Doa Memakai Pakaian

3 min read

Doa memakai pakaian dan doa memakai pakaian baru, bacaan Arab, Latin dan berikut artinya dan manfaat berpakaian.

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang guna melindungi manusia dari kepanasan, kedinginan dan juga berguna sebagai penutup aurat yang sangat disarankan dalam agama.

Dalam ajaran agama Islam memakai pakaian dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu, guna memohon kebaikan dan berlindung dari keburukan saat sedang menggunakan pakaian.

Berikut akan kami tuliskan doa ketika hendak memakai pakaian dalam tulisan Arab, Latin dan beserta artinya.

Baca Juga: 7 Amalan Penarik Rezeki

Doa Memakai Pakaian

Bacaan Doa Memakai Pakaian
Gambar Bacaan Doa Memakai Pakaian

Doa ini adalah doa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasaalam, berikut bacaannya.

Bacaan Doa Memakai Pakaian Arab

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bacaan Doa Memakai Pakaian Latin

“Bismillaahi, Allahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.”

Artinya

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.“ (Hadist Riwayat, Abu Dawud, Ahmad, Hakim dan Tirmidzi).

Makna Doa Memakai Pakaian

Berikut ini adalah makna isi doa yang terkandung yang sesuai atas sunnah Rasulullah SAW.

A. Sebagai Wujud Syukur Kepada Allah SWT

Dalam doa ini, kita telah diajarkan untuk selalu bersyukur kepada Allah. Sebab, Allah Swt lah yang telah memberikan kita pakaian, menciptakan pakaian, dan juga yang telah menciptakan kesadaran kepada kita semua untuk berpakaian.

Dengan mengetahui isi doa memakai pakaian ini, kita kembali telah disadarkan bahwa pakaian adalah merupakan kenikmatan yang juga kelak akan kita pertanggung jawabankan di hadapan Allah swt atas apa-apa yang telah kita pakai.

Karena pakaian dapat membawa kita pada kebaikan, dan sebaliknya bisa membawa keperbuatan keburukan artinya dengan berpakaian bisa mendapatkan pahala, dan juga bisa menimbulkan dosa jika salah dalam berpakaian.

B. Memohon Perlindungan Atas Keburukan Yang ada Pada Pakaian

Selain memohon kebaikan apa yang terdapat pada pakaian, kita juga harus memohon perlindungan dari kerburukan yang ada dari pakaian.

Sesuai dengan kalimat doa yang berbunyi:

وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

“Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu”

Artinya : “Dan, aku berlindung dengan-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang dibuat untuknya”.

Jadi jelas di dalam kita berpakaian ada saja keburukan jika kita tidak teliti dan mengerti adab dalam perpakian yang telah disyariatkan dalam ajaran islam.

Baca juga : Doa Terbebas Hutang

Doa Memakai Pakaian Baru

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru
Gambar Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru

Pada umumnya setiap manusia pasti suka dengan pakaian baru karena dengan pakain baru mungkin kita lebih percaya diri dan lain sebagainya.

Bahkan tidak sedikit manusia berlomba-lomba membeli pakaian dan mengoleksi baju serta berganti baju baru demi sebuah trend.

Namum tidak ada yang salah dengan kita membeli baju baru ataupun mengenkannya baju baru karena hal tersebut termasuk bukan hal buruk bahkan dianjurkan.

Karena dengan memakai baju yang dapat memberi rasa semangat dan menambah kepercayaan diri bahkan dengan memakai baju baru dapat membuat orang senang untuk melihatnya.

Hal ini juga sesuai dengan Hadist Nabi SAW, pada suatu ketika ia berpesan kepada Sahabat Umar Ra, dan berkata

الْبَسْ جَدِيدًا، وَعِشْ حَمِيدًا، وَمُتْ شَهِيدًا

Artinya : “Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan terpuji, dan matilah dalam keadaan syahid.” (Hadist riwayat. Ahmad dan Ibnu Majah).

Namun juga kita perlu untuk waspada dalam memakai baju baru karena terdapat pula sisi buruk yang akan ditimbulkan jika kita memandangnya dengan bertauhid kepada Allah, bahwa semuanya ini adalah pemeberian dari Allah.

Dengan ini kita dianjurkan berdoa ketika hendak mengenakan pakaian yang baru, dengan bacaan doa sebagai berikut :

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Latin

“Alhamdu Lillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqoniihi Min Ghoiri Hawlim Minni Wa Laa Quwwatin.”

Artinya

“Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (Hadist riwayat seluruh penyusun kitab Sunan, kecuali Nasa’i).

Makna Doa Memakai Pakaian Baru

Berikut adalah kandungan makna doa memakai pakaian baru sesuai sunnah Rasulullah SAW.

A. Sebagai Wujud Rasa Syukur Kepada Allah

Pada awal doa ini, pada bacaan “Alhamdulillah” aratinya kita telah menyampaikan rasa syukur kita kepada Allah Swt yang artinya
“ Segala puji adalah kepunyaan Allah.”

B. Diberikan Karunia Berupa Rezeki Pakaian

Makna pada bacaan

الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ

“…Al-ladzi kasaanii hadza warazaqaniihi…”

Artinya : “Dzat yang telah memberi pakaian ini kepadaku”.

Mutlak rezeki ini adalah pemberian dari Allah yang tanpa adanya campur tanganmanusia.

C. Menimbulkan Rasa Kesadaran Untuk Menutup Aurat

Jelas Allah lah yang telah memberikan keasadaran pada kita untuk menutup aurat, karena tanpa kehendak -Nya kita tidak bisa berbuat sesuatu apaun, Karena Allah pula lah yany yang telah memberikan kita pakaian, kesadaran, keinginan, dan kemampuan untuk menutupi aurat kita.

Baca juga : Doa Minta Jodoh

Manfaat Pakaian

Seperti apa yang telah diterangkan di dalam Al Quran surah Al A’raaf ayat 26, bahwa adat tiga manfaat pakaian, yakni sebagai penutup aurat, sebagai perhiasan, dan takwa.

Berikut adalah penjelasan manfaat pakaian :

A. Sebagai Penutup Aurat

Manfaat pakaian berguna untuk menutupi aurat, Kerna Aurat merupakan bagian tubuh yang tidak diperbolehkan untuk diperlihatkan dalam syariat agama.

B. Sebagai Perhiasan

Manfaat pakaian bukan saja sebagi penutup aurat namum berarti juga sebagai perhiasan, dengan berpakaian kita nampak indah dan pantas dipandang

Karena keindahan bisa menyejukkan mata, mencerahkan pikiran meringankan hati serta menyemangati diri.

C. Sebagai Salah Satu Bentuk Taqwa

Dengan berpakaian yang menutupi auratnya berati ia telah telah menjalankan perintah Allah SWT, agar terjaga tubuhnya dari pandangan yang dapat menimbulkan dosa.

Sebagai contoh bila seorang santri berpakain mengenakan peci dan seorang santri wanita mengeankan jilbab maka dengan lantaran memakai pakaian tersebut dapat terhindar untuk melakukan hal-hal yang tidak pantasa bagi seorang santri.

Nah itulah manfaat dari berpakaian yang baik yang sesuai dengan ajuran agama.

Semoga Allah menolong kita semua agar dapat terhindar dari keburukan memakai pakian, dan semoga Allah memberikan kebaikan dari pakaian yang kita pakai, aamiin.

Demikianlah pembahasan mengenai doa berpakaian, semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih, Wassalam.

Baca Juga Doa lainnya:

Arti Ahlan Wa Sahlan

Santri Angga
1 min read

Arti Allahu Yahdik

Santri Angga
1 min read

Ma Fi Qalbi Ghairullah

Santri Angga
1 min read