Doa Minum Air Zam Zam

2 min read

DOA-MINUM-AIR-ZAM-ZAM

Assalamu’laikum

Doa minum air Zam Zam dan adab, khasiat air zam zam lengkap dibahas disini dengan tulisan arab, latin disertai artinya

Alhamdulillah atas izin Alloh swt kita masih bertemu lagi, kali ini kita akan membahas tetang doa ketika ingin meminum air zam zam serta beberapa keutamaan air zam zam dan juga sejarah tentang air Zam Zam, baiklah mari simak tulisan dibawah ini.

Perlu kita ketahui kata Zam Zam memliki arti, yang banyak atau melimpah. Air Zam-Zam berasal dari sebuah sumur yang letaknya 38 hasta dari Ka’bah.

Sebelum kita masuk dengan bacaan doa meminum air Zam Zam ada baik nya kita ketahui lebih dahulu sejarah asal muasal air Zam Zam.

Sejarah Air Zam Zam

Berikut sejarah singkat tentang air Zam Zam,

Sejarah air zam zam tidak lepas dari perjungan seorang ibu yakni Siti Hajar yang tak lain adalah istri dari Nabi Ibrahim AS dan ibu dari Nabi Ismail AS. Di suatu Ketika ibu Siti Hajar dan anaknya Nabi Ismail ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim AS untuk menjalankan perintah Alloh.

Di waktu ibu Siti Hajar dan Nabi Ismail puteranya kehabisan air, Ibu Siti Hajar lalu pergi ke bukit Shafa dan bukit Marwah untuk mencari air dan berharap bisa mendapatkan air disana. ibu Siti Hajar lalu berlari-lari kecil bolak balik antara bukit Shafa dan bukit Marwah sebanyak 7 kali.

Tetapi ibu siti Hajar tidak juga menemukan setetes airpun. Ibu Siti Hajar seketika mendengar suara, kemudian Ibu Siti Hajar berkata “Aku mendengar suara Mu, maka tolonglah aku jika Engkau memiki kebaikan”. Allah SWT pun lalu memerintahkan Malaikat Jibril, kemudian Malaikat Jibril menampakkan dirinya.

Setelah Malaikat Jibril menghentakkan kakinya di tanah, lalu muncullah sebuah air dari bumi. Ibu Siti Hajar pun merasa sangat senang, kemudian Ibu Siti Hajar mempunyai berinisiatif, agar air yang mengalir itu tidak hilang, maka Ibu Siti Hajar menampung air itu dengan menggali tanah sepereti sumur di sekitar keluarnya air .

Setelah mata air itu banyak diketahui orang pada saat itulah banyak orang yang ingin tinggal disana. Dan sekarang mata air ini dikenal sebagai sumur Zam Zam, yang saat saudara atau sahabat kita pergi haji dan umroh salalu kita tunggu oleh-olehnya yaitu air Zam Zam yang banyak manfaat dan khasiatnya. inilah sedikit sejarah singkat dari sumur Zam Zam.

Baca Juga ; Doa Turun Hujan

Doa Minum Air Zam Zam

Dalam hal meminum air Zam Zam ini Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم

Yang artinya : Aku pernah memberikan minum air zam-zam pada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau meminumnya sambil berdiri. ini hadist tentang cara meminum air Zam Zam,

Berikut adalah doa ketika hendak minum air Zam Zam


Bacaan Doa Minum Air ZamZam Arab

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ


Bacaan Doa Minum Air ZamZam Latin

Allohumma Innii As-Aluka Ilman Naafi’aa, Wa Rizqan Waasi’aa, Wa Syifaa-an Min Kulli Daa

Artinya ;

Ya Alloh hamba memohon kepada Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.

Itulah doa minum air Zam Zam semoga kita bisa menghafalkan dan mengamalkannya, selain berdoa saat minum air Zam Zam ada beberpa adab-adab yang telah dicontoh oleh Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi Wa Sallam ketika ingin minum air Zam Zam.

Adab dan Cara Minum Air Zam Zam

Berikut adalah adab dan cara Minum Air Zam Zam :

  1. Diawali membaca bacaan basmallah dan menghadap kiblat
  2. Membaca doa sebagaimana telah dituliskan diatas sebagai doanya
  3. Meminum dengan cara bediri sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Shollallahu ‘alaihi Wa Sallam dengan tiga kali tegukan
  4. Minum dengan menggunakan tangan kanan, dan diperbanyak minum sangat disarankan
  5. Setelah minum jagan lupa membaca Alhamdulillah

Inilah sebgaian dari adab dan cara meminum air Zam Zam yang penuh dengan keberkahan.

Air Zam Zam mempunyai segudang manfaat dan khasiat bagi manusia, karena air Zam Zam merupakan air yang paling mulia dimuka bumi.

Khasiat Air zam zam juga telah dibuktikan oleh para ilmuwan dunia. diantaranya penelitian yang dilakukan oleh Dr Hamdi Saif dari Alexandria University, ia mengambil kesimpulan lewat sebuah penelitiannya, bahwa air Zam Zam merupakan air terbaik yang ada di permukaan bumi. karena air Zam Zam mempunyai keseimbangan elektrolit yang berkhasiat untuk kesehatan.

Baca Juga ; Doa Bepergian

Khasiat dan Manfaat

Berikut adalah khasiat dan manfaat air Zam Zam

  1. Berguna sebagai obat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit sebagai yang telah disabdakan oleh Nabi Shollallahu ‘alaihi Wa Sallam ” Air Zam Zam adalah makanan untuk orang yang membutuhkan dan obat bagi orang sakit”
  2. Sebagai Nutrisi tambahan untuk daya tahan tubuh bagi Ibu hamil
  3. Sebagai nutrisi yang baik untuk janin
  4. Baik bagi kesehatan tulang dan gigi, karena air Zam Zam banyak mengandung kalsium.
  5. Untuk memperlancar jalannya peredaran darah dalam tubuh
  6. Sebagai wasilah atau perantara terkabulnya doa, karena air Zam Zam penuh dengan keberkahan

Inilah sebagain dari khasiat dan manfaat air Zam Zam. demikian dulu sobat pembahasn mengenai, doa, adab, cara serta khasiat air Zam Zam, semoga Alloh swt menakdirkan kita untuk bisa langsung minum air Zam Zam langsung di tanah Harom. wallohu a’lam

Mohon maaaf jika ada kekeliruan dalam penulisan artikel ini, kesempurnaan hanya milik ALLOH swt.

Terima kasih, Wasslam

Doa Untuk Pengantin

Santri Angga
2 min read

Sholat Jenazah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Sujud Sahwi

Santri Angga
2 min read