Doa Menghilangkan Rasa Malas

1 min read

Doa Menghilangkan Rasa Malas dan makna doa akan dibahas disini dan bacaan doanya kami tulis dengan bacaan Arab, latin dan artinya.

Assalamu’alaikum.
Seringkali kita merasakan rasa malas yang menjadi penghambat lancarnya aktivitas kita. Memang hal ini sangat merugikan sekali, dimana pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan tetapi rasa itu terkadang datang dengan tiba-tiba.

Rasa malas ini sebelumnya memang sudah mewanti-wanti oleh Rasulullah Saw kepada umatnya, karena rasa ini bisa saja datang secara tiba-tiab sehingga dapat menimbulkan kelalaian.

Untuk menghadapi hal yang demikian ini Rasulullah mengajarkan suatu doa kepada kita semua, agar dapat terhidar dari rasa malas yang datang yang dapat mengganggu aktifitas dan yang paling utama ibadah kita.

Berikut di bawah ini akan dituliskan bacaan doa untuk mengusir rasa malas.

Baca juga: Doa Sebelum Bekerja

Doa Menghilangkan Rasa Malas

Bacaan Arab

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Bacaan Latin

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Arinya

”Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (Hadis riwayat Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Nah itulah bacaan doa untuk mengusir rasa malas, semoga kita dapat menghafalnya untuk dijadikan amalan guna membentengi diri dari dari rasa malas.

Baca juga: Doa Terbebas Hutang

Makna Menghilangkan Rasa Malas

Berikut ini adalah beberapa makna yang terkandung dari doa di atas, dengan makna ini semoga kita dapat lebih memahami maksud dari doa tersebut. Diantaranya adalah:

  1. Agar diberikan kekuatan untuk melawan rasa malas
  2. Pengakuan diri kepada Allah bahwa kita adalah hamba yang lemah.
  3. Memohon kepada Allah agar terhindar dari sifat kikir.
  4. Meminta perlindungan dari hal yang buruk dan rasa takut.
  5. Memohon kepada Allah agar di jauhi dari siksa kubur.
  6. Memohon kepada Allah agar terhindar dari bencana.
  7. Meminta atau memohon kepada Allah dari kehidupan yang buruk dan kematian yang buruk.

Nah itulah beberapa makna doa yang dapat kita ketahui semoga bisa memberikan penjelasan dari doa penghilang rasa malas. Dan semoga kita semua diberi perlindungan oleh Allah Swt dari rasa malas dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai doa penghilang atau doa untuk mengusir rasa malas semoga bisa bermanfaat.

Terima kasih, wassalam

Baca juga doa lainnya:

Doa Ketika Marah

Santri Angga
2 min read

Paket Internet Murah

Santri Angga
1 min read