Doa Khotmil Quran

3 min read

Doa Khotmil Quran, Makna, Keutamaan Beserta Adab Membaca Al-Quran.

Berikut ini Waheedbaly akan bantu menguraikan tentang beberapa doa Khotmil Quran, makna, manfaat beserta adab membaca Al-Quran. Yang wajib untuk diketahui.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Khotmil Quran

Membaca Al-Quran merupakan suatu perbuatan yang baik bahkan sangat dianjurkan dan diwajibkan. Terlebih bagi siapa saja yang membacanya insya allah akan memperoleh berkah serta pahala.

Al-Quran sediri merupakan sebuah ayat-ayat yang berisikan segala firman Allah SWT dan Al-Quran sendiri. Merupakan sebuah mukjizat yang diberikan kepada Rasulullah SAW serta tuntunan umat Muslim Islam.

Maka marilah kita biasa mendawamkan membaca Al-Quran serta istiqomah mengharapkan keberkahan dan ridho Allah SWT. Lalu bagi kalian yang belum hafal bahkan mungkin belum khotam. Baiknya mulai sekarang mari belajar.

Karena terdapat makna bagi yang membaca serta sebagai penerang ( syafaat ) kelak dihari kiamat. Maka berikut ini beberapa hadits yang menerangkan sebagai berikut. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda menerangkan bahwa.

Baca Juga : Doa Nabi Musa

Untuk itulah hendaknya kita membiasakan diri membaca Al-Quran serta mengkhatamkannya. Walau belum ada keterangan yang pasti akan tetapi doa ini merupakan menjadi ketika selesai membaca Al-Quran. Namun dari sahabat Anas Bin Malik ra menerangkan bahwa.

Pastilah untuk setiap doa yang diucapkan merupakan salah satu bentuk rasa syukur akan nikmat Allah SWT. Berikut ini beberapa doa khotmil quran yang wajib untuk diketahui.

Baca Juga : Doa Nabi Sulaiman

Doa Khotmil Quran

Baiknya jika selesai khatam quran wajiblah membaca doa tersebut berikut bacaan doanya.

Bacaan Doa Khotmil Quran Pendek

Doa Khotmil Quran Versi Pendek
Doa Khotmil Quran Versi Pendek

Artinya :

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, dan petunjuk rahmat.

Yaa Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Quran ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu

Dan anugerahkanlah aku kesempatan untuk dapat membacanya pada tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, Wahai Tuhan semesta alam.”

Bacaan Doa Khotmil Quran 30 Juz

Artinya :

“Maha benar Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, dan Rasul-Nya yang tercinta lagi mulia telah menyampaikan, dan atas nabi Muhammad, dari kami dan dari kamu semua, rahmat yang paling utama, kehormatan dan kesejahteraan yang paling suci, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa-doa tersebut bisa kalian lakukan jika saat menyelesaikan membaca Al-Quran. Karena Al-Quran merupakan penerang serta juga merupakan pedoman dalam kehidupan.

Untuk itu bacalah dengan berniat bersungguh mengharap ridho dan keberkahan Allah SWT serta Rasulullah SAW. Dan tak lupa ketahuilah setiap makna atau penjelasan isi Al-Quran tersebut.

Terdapat beberapa makna yang bermanfaat jika kita dapat mengamalkan membaca Al-Quran tersebut antara lainnya ialah.

Baca Juga : Doa Nabi Yusuf

Makna Doa Khotmil Quran

Berikut beberapa makna yang terkandung dalam doa tersebut. Antaranya ialah.

Meminta Belas Kasih Allah SWT

Karena doa merupakan sebuah pengaduan dan juga pengharapan tentulah akan menghadirkan harapan yang besar bagi pendoa tersebut. Serta kita memohon Allah SWT akan berbelas kasih terhadap kita dan melimpahkan segala Rahman dan RahimNya.

Meminta Agar Al-Quran Petunjuk Cahaya RahmatNya

Makna dari doa tersebut bahwasannya kita berharap dan memohon kelak dengan Al-Quran tersebut menjadi penerang dalam kehidupan serta dapat memberikan ketaatan.

Doa Khotmil Quran Meminta Diingatkan Jika Terlupa

Karena terdapat makna yang sangat mendalam dari doa tersebut maka kita pastilah akan memohon agar selalu diingatkan pada setiap kandungan isi Al-Quran.

