Doa Masuk Pasar

2 min read

doa masuk pasar

Doa masuk pasar, bacaan Arab, latin dan artinya, dan manfaat membaca doa masuk pasar, serta adab ketika masuk pasar.

Assalamu’alaikum.
Pada kesempatan kali ini akan dibahas doa ketika hendak memasuki pasar, dan manfaat dari membaca doa ketika masuk pasar, serta adab-adab yang perlu diperhatikan ketika memasuki pasar. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini.

Adanya sebuah pasar dalam suatu kawasan misal di kota dan juga di desa atau kampung sangatlah penting keberadaannya, karena disinilah tempat bertemunya antara pedagang dan pembeli untuk saling bertransaksi dalam jual beli.

Pasar selain menjadi tempat jual beli ternyata pasarpun dapat membuka menciptakan lapangan pekerjaan, dan bukan hanya jual beli barang yang dapat dilakukan di pasar tetapi bisa juga sebagai sarana menawarkan jasa dan lain sebagainya.

Jadi bisa dikatakan pasar adalah sentral dari pertemuan dalam rangka menjajakan dagangan baik berupa barang maupun berupa jasa, dan dipasarlah tempat jual dan beli yang paling murah ketimbang di kios atau toko yang ada di sekitar rumah kita.

Di pasar juga barang tersedia lebih lengkap apa yang kita butuhkan hampir dipastikan tersedia disana, jadi amat penting disutau wilayah dengan adanya pasar, dengan begitu dapat memudahkan orang untuk mendapatakan sesuatu yang dicarinya.

Nah itulah sekilas cerita tentang pasar, memang pasar sangat di butuhkan adanya, namun dalam ajaran agama pasar juga terdapat keburukannya di dalamnya, untuk itu bagi umat muslim diajarkan ketika memasuki pasar untuk membentengi dirinya dengan berdoa terlebih dahulu sebelum masuk pasar.

Berikut ini akan kami tuliska bacaan doa sebelum hendak memasuki pasar, dengan berdoa kita berharap mendapat perlindungan dari kebeurukan yang ada di dalam pasar.

Baca Juga: Doa Sebelum Bekerja

Doa Masuk Pasar

Berikut ini adalah bacaan doa masuk pasar yang kami tulisakn dalam tulisan Arab, Latin dan juga artiny, agar mudah di baca dan dihafalkan.

Bacaan Doa Masuk Pasar Arab

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Bacaan Doa Masuk Pasar Latin

“Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahulmulku Walahulhamdu, Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khaiir, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir.”

Artinya

“Tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah selain Alloh, yang maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya lah segala kekuasaan dan pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan juga yang mematikan. Dia Yang Maha Hidup, dan yang tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya lah kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca Juga: 7 Keajaiban Doa Istri

Manfaat Membaca Doa Pasar           

Dari Salman telah berkata: Sebenarnya pasar merupakan tempat perangnya syaiton dan di sana telah ditancapkan bendera kebesarannya.

لَا تَكُونَنَّ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَوَّلَ مَنْ يَدْخُلُ السُّوقَ وَلَا آخِرَ مَنْ يَخْرُجُ مِنْهَا فَإِنَّهَا مَعْرَكَةُ الشَّيْطَانِ وَبِهَا يَنْصِبُ رَايَتَهُ

Artinya:Jika engkau bisa, janganlah menjadi orang yang pertama masuk pasar dan terakhir keluar darinya”. Karena pasar merupakan sebuah tempat medan peperangan syaiton dan di sanalah juga seten telah menancapkan benderanya.

Pasar juga dikatakan tempat aktifitas syaiton karena di dalam pasar banyak kebatilan yang terjadi di dalamnya, seperti: penipuan, berbuat curang, sumpah palsu, dusta, dan akad batil, mengurangi takaran atau timbangan, dan kebatilan-kebatilan lainnya.

Bahkan syaiton menancapkan benderanya menunjukkan bahwa setan betul-betul telah bercokol di dalam sebuah pasar. Bala tentara syaiton berkumpul guna menyebarkan perselisihan antara manusia dan membuat perangkat agar manusia terjebak ke dalam perbuatan kerusakan.

Baca Juga: Doa Sebelum Bersetubuh

Adab Masuk Pasar

  1. Jika kita hendak memasuki pasar untuk membeli suatu kebutuhan jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu.
  2. Jika kita memasuki pasar, maka dianjurkan tidak berlama-lama di dalamnya.
  3. Perbanyak berdzikir ketika sedang di dalam pasar.
  4. Diusahan tidak memasukinya pasar jika tidak kepepet untuk mencari barang kebutuhan guna menjaga diri kita agar terhindar dari berbagai macam perbuatan kezaliman.
  5. Dianjurkan tidak mengajak perempuan jika memasuki pasar jika tidak butuhkan dan perempuan itu diwajikan menutup seluruh aurat jika memasuki pasar.
  6. Belilah sesuai kebutuhan dan yang bermanfaat
  7. Saat di pasar hendaknya dapat enjaga pandangan mata.

Nah itulah sekilas ulasan mengenai adab dalam memasuki pasar. Semoga kita terhindar dari keburukan yang ada di dalamnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih, wassallam.

Baca juga doa lainya:

7 Tingkatan Neraka

Santri Angga
2 min read

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Santri Angga
5 min read

Manfaat Sedekah

Santri Angga
2 min read