Doa Nabi Adam

3 min read

Doa Nabi Adam – Berikut ini kami akan membantu menguraikan tentang doa Nabi Adam AS secara lengkap yang wajib kita ketahui.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala Puji Allah SWT semoga kita selalu diberikan hati untuk selalu mengingatNya dan tetap selalu mentauhidNya. Tak lupa shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah SAW beserta sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia serta cerah ini Waheedbaly akan membantu untuk ketahui perihal Doa Nabi Adam AS secara lengkap.

Baca juga : Arti Mimpi Mengaji

Doa Nabi Adam

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwasanya dahulu Nabi Adam as serta Siti Hawa bersama berada di syurga. Hingga sampai suatu waktu mereka membuat suatu perkara atau kesalahan yaitu memakan sebuah buah yang berada disyurga akibat bujuk rayu saitan.

Sedangkan Allah SWT pun melarang mereka untuk mendekati apa lagi sampai memakan buah tersebut. Sehingga Allah SWT pun menurunkan mereka untuk berada di dunia serta dipisah selama tiga ratus tahun.

Akibat dari berbuat kesalahan tersebut selama itulah Nabi Adam dan Siti Hawa memohon ampunan serta mengakui kesalahannya dan memanjatkan doa agar dapat diberi ampunan dari Allah SWT. Hingga sampailah Allah SWT jugalah yang mempertemukan Nabi Adam dan Siti Hawa saat berada Jabal Rahmah kota Mekah.

Karena berbuat zholim terhadap diri sendiri merupakan suatu perbuatan buruk baik untuk diri atau pun orang sekitar. Untuk itulah mari kita berusaha untuk menghindari perihal tersebut.

Mungkin sebagian dari kita terkadang khilaf hingga tanpa sadar telah melakukan kesalahan kepada diri atau pun orang sekitar. Untuk itu berusahalah terus memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari segala perbuatan setan.

Sebagaimana Nabi Adam memohon ampunan, begitu juga yang seharusnya kita lakukan setiap hari, setiap menit agar dilindungiNya dan memohon ampunanNya.

Lalu seperti apakah doa Nabi Adam tersebut ? Berikut akan kami uraikan beserta arab latin dan terjemahannya.

Baca Juga : Arti Mimpi Naik Tangga

Doa Nabi Adam Arab Latin Dan Terjemahan

Berikut ini beberapa doa-doa yang dipanjatkan Nabi Adam as. Sesaat diturunkan ke dunia akibat dari perbuatan kesalahannya. Lalu beliau berucap.

Doa Nabi Adam

Sebagaimana doa tersebut terdapat dalam Al-Quran surat Al-Araf ayat 23.

Doa Nabi Adam
Doa Nabi Adam

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Robbanaa Yaa Robbanaa zholamnaa anfusanaa wa illam tagfirlanaa watorhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin”

Artinya :

“Yaa Allah Yaa Tuhan kami, aku telah menzholimi diriku sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat ampunan kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi”

Doa Taubat Nabi Adam

Karena doa merupakan sebuah permohonan ampunan dan senjata bagi umat Muslimin bahwasanya yakin akan diampunkan sebagaimana janjiNya. Karena Allah SWT sangatlah menyukai hamba yang senang bertaubat dan menyesali ( beristigfar ) dengan segala perbuatannya.

Begitu pun Nabi Adam AS. Beliau pun tak luput memanjatkan doa ampunan serta bertaubat dan beristigfar kepada Allah SWT. Berikut doa taubat Nabi Adam.

Doa Istigfar Nabi Adam
Doa Istigfar Nabi Adam

“La ilaha illa anta subhanaka waa bihamdikaa robbii ‘amiltu suuan wa dzolamtu nafsii faghfirlii antaa khoirul ghofirin laa ilaha illa anta subhanaka wa bihamdika robbi ‘amiltu suuan waa dzolamtu nafsi farhamni innaka arhamurrohimin laa ilahaa illa anta subhanaka waa bihamdikaa robbi ‘amiltu suuan waa dzolamtu nafsii fatub ‘alayya innaka antat tawwabur rohim”

Artinya :

Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah melakukan dosa dan menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena Engkau sebaik-sebaik pemberi ampunan. Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah berdosa dan menzolimi diriku, maka ampunilah aku, sesungguhnya Engkau maha pengasih. Tiadalah Tuhan selain Dirimu, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah melakukan dosa dan menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku, sesungguhnya Engkau sebaik-baik penerima taubat dan Maha Penyayang.”

Doa Ketika Di Multazam

Ketika berada didunia beliau tak henti-hentinya selalu memanjatkan doa serta memohon ampunan. Begitu pun ketika beliau saat berada di Multazam ( dinding kabah antara Hajar Aswad dan Pintu Kabah ) dengan melakukan tawaf mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali serta menunaikan shalat sunah dua rakaat. Lalu beliau serasa berdoa memohon ampunan sebagaimana doa beliau berikut.

Doa Nabi Adam Ketika Di Multazam
Doa Nabi Adam Ketika Di Multazam

“Allohumