung, setelah saya mendengar hadist ini saya tidak peduli dengan mimpi tersebut.”

Nah ini beberapa dalil keterangan dari Hadist Nabi SAW, yang menjelaskan tentang mimpi buruk,

Dalam hal ini sebelum kita bergegas untuk tidur hendak membaca doa untuk memohon perlindungan dari mimpi buruk dan sebagainya. Wallohu ‘alam.

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur

Demikianlah pembahasan singkat tentang mimpi buruk, mimpi baik, dan mimpi lainnya. semoga bisa bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Artikel lain yang bisa anda lihat dan baca ada pada link di bawah ini.