Doa Masuk Masjid

2 min read

DOA-MASUK-MASJID

Doa masuk masjid dan keluar masjid disertai adab-adannya dalam bahasa arab, latin dan artinya juga penjelasannya.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Di dalam ajaran Islam berdoa merupakan suatu ibadah yang sangat dianjurkan, ketika hendak memulai suatu perkerjaan atau setelah selesai melakukan perkerjaan.

Dengan berdoa berarti kita memohon kepada Alloh swt agar sesuatu yang kita lakukan akan mendapatkan kemudahan dan keridhoan dari Allah swt.

Begitupun halnya diwaktu kita hendak memasuki Masjid, dianjurkan untuk berdoa agar langkah kita selalu mendapatkan curahan rahmat dan ridho dari Alloh swt. berikut di bawah ini adalah doa ketika hendak pergi berjalan menuju masjid.

Doa Pergi ke Masjid

Ketika hendak berangakat dari rumah menuju masjid kita dianjurkan berdoa, agar diperjalanan Alloh swt senantiasa melindungi kita dari ganguan syaiton, yang selalu berusaha untuk mengoda dan menyesatkan kita, bacaan doanya sebagai berikut :

Bacaan Doa Pergi ke Masjid Arab

َللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْرًا، وَفِيْ لِسَانِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ فِيْ سَمْعِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ فِيْ بَصَرِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِيْ نُوْرًا، وَمِنْ أَمَامِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِيْ نُوْرًا، وَمِنْ تَحْتِيْ نُوْرًا، اَللَّهُمَّ أَعْطِنِيْ نُوْرًا

Bacaan Doa Pergi ke Masjid Latin

Allohummaj’al fii qolbii nuuron, wa fii lisaanii nuuron, waj’al fii sam’ii nuuron, waj’al fii bashorii nuuron, waj’al min kholfii nuuron, wa min amaamii nuuron, waj’al min fauqii nuuron, wa min tahtii nuuron, allaahumma a’thinii nuuron.

Artinya ;

Ya Alloh, jadikanlahlah cahaya pada hatiku, cahaya pada lidahku, cahaya pada pendengaranku, cahaya pada penglihatanku, cahaya dari belakangku, cahaya dari hadapanku, cahaya dari atasku, cahaya dari bawahku, Ya Alloh, berilah aku cahaya. Inilah dao yang yang kita baca ketika berjalan hendak menuju masjid atau tempat suci.

Kemudian saat akan memasuki masjid membaca dao sebagai berikut ;

Doa Masuk Masjid

Sama seperti yang diajarkan oleh Nabi SAW, saat memasuki masjid kitapun dianjurkan untuk berdoa dengan bacaan ini.

Bacaan Doa Masuk Masjid Arab

ا أَعُوْذُ بِاللَّهِ الْعَظِيْمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، (بِسْمِ اللَّهِ، وَالصَّلاَةُ) (وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ) اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan Dao Masuk Masjid Latin

A’uudzu billaahil ‘azhiim, wa biwajhihil kariim, wa sulthoonihil qodiim, minasy-syaithoonir-rojiim, (bismillaah, wash-sholaaatu) (was-salaamu ‘alaa Rosulillaah) Alloohummaftah lii abwaaba rohmatik.

Artinya ;

Aku berlindung kepada Alloh, Tuhan Yang Maha Agung, dengan wajah-Nya Yang Mulia dan kekuasaan-Nya yang abadi, dari setan yang terkutuk [1] bersama nama Allah dan semoga sholawat [2] dan salam selalu tercurahkan kepada Rosulullah saw [3] Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku [4].

Doa lainnya yang bisa kita baca ketika masuk masjid

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Alloohummaftah lii abwaaba rohmatik

Inilah doa yang dibaca saat hendak memasuki masjid, kemudian setelah itu saat akan keluar masjid sehabis melakukan sholat juga ajarkan dengan membaca doa keluar masjid.

Doa Keluar Masjid

Agar amalan kita selalu terjaga dari hal-hal yang merusak, hendak setelah keluar masjid kita juga membaca doa ini

Bacaan Doa Keluar masjid Arab

بِسْمِ اللَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ، اَللَّهُمَّ اعْصِمْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Bacaan Doa Keluar masjid Latin

Bismillaahi wash-sholaatu was-salaamu ‘alaa rosuulillaah, Allohumma innii as-aluka min fadhlika, Allohumma’shimnii minasy-syaithoonir-rojiim.

Artinya ;

Dengan menyebut nama Allah, semoga sholawat dan salam selalu terlimpahkan kepada Rosulullohn SAW. Ya AllOh, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dari karunia-Mu. Ya Alloh, lindungilah aku dari godaan setan yang terkutuk.

Itulah rangakian dao ketika kita hendak pergi ke masjid, masuk masjid dan keluar masjid, telah lengkap kami sajikan dengan bahasa arab, latin dan artinya, semoga bisa bermanfaat, dan kita bisa mengamalkannya.

Selain berdoa ada beberapa adab yang perlu kita ketahui ketika didalam masjid.

Adab di Dalam Masjid

  1. Mengerjakan Sholat Sunnah = ketika kita sudah berada di dalam Masjid, hendaknya kita mengerjakan sholat dua rokaat sebagai penghormatan ditempat suci yaitu masjid sebagai yang biasa Nabi lakukan
  2. Diam dan berdzikir Dengan khusyu = Pada Saat kita berada di dalam Masjid, setelah ataupun tidak melaksanakan Sholat sunnah, lebih baiknya diisi dengan berdzikir dan bersholawat ini lebih baik dari pada ngobrol atau berbicara yang tidak diberguna.
  3. Tidak keluar Masjid setelah Adzan = pada saat sudah berada didalam masjid dan adzan sudah selesai dikumandangkan tidak disarankan keluar masjid kembali kecuali ada alasan yang dibenarkan
  4. Dilarang lewat didepan orang yang sedang menegerjakan Shalat = Prilaku ini harus kita hindari sebab melewati didepan orang yang sedang Sholat adalah perbuatan dosa yang besar tidak dibenarkan oleh Syariat Islam , seperti apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Shollallohu Alaihi Wa Sallam yang berbunyi sebagai berikut ; ”Seandainya orang yang lewat di depan orang yang sholat  mengetahui (dosa) yang akan ditanggungnya, niscaya ia memilih untuk berhenti selama 40 (tahun), itu lebih baik baginya daripada lewat di depan orang yang sedang mengerjakan sholat” Hadist Riwayat Bukhari no 510 dan Muslim no 1132.
  5. Tidak meludah di dalam Masjid = Seperti apa yang telah dikatakan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, melarang kita meludah di dalam Masjid, dimana beliau saw bersabda. “Meludah di masjid adalah suatu dosa, dan kafarat (untuk diampuninya) adalah dengan menimbun ludah tersebut” Shahih al-Bukhari no 40”
  6. Ketika hendak keluar dari masjid didahulukan dengan kaki kanan.

Itulah sebagian dari adab-adab waktu didalam masjid, setelah kita mengetahui semoga kita dapat mengikuti dan mengamalakan seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Demikianlah pembahasan singkat doa masuk masjid sampai keluar masjid dan beberapa adabnya. Wallohu A’lam.

Terima kasih dan mohon dimaaafkan jika ada kesalahan dalam penulisan yang tidak jelas, namum saran dari penulis hendaknya setelah mengetahui tentang pembahasan diatas, ada baiknya minta petujuk atau pembimbing yang ahli dibidangnya, atau ikut belajar dimasjlis-majlis ilmu, agar lebih paham dan tidak gagal paham.

Wassalam.