Meminta Mengerti Makna Kandungan Isi Al-Quran

Dengan membaca doa tersebut tak kala selesai membaca Al-Quran. Pastilah kita berharap agar diberikan pemahaman isi setiap ayat-ayat Al-Quran yang dibaca.

Memohon Kesempatan Agar Dapat Selalu Membaca Al-Quran

Makna doa Khotmil Quran yang berikut ialah kita mengharapkan sebuah keberkahan serta kelapangan waktu agar dapat diberikan kesempatan membaca Al-Quran kapan pun dan dimana pun baik malam atau pun siang.

Memohon Pembelaan Al-Quran

Karena Al-Quran merupakan Hujjah untuk kita kelak dihari akhir. Untuk itu dengan membaca doa tersebut tentulah kita berharap kelak dengan Al-Quran tersebut menjadi pembela kita atau syafaat untuk kita.

Baca Juga : Doa Nabi Ibrahim

Keutamaan Membaca Al-Quran

Terdapat beberapa keutamaan bagi siapa yang membaca Al-Quran sebagai berikut.

Memperoleh Pahala

Bagi siapa saja yang membaca Al-Quran pastilah akan memperoleh pahala yang baik serta keberkahan oleh Allah SWT.

Memperoleh Ketenangan Jiwa dan Hati

Al-Quran merupakan obat hati. Untuk itu bagi kalian yang menginginkan ketenangan hati dan jiwa hendaklah mendawamkan membaca Al-Quran.

Diangkat Derajatnya

Tentulah dengan seizin Allah SWT. Bagi yang membaca Al-Quran insya allah akan dinaikkan derajat olehNya.

Khotmil Quran Dapat Memberi Syafaat

Dengan membaca Al-Quran tentulah kelak akan memberikan syafaat serta sebagai penolong dihari akhir kelak.

Dihadiri Malaikat

Jika kita selalu setiap hari membaca Al-Quran tentulah malaikat-malaikat akan hadir menghampiri.

Terbebas Dari Aduan Rasulullah SAW

Kelak dihari akhir atau kiamat akan terdapat beberapa manusia yang diadukan oleh beliau Rasulullah SAW. Untuk itu perbanyak baca Al-Quran agar kelak dibebaskan.

Menjadi Kemuliaan Bagi Orang Tuanya Di Surga

Mungkin setiap orang sangatlah menginginkan bahkan mengidamankan anak-anak yang berbakti serta sholeh sholehah dan tentulah kebanyakan orang tua pasti kelak mengharapkan menjadi penolong.

Untuk itu jika kalian dapat memdawamkan bahkan dapat mengkhatamkan. Maka kelak kedua orang tua kita memperoleh keberkahan serta kemuliaan.

Baca Juga : Doa Nabi Nuh

Adab Membaca Al-Quran

Jika kita hendak membaca Al-Quran tentunya harus ketahui dahulu adab-adab agar memperoleh keberkahan dan kesempurnaan. Berikut beberapa adab membaca Al-Quran yang patutu diketahui.

Dalam Keadaan Suci – Jika hendak membaca Al-Quran hendaknya harus dalam keadaan bersih dan terhindar dari najis. Untuk itu sebelum membaca haruslah berwudhu terlebih dahulu.

Membaca Kalimat Ta’awuz Serta Bismillah – Sebelum membaca mulailah dengan mengucapkan kalimat ta’awus serta mengucapkan Bismillah lalu membaca Al-Fatihah.

Membaca Dengan Pelan Atau Tartil – Adab selanjutnya adalah jika hendak membaca Al-Quran janganlah mengucapkannya dengan tergesa-gesa bacalah dengan nada suara pelan.

Bacalah Dengan Khusyuk – Jika kita dapat memahami arti atau makna isi kandungan ayat-ayat Al-Quran tersebut tentulah akan mengalami keadaan dalam menangis dengan kekhusyukkannya.

Bacalah Dengan Nada Suara Bagus – Bacalah ayat-ayat Al-Quran sesuai dengan makhroj, panjang pendek, serta tajwid. Serta tidak usah dengan nada suara yang dibuat-buat cukuplah dengan pelan tetapi memiliki nada suara yang bagus.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang beberapa doa Khotmil Quran berikut makna, keutamaan beserta adab dalam membaca Al-Quran yang patutnya kita ketahui. Semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat serta barokah.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Wasalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Waheedbaly

Baca Juga :

Rate this post

Doa Sholat Witir

Santri Angga
3 min read

Lirik Lagu Man Ana

Santri Angga
1 min read