Doa Masuk Kelas

2 min read

doa masuk kelas

Doa Masuk Kelas, Doa Ketika Keluar Dari Kelas dan Dalil Hadist Mununtut Ilmu, Akan kami Tulisankan Dalam Tulisan Arab, Latin dan juga Artinya.

Menuntut ilmu wajib hukumnya dalam Islam, menunutut ilmu merupakan suatu kewajiban sedari kecil hingga dewasa, bahkan sampai tua, karena ilmulah yang membuat kita mengetahui tentang baik dan buruknya suatu amalan ibadah dan juga dengan ilmu apa yang kita kerjakan dapat berjalan dengan mudah dan benar.

Dalam kesempatan kali ini akan dibahas doa ketika hendak masuk kelas dan doa ketika keluar dari kelas sesudah belajar, doa ini pada umumnya sama dengan doa ketika akan memulai belajar atau doa sebelum belajar.

Berikut ini akan disampaikan dan kami tulisakan doanya.

Baca Juga : Doa Terbebas Hutang

Doa Masuk Kelas

Doa ketika masuk kelas untuk belajar mempunyai beberapa macam bacaan doa, dibawah ini akan kami tuliskan bacaan doa masuk kelas atau doa sebelum belajar dengan tulisan Arab, latin dan juga artinya :

Bacaan Doa Masuk Kelas Atau Sebelum Belajar # 1

Doa Sebelum Belajar
Gambar Doa Sebelum Belajar

Bacaan Doa Masuk Kelas Atau Sebelum Belajar # 2

Doa Sebelum Belajar 2
Gambar Doa Sebelum Belajar 2

Bacaan Doa Masuk Kelas Atau Sebelum Belajar # 3

Doa Sebelum Belajar 3
Ganbar Doa Sebelum Belajar 3

Nah itulah beberapa dari bacaan doa masuk kelas ketika hendak ingin memulai belajar, semoga dengan didahului dengan membaca doa akan dengan mudah mendapat kepahaman dari ilmu-ilmu yang diperlajri, dan juga mendapatkan keberkahan dalam ilmu tersebut dan mendapat pertolongan untuk dapat mengamalkannya.

Setelah melakukan proses kegiatan belajar mengajar yang telah diawali diawali dengan berdoa, kemudian setelah selesai belajar berakhir ada bacaan doa yang dianjurkan untuk mengakhiri belajar tersebut.

Baca Juga : Doa Ketika Bersin

Doa Keluar Kelas

Berikut ini adalah bacaan doa setelah belajar, akan dituliskan pula dengan bacaan Arab, latin berikut artinya.

Bacaan Doa Setelah Belajar Atau Keluar Kelas # 1

doa kelaur kelas
gambar doa kelaur kelas

Bacaan Doa Setelah Belajar Atau Keluar Kelas # 2

doa keluar rumah
Gambar doa keluar rumah

Bacaan Doa Setelah Belajar Atau Keluar Kelas # 3

doa keluar kelas
Gambar doa keluar kelas

Nah itulah bacaan doa keluar kelas atau setelah ingin mengakhiri pelajaran, dengan berdoa setelah belajar, kita semua berharap semoga Allah Subhana Wa Ta Ala menjadi ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat, baik untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain, aamiin.

Berikut akan kami sampaikan pula dalil keterangan mengenai kewajiban menuntut ilmu atau belajar bagi umat islam.

Baca Juga : Doa Ulang Tahun

Menuntut Ilmu Menurut Hukum Islam

Perintah untuk menuntut ilmu dalam islam telah tertera dalam Al-Qur’an dan Hadist, yang menjadi wajib hukumnya bagi setiap Muslim laki-laki dan juga perempuan untuk menuntut ilmu.

Cara mendapatkan dengan beberapa cara, yaitu

  1. dengan cara bertannya
  2. Dengan cara mendengar
  3. Dengan cara melihat

Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Bacaan Arab

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Bacaan Latin

”Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli Muslim wa muslimat”

Artinya : “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (Hadist riwayat. Al-Baihaqi).

Hadist di atas menjelaskan tentang kewajiban bagi semua muslim untuk menuntut ilmu, apalagi mengenai ilmu agama karena ilmunitulah yang sangat penting kelak untuk bekal hidup di dunia dan akhirat.

Menuntut Ilmu Dari Segi Ibadah

Jika dinilai dari segi ibadah menuntut ilmu atau belajar ilmu agama sangatlah besar nilai ganjarannya.

Rasulullah SAW telah bersabda : “Sungguh kiranya engkau telah melangkahkan kakinya di waktu pagi atau petang, lalu kemudian mempelajari satu ayat dari kitab Alloh SWT (Al-Qur’an), maka ganjarannya lebih baik dari pada ibadah satu tahun lamanya

Dalam hadist lain Rasulullah SAW telah bersabda:


مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ


Artinya : “Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.” (Hadist rieayat Turmudzi)

Kenapa menuntut ilmu ini sangat penting dan tinggi nilainya pandang dari segi ibadah?. Karena Ilmu adalah pemimpinnya amal, dan jika beramal ibadah tidak dilandasi dengan ilmu, maka amalan tersebut akan sia-sia.

Dawuh Syaikh Ibnu Ruslan telah menyatakan: “Barangsiapa yang beramal tanpa ilmu (melaksanakan amal ibadah), maka segala amalannya akan ditolak atau tidak diterima.

Nah itulah pentinglah belajar dan menuntut ilmu, jadi semua amalan yang kita lakukan hendaknya harus berdasarkan ilmu, dan beramalah menurut ilmu dan kemampuan yang sudah didapat.

Demikianlah pembahasan mengenai doa ketika masuk kelas dan doa keluar kelas atau juga doa sebelum belajar atau setelah belajar, semoga bisa bermanfaat.

Terima kasih,m wassalam.

Baca juga doa doa lainnya :

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read