Doa Minta Jodoh

3 min read

doa minta jodoh

Doa minta jodoh baik bagi laki-laki dan bagi perempuan, dan doa minta jodoh lainnya yang terdapat di dalam Al-Quran dengan bacaan Arab, latin dan artinya

Dalam urusan jodoh sebenarnya sudah menjadi rahasia Allah dan sudah ditetapkan sejak zaman sebelum manusia diciptakan dan diturunkan dimuka bumi, namum di sisi lain Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa dalam memohon atau meminta segala sesuatunya.

Semua manusia sudah ditetapkan segala sesuatunya, namun ketetapan Allah tersebut dapat diubah dengan cara berdoa memohon kepada-Nya, karena doa lah yang mampu mengubah takdir seseorang, dan tentunya dengan izin dan atas kehedak Allah.

Kumpulan Doa Minta jodoh Yang Ada Dalam Al-Quran

Kumpulan Doa Minta Jodoh
Kumpulan Doa Minta Jodoh

Berikut ini adalah beberapa bacaan doa yang terdapat di dalam Al-quran dalam hal meminta jodoh, di tulis dalam bacaan Arab, latin dan artinya.

1. Surat al-Qashash ayat 24

Bacaan Arab

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْرٌ

Bacaan latin

Robbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun

Artinya; “Yaa Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

2. Surat Al-Furqan ayat 74

Bacaan Arab

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Bacaan Latin

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: Wahai Tuhan kami,  anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.

3. Surat al-Anbiya ayat 89

Bacaan Arab

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ  

Bacaan latin

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.”

Inilah doa-doa dalam Al-Quran yang biasa di baca bagi seseorang yang menginginkan dan memohon jodoh yang baik yang sesuai dengan pilihan Allah.

Doa Minta Jodoh Bagi laki-laki

Berikut ini adalah bacaan doa minta jodoh bagi laki-laki, agar diberikan jodoh seorang wanita yang sholehah yang menjadi impian bagi semua lelaki.

Bacaan Doa Minta Jodoh Bagi Laki-Laki Arab

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Bacaan Doa Minta Jodoh Bagi Laki-Laki Latin

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa walaakhiroh”.

Artinya

“Yaa Alloh, Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dan sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Doa Minta Jodoh Bagi Wanita

Berikut ini adalah bacaan doa minta jodoh bagi perempuan, agar diberikan jodoh atau pasangan hidup yang bisa menjadi imam, baik di dunia maupun akhirat.

Bacaan Doa Minta Jodoh Bagi Wanita Arab

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Bacaan Doa Minta Jodoh Bagi Wanita Latin

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh”.

Artinya

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, dan suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Itulah beberapa kumpulan doa dalam hal memohon jodoh, dengan doa-doa tersebut semoga Allah berkenan memberikan jodoh yang baik menurut pilihan Allah.

Amalan Agar Cepat Mendapatkan Jodoh

Selain berdoa ada beberapa amalan yang baik bila dikerjakan untuk mengawali sebelum membaca doa minta jodoh, berikut beberapa amalannya akan kami tuliskan dibawah ini:

A. Melaksanakan Tholat Tahjud ,

  • Sholat tahajud merupakan amalan yang sangat disenangi oleh Allah, dengan amalan ini maka membuat kita merasa dekat dengan Allah, dan semoga Allah akan mendengar semua doa dan permohonan kita dan mengabulkannya.

Baca Juga Panduan Lengkap Tentang Sholat Tahajud

B. Melaksanakan Sholat Hajat

  • Shalat Hajat merupakan amalan yang baik untuk dikerjakan bagi seseorang yang mempunyai hajat dan keinginan yang tujuannya memohon pertolongan Allah dalam suatu urusan.
  • Dengan sering melaksanakan sholat hajat insyaAllah semua hajat akan dikabulkan oleh Allah yang Maha pemeberi dan Maha mengabulkan.

Baca Juga Panduan Lengkap Cara sholat dan Doa Sholat Hajat

C. Memperbaiki sholat 5 waktu

  • Sholat 5 waktu merupakan kewajiban bagi semua umat islam, dan menjadi pertanda seorang hamba yang taat kepada perintah Allah, dengan kita taat kepada Allah semoga Allah akan memperbaiki hidup kita, memudahkan segala urusan dan mengabulkan segala hajat kita.

Baca juga Bacaan Doa Setelah Sholat 5 waktu

D. Melaksanakan Puasa Sunnah

  • Puasa sunnah adalah amalan yang baik dikerjakan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, dan juga merupakan suatu latihan untuk memperbaiki diri dari sifat-sifat sombong, sering marah dan lain sebagainya, dengan sering melaksanakan amalan puasa sunnah insyaAllah, agar dimudahkan segala urusan dan dikabulkan segala hajatnya.

Baca Juag Panduan Lengkap dan Bacaan Niat Puasa Senin Kamis.

E. Berserah Diri dan Tawakal

  • Berserah diri dan tawakal adalah kunci bagi seorang hamba dalam pengharapan, karena dengan berserah diri kita sadar bahwa manusia tidak mempunyai kemampuan dan tidak mempunyai kekuatan apa-apa dalam menetukan segala sesuatunya, dan Allah lah yang Maha berkehdak dalam segala sesuatunya.
  • Hal yang demikianlah yang membuat pertolongan Allah datang karena Allah tau bahwa hambanya hanya mengharap pertolongan kepada-Ku dan bukan selain Aku.

Nah inilah beberapa amalan yang baik dalam memperoleh pertolongan Allah, tentu dalam hal ini memohon pertolongan meminta jodoh, semoga dengan mengamalkan beberapa amalan di atas jodoh akan cepat datang, aamiin.

Tips Berdoa Dalam Meminta Jodoh

Doa adalah merupakan senjata bagi hamba Allah yang beriman, dan doa juga merupakan suatu amalan yang dapat merubah ketetapan Allah, berdoa merupakan sebuah perintah yang diberikan kepada hamba-Nya untuk memohon suatu hajat atau keinginan.

Berikut ini beberapa tips dalam memohon hajat dan keinginan diantaranya sebagai berikut:

  1. Berdoa dengan terus menerus walaupun hajat belum kunjung dikabulkan.
  2. Istiqomah dalam berdoa
  3. Merendahkan diri dan mengakaui kelemahan dan kekurang serta ketidakberdayaan kita di hadapan Allah.
  4. Banyak Memuji akan kebesaran Allah.
  5. Yakin bahwa doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah.

Nah itulah beberapa tips dalam memohon sebuah hajat kepada Allah. Semoga semua hajat dan cita-cita yang baik akan selalu dikabulkan oleh Allah SWT, aamiin.

Demikianlah pembahasan mengenai doa minta jodoh, semoga bisa bermanfaat. Wallohu’alam.

Artikel terkait

Sumber : https://rumusrumus.com