Doa Mohon Meninggal Khusnul Khotimah

5 min read

Doa Mohon Meninggal Khusnul Khotimah– Semua yang bernyawa pasti akan mati. Sudah menjadi ketetapan bag makhluk hidup. Mungkin cara, waktu dan tempatnya saja yang berbeda. Sebagai makhluk hidup yang mempercayai hari akhir kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan setelah didunia ini. Salah satu keinginan setiap umat ialah Meninggal Husnul Khotimah. Meninggal Husnul Khotimah ini ada doa yang dapat dipanjatkan yang akan kita bahas oleh waheedbaly.com pada artikel berikut ini.

Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah

Adapun pembahasan mengenai doa memohon meninggal khusnul khotimah adalah sebagai berikut.

Meninggal Husnul Khotimah

Hati manusia tidak beda dengan angin yang selalu berpindah serta berubah-ubah. Begitu juga dengan iman, terkadang rasa keimanan di hati kita dapat naik dan dapat juga rendah.

Dan seorang muslim pasti sangat menginginkannya untuk meninggalkan dunia ini dalam keadaan yang baik, beriman serta melafadzkan nama Allah di akhir nafasnya. Karena semua yang berharap masih dapat untuk mengucapakan syahadat disaat nyawa serta dicabut oleh malaikat Izrail.

Harapan kita adalah supaya selalu hidup dalam keadaan yang beriman kepada Allah sehingga tutup usia kita nanti. Sehingga kita termasuk meninggal husnul khatimah.

Kata Husnul berasal dari kata “hasan” yang artinya “baik”. Khotimah berarti “Akhir” kemudian diartikan dengan akhir hidupnya yaitu meninggal. Jadi, makna kalimat “husnul khatimah” merupakan “meninggal di saat (dalam keadaan) yang terbaik”.

Jadi meninggal dengan keadaan khusul khotimah adalah meninggal dalam keadaan baik. Baik disini dalam keadaan islam serta dekat dengan Allah.

Bagi umat muslim meninggal keadaan husnul khatimah adalah suatu pilihan. Ketika seorang muslim yang akan meninggal bukan dalam keadaan husnul khatimah hal itu karena ia telah memilihnya.

Sesuai dengan ungkapan Imam Suyuthi dalam Syarh As Shudur bahwa penyebab dari seseorang khusnul khatimah (Meninggal dalam keadaan dihinakan), adalah sebagai berikut:

قال السيوطي: قال بعض العلماء الأسباب المقتضية لسوء الخاتمة والعياذ بالله أربعة: التهاون بالصلاة وشرب الخمروعقوق الوالدين وأذى المسلمين

Sebagian Ulama mengemukakan, sebab-sebab yang menjadikan khusnul khatimah adalah empat perkara:

  1. Menyepelekan sholat
  2. Minum khamr
  3. Durhaka kepada kedua orang tua
  4. Menyakiti saudara muslimin

Ingat harus berhati hati dalam penulisan antara “husnul khotimah” dengan “khusnul Khatimah”. Walau hampir sama pengucapan, namun dua kata ini mempunyai arti yang sangat sangat berbeda.

“Husnul khotimah” artinya meninggal dalam keadaan baik sedangkan “khusnul khotimah” artinya meninggal dalam keadaan dihinakan.

Untuk itu, amalkan doa husnul khotimah dengan meninggalkan dunia ini dengan kondisi baik.

Doa Agar Meninggal Husnul Khotimah

Mati merupakan hal yang pasti akan terjadi dalam semua kehidupan di dunia. Tidak ada makhluk yang akan hidup kekal selamanya di dunia yang telah Allah ciptakan ini.

Sebaik-baiknya kita dalam menjaga diri, sesehat-sehatnya kita akan merawat tubuh, akhirnya semua akan mati. Kematian benar takdir Allah dan pasti akan terjadi, setidaknya kita mempunyai kesempatan untuk meninggal dengan baik.

Salah satu ikhtiar yang dapat kita lakukan adalah dengan cara membaca doa meninggal dalam dalam keadaan husnul khotimah. Dengan membaca doa ini, kita bermunajat kepada Allah supaya diberikan jalan meninggalnya kita nanti dalam keadaan baik.

Berikut adalah kumpulan doa meninggal husnul khotimah yang bisa Anda baca sehari-hari.

