Doa Masuk WC

2 min read

DOA-MASUK-WC

Doa masuk dan keluar WC atau kamar mandi beserta adab-adabnya lengkap dengan bacaan arab, latin dan arti agar mudah dipahami.

Assalamu’alaikum, Kali ini kita akan membahas doa masuk dan keluar kamar mandi, semoga pembahasan kita kali ini bisa menjadikan perantara bertambahnya ilmu kita semua, aaamiin.

Setiap orang dipastikan akan mengalami dan melakukan sebuah kegiatan masuk dan keluar kamar mandi, karena masuk kamar mandi sudah menjadi rutinitas kita setiap pagi atau pun waktu-waktu tertentu, untuk membuang hajat atau kotoran yang berada didalam tubuh.

Seperti kita ketahui bersama WC atau kamar mandi merupakan tempat yang menjadi salah satu persinggahan jin untuk berdiam karena tempatnya yang lembab dan kotor, oleh sebab itu didalam ajaran islam kita dianjurkan untuk berdoa sebelum atau sesudah masuk kamar mandi atau WC, agar terlindung dari ganguan jin dan syaiton.

Rosululloh SAW yang menjadi panutan semua umat manusia khususnya Agama Islam, Beliau telah memberikan contoh dan mengajarkan ketika hendak masuk kamar mandi dengan berdoa, berikut doa yang bisa kita baca ;

Baca Juga ; Doa Nurbuat

Doa Masuk WC / Kamar Mandi

Doa Masuk WC
Doa Masuk WC

Doa masuk kamar mandi sangatlah pendek dan sangat mudah untuk dihafalkan.

Bacaan Doa Masuk WC Arab :

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Bacaan Doa Masuk WC Latin :

“Allohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya ; Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran.

Nah pendek bukan bacaan, tentu mudah untuk menghafalkan asalkan kita mau pasti bisa. Kemudian setelah doa masuk kamar mandi berikut ini doa ketika keluar dari kamar mandi.

Baca Juga ; Doa Sholat Hajat

Doa Keluar WC

Bacaan doa keluar kamar mandi ini pun terbialng sangat pendek dan semoga kita mudah untuk menghafal dan mempraktekannya.

Bacaan Doa Keluar WC Arab :

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Bacaan Doa Keluar WC Latin :

Ghufro Nakal Hamdu Lilahiladzi Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aafaanii

Artinya ; Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Alloh yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan telah menyehatkanku

Baiklah sobat lengkap sudah dua doa yang bisa kita hafalkan dan prakterkan saat hendak masuk dan keluar WC, namun belum sempurna rasanya jika kita belum mengetahui adab-adab saat didalam kamr mandi, berikut ini beberapa adab yang dapat kita ketahui saat didalam kamar mandi atau WC.

Adab di Kamar Mandi / WC

Berikut adab masuk kamar mandi saat didalam kamar mandi dan keluar kamar mandi yang bisa kita ikuti

  1. Saat hendak memasuki kamar mandi, dahulukan dengan membaca BISMILLAH supaya pada saat berada di kamar mandi mendapatkan perlindungan agar terhindar dari gangguan syaiton dan jin.
  2. Berdoa sebelum masuk ke WC / kamar mandi dengan bacaan diatas yang telah ditulis.
  3. Saat masuk kamar mandi dahulukan dengan kaki kiri terlebih dahulu
  4. Saat sedang di kamar mandi atau WC, dianajurkan memakai alas kaki atau sandal
  5. Dianjurkan pula memakai penutup kepala saat didalam kamar mandi yaitu topi dan sejenisnya
  6. Dilarang bernyanyi dan berbicara keras ketika didalam kamar mandi
  7. Dilarang membawa ayat-ayat Al Qur’an atau mebaca ayat-ayat Al Qur’an saat di kamar mandi
  8. Diusahakan tidak menghadap atau membelakangi arah kiblat, sebagaimana Rasululloh SAW telah bersabda, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap arah kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya dengan posisi menyamping dari arah kiblat”. (Hadist Riwayat. Al-Bukhari). jika dengan arah menyamping tidak bisa, maka arahkanlah kearah selain arah kiblat.
  9. Dilarang menjawab salam dan juga mengucapkan salam dari kamar mandi.
  10. Menutup pintu kamar mandi agar tidak terlihat oleh orang lain dari luar.dan dianjurkan memakai kain basahan untuk mandi.
  11. Setelah selesai mandi atupun buang air kecil maupun besar, perhatikan kembali sampai benar-benar tidak ada lagi najis atau kotoran yang tersisa ditubuh.
  12. Saat ingin melangkah keluar dari kamar mandi, mendahulukan kaki yang kanan dahulu dibarengi dengan membaca doa keluar dari kamar mandi atau WC seperti bacaan yang telah dituliskan diatas.

Itulah sahabat serangkain tentang doa dan adab-adab didalam kamar mandi, saat masuk dan keluar dari kamar mandi, begitu indah ajaran islam sampai mendetail sekali kita diajarkan tentang segala sesuatu halnya, semoga apa yang telah kita bahas bersama kita diberikan pertolongan untuk dapat menjalankan sesuai dengan apa yang telah dicontohkan oleh panutan kita yaitu Nabi Muhammad SAW. aamiin

Demikian yang bisa penulis sampaikan atas segala kekurangan dan kekhilafan, mohon maaf, Wallohu A’lam

Terima kasih, wassalam