Doa Meminta Hujan

Posted on

Doa Meminta Hujan – Hujan adalah rahmat untuk manusia dan mahkluk hidup yang ada di bumi. Namun bagaimana jika hujan itu tak kunjung datang ? Nah pada kesempatan kali ini waheedbaly.com akan menjabarkan tentang doa meminta hujan menurut ajaran agama islam, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini

Hujan adalah salah satu perkara penting bagi kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi. Hujan merupakan sebuah prasyarat untuk kelanjutan aktivitas di suatu tempat, bukan hanya manusia, tetapi hampir semua makhluk yang ada di bumi.

Hujan mempunyai peran yang amat penting bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia da hal itu disebutkan pada beberapa ayat di dalam al-Qur’an mengenai informasi pentingnya hujan, kadar dan juga pengaruh-pengaruhnya.

Hujan Menurut Al-Qur’an

Di dalam al-Quran Surat Az-Zukhruf, Alloh SWT memberikan informasi bahwasanya hujan dinyatakan sebagai air yang diturunkan di dalam “ukuran tertentu”.

QS Az Zukhruf ayat 11

Artinya :
“Dan yang menurunkan air dari langit dengan kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).”
(QS: Az-Zukhruf ayat 11)

Alloh SWT sudah menurunkan hujan sebagai Rohmat ketika dibutuhkan oleh seluruh makhluk. dan Alloh juga menurunkan hujan supaya banyak orang mendapatkan kegembiraan setelah bertahun-tahun putus asa menunggu.

Maka, Al-Quran menyebut hujan adalah Rohmat dan berkah, bukan musibah.

QS Asy Syuura ayat 28

Artinya :
“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan Rohmat Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.”
(QS Asy Syuura ayat 28).

Dengan mengirim hujanlah, Alloh SWT menyuburkan tanaman yang menjadi kebutuhan manusia dan semua mahkluk yang hidup yang ada di bumi, menumbukan pepohonan serta buah-buahan dan juga biji tanaman.

QS Qaaf ayat 9

Artinya :
“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan kemudian Kami tumbuhkan dengan air itu pohon pohon dan biji biji tanaman yang diketam.”
(QS Qaaf ayat 9).

Yang dimaksud kata keberkahan di sini yaitu turunnya hujan, lebih banyak melahirkan kebaikan (manfaat), dibanding mudharatnya (keburukan).

Keberkahan dan manfaat hujan yaitu untuk manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang sangat memerlukannya untuk keberlangsungan hidup, sebagaimana Alloh SWT SWT berfirman:

QS Al Anbiya ayat 30

Artinya :
“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.”
(QS Al Anbiya ayat 30).

Doa Meminta Hujan

Pembacaan doa meminta hujan atau doa istisqa dianjurkan untuk dibaca sebanyak mungkin ketika musim paceklik.

doa meminta hujan
doa meminta hujan

Namun ada baiknya doa istisqa diawali dengan doa kurab, yaitu doa Rosulullah SAW ketika menghadapi kesusahan secara umumnya misalnya untuk memulai doa doa seperti :

Sesuai dengan riwayat Bukhari dan Muslim sepert dibawah ini.

Lā ilāha illallāhul ‘azhīmul halīmu, lā ilāha illallāhu rabbul ‘arsyil ‘azhīmi, lā ilāha illallāhu rabus samāwāti wa rabbul ardhi wa rabbul ‘arsyil karīmi.

Artinya :
“Tiada Tuhan selain Alloh yang agung dan santun.
Tiada Tuhan selain Alloh, Tuhan Arasy yang megah.
Tiada Tuhan selain Alloh, Tuhan langit, bumi, dan Arasy yang mulia.”

Doa yang dianjurkan ketika kemarau panjang yaitu lafal permohonan turun air hujan sebagai di bawah ini

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

Yā hayyu, ya qayyūmu, bi rohmatika astaghītsu.

Artinya :
“Wahai Dzat yang Maha hidup dan Maha tegak
dengan RohmatMu aku memohon pertolongan”

Syekh Sa‘id bin Muhammad Ba‘asyin menganjurkan untuk masyarakat supaya memperbanyak doa sebagaimana yang tercantum di dalam Surat Al-Baqarah ayat 201.

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
“Ya Alloh, Tuhan kami.
Berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat.
Selamatkanlah kami dari siksa neraka.”

Sementara di bawah ini merupakan doa sholat istisqa yang diriwayatkan sejumlah perawi seperti :

  • Imam As-Syafi’i
  • Abu Dawud
  • dan perawi lainnya.

Doa istisqa

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًا مَرِيئًا هَنِيئًا مَرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا عَامَّا طَبَقًا سَحًّا دَائِمًا

Artinya :
“Ya Alloh, turunkan kepada kami air hujan yang menolong, mudah, menyuburkan, yang lebat, banyak, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi.”

اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَانِطِينَ

Artinya :
“Ya Alloh, turunkan kepada kami air hujan. Jangan jadikan kami termasuk orang yang berputus harapan .”

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ

Artinya :
“Ya Alloh, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik, dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu .”

اللَّهُمَّ أَنْبِتْ لَنَا الزَّرْعَ وَأَدِرَّ لَنَا الضَّرْعَ وَاسْقِنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْسَمَاءِ وَأَنْبِتْ لَنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْأَرْضِ

Artinya :
“Ya Alloh, tumbuhkan tanaman kami, deraskan air susu ternak kami, turunkan pada kami air hujan karena berkah langit Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi Mu.”

اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْجَهْدَ وَالْجُوعَ وَالْعُرْيَ وَاكْشِفْ عَنَّا الْبَلَاءَ مَا لَا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

Artinya :
“Ya Alloh, angkat dari bahu kami kesusahan paceklik, kelaparan, ketandusan. Hilangkan dari kami bencana yang hanya dapat diatasi olehMu.”

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا فَأَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا

Artinya :
“Ya Alloh, sungguh kami memohon ampun kepadaMu, karena Kau adalah maha pengampun. Maka turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu.”

Demikianlah doa meminta huja yang bisa kami sajika, Semoga bermafaat dan semoga kita semua terhindar dari hujan yang membawa bencana alam aamiin

Doa Meminta Hujan
5 (100%) 2 votes