Doa Husnul Khotimah

Doa meninggal husnul khotimah ini diamalkan oleh Nabi besar Muhammad SAW. Meskipun seorang nabi adalah orang yang telah dijamin masuk surga, manusia pilihan ini tidak pernah menyia-nyiakan waktu dalam hidupnya di dunia.

Beliau terus saja berdoa serta bermunajat kepada Allah agar umurnya berkah. Beliau selalu berusaha untuk memperbaiki diri dalam hari-harinya dan dapat memberikan tauladan kepada umatnya.

Bacaan Doa Husnul Khotimah

Doa Khusnul Khotimah
Doa Khusnul Khotimah

Bacaan Doa Husnul Khotimah Arab

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ

Bacaan Bacaan Doa Husnul Khotimah Latin

“Allahummaj’al Khoiro ‘Umrii Aakhirohu, Wa Khoiro ‘Amalii Khowaatimahu, Wa Khoiro Ayyaamii yauma Alqooka Fiihi.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baiknya amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baiknya hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu.”

Doa ini tidak hanya untuk memohon kematian yang baik saja, namun maknanya jauh lebih mendalam. Amal ibadah yang menjadi penentu baik serta buruknya hidup kita adalah dari amalan penutup. Yaitu amal, aktivitas, pekerjaan, kegiatan, kebiasaan yang kita lakukan semasa hidup.

Seberapa banyak amal baik yang kita lakukan di dalam hidup, namun apabila akhirnya kita mati dengan keadaan bermaksiat, maka yang tercatat merupakan keburukan.

Sebaliknya, meskipun kita hidup dengan bergelimang dosa serta kesalahan, pada  di akhir hayat kita mampu bertobat, maka InsyaAllah kebaikan akan menjadi penutup dari kehidupan.

Doa Agar Meninggal Husnul Khotimah

Amalkan doa agar meninggal husnul khotimah berikut ini setiap kali selesai melaksanakan sholat wajib. Jangan keburu beranjak dari tempat sholat kemudian sisihkan 5 sampai 10 menit untuk selalu bermunajat pada Allah.

Penting untuk diketahui, waktu yang mustajab untuk berdoa adalah ketika berdoa ketika selesai sholat wajib. Semua doa baik yang sobat panjatkan di waktu ini akan selalu didengar langsung oleh Allah.

Bacaan Doa Agar Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah

Bacaan Doa Agar Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah Arab

اَللهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِىْ وَخَيْرَ عَمَلِىْ خَوَاتِمَهُ وَخَيْرَ اَيَّامِىْ يَوْمَ لِقَآئِكَ

Bacaan Doa Agar Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah Latin

“Allaahummaj’al Khoiro Umrii wa Amalii Khowaa Timahu wa Khoiro Ayyaamii Yauma Liqooika”.

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku hingga ajal (menjemput) diriku, dan jadikanlah sebaik-baiknya perbuatanku hingga kesudahannya, dan sebaik-baiknya masaku hingga berjumpa dengan-Mu.”

Jangan sampai sobat melewatkan baca doa ini. Kita tidak tahu kapan kematian akan datang menjemput serta dalam kondisi seperti apa kita dijemput. Sampai saat itu tiba, kita harus selalu menjaga supaya iman tidak terlepas di dalam hati.

Apalagi melihat kondisi di sekitar kita yang semakin merajalela kerusakannya. Maksiat ada dimana-mana, godaan setan datang dari berbagai arah. Oleh karena itu, pastikan untuk sobat menjaga keimanan dengan doa meninggal husnul khotimah di atas.

Allah akan segera menjaga umat-Nya yang meminta serta memohon untuk ditetapkan dalam iman. Sobat akan terjaga dari bujuk serta rayu syetan sehingga tidak akan terlepas keimanan dan mati dalam keadaan husnul khotimah.

Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah

Bacaan Doa Mohon Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah Arab

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَة

Bacaan Doa Mohon Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah Latin

“Allahummakhtim Lanaa Bil Islaami Wakhtim Lanaa bil Iimaani Wakhtim Lanaa bi Husnil Khootimati.”

Artinya:

“Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah.”

Memeluk agama yang benar serta menyembah Tuhan yang semestinya. Keyakinan ini jangan terlepas hingga maut datang menjemput.

Sobat harus selalu berusaha supaya keimanan tetap terjaga dengan selalu meminta petunjuk serta berdoa kepada Allah. Beberapa ulama pernah mengatakan bahwa terlepasnya keimanan ibarat pada sehelai rambut yang ditarik dari dalam tepung.

Sangat lembut serta seringkali tidak disadari. Maka dari itu, selain membaca doa minta meninggal husnul khotimah, kita juga harus selalu berupaya untuk terus berbuat kebaikan dengan menjauhi larangannya.

Doa Agar Wafat Husnul Khotimah

Bacaan Doa Agar Wafat dalam Keadaan Husnul Khotimah Arab

فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Bacaan Doa Agar Wafat dalam Keadaan Husnul Khotimah Latin

“Fatirās-samāwāti wal-ard, anta waliyyi fid-dun-ya wal-akhirah, tawaffani muslimaw wa āl-hiqni bis-saalihiin.”

Artinya:

“Ya Allah, Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shaleh.” (QS. Yusuf ayat 101).

Namun, banyaknya dari cobaan tersebut tidak akan menjadikan iman Nabi Yusuf menjadi luntur. Semakin hari, keimanan dari nabi Yusuf semakin besar hingga Allah telah menganugerahkan beliau dengan suatu kemuliaan.

Kisah ini dapat kita jadikan inspirasi dalam menghadapi semua persoalan hidup. Seberat apapun cobaan serta musibah yang ada di depan kita, jadikan Allah sebagai tempat memohon pertolongan apapun itu.

Jangan sampai musibah yang akan menimpa kita membuat kita lupa serta semakin menjauh dari Allah. Jangan sampai kita meninggal dengan keadaan khusnul khatimah atau bahkan dengan keadaan kafir.

Seberat apapun cobaan yang akan datang menguji iman, kita akan dengan sekuat tenaga mampu memegang teguh keyakinan kepada Allah. Hingga malaikat Izrail datang menjemput, kita akan berusaha untuk hidup dalam agama Islam, berbuat berbagai kebaikan serta menjauhi kemaksiatan.

Maka dari itu, amalkan doa meninggal husnul khotimah dari Nabi Yusuf ini agar kiranya dapat diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Apapun yang akan terjadi di dunia, kita akan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Doa Mohon Wafat Husnul Khotimah

Bacaan Doa Mohon Wafat dalam Keadaan Husnul Khotimah Arab

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

Bacaan Doa Mohon Wafat dalam Keadaan Husnul Khotimah Latin

“Rabbana afrīg ‘alaina ṣabraw wa tawaffanā muslimin.”

Artinya:

“Ya Rabb Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu).” (QS. Al A’raf ayat 126).

Dengan mukjizat Allah, Nabi Musa telah mampu mengalahkan sihir dari tukang sihir yaitu Firaun. Seketika, para tukang sihir bersujud serta tunduk pada perintah Nabi Musa untuk tidak menyembah Firaun.

Surat Al A’raf ayat 126 tersebut merupakan doa dari tukang sihir Firaun yang telah insyaf. Mereka memohon ampunan kepada Allah SWT karena menyembah Firaun dan telah melakukan kelalaian.

Mereka meminta untuk diberikan kesabaran untuk dapat menahan ancaman hukuman yang akan diberikan oleh Firaun. Para tukang sihir yang telah bertaubat ini berserah diri kepada Allah SWT dan mengharapkan kematian dalam keadaan yang baik.

Oleh karena itu, jangan terlena dalam kemaksiatan sesaat karena kita tidak tahu kapan kematian akan menjemput. Jangan berpikiran bahwa kematian ini masih jauh karena umur kita yang masih muda.

Bisikan syetan ini selalu membuat kita terlena untuk dapat menjatuhkan orang muslim pada kubangan neraka abadi. Itulah mengapa Allah SWT meminta kita untuk selalu menjauhi larangannya. Jika maksiat saja telah wajib dijauhi, apalagi jika melakukannya pasti akan membuat kita lebih sengsara.

Pada akhirnya, seluruh manusia akan meninggalkan dunia ini dengan caranya sendiri. Ada yang akan meninggal dengan baik serta bersahaja, tetapi ada yang meninggal dengan buruk, mengenaskan serta menakutkan.

Semua itu merupakan pilihan dalam hidu. Apakah memilih akhir hidup yang baik atau yang buruk. Oleh karena itu, untuk membentengi diri serta meminta perlindungan Allah SWT, mari rutinkan membaca salah satu doa meninggal husnul khotimah di atas.

Demikianlah artikel dengan ulasan akan Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah. Semoga kita semua tergolong dalam golongan umat nabi serta meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Sekian pembahasan kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

Surat Al Kahfi

GuruCerdas Rada
24 min read

Aqidatul Awam

Arul
6 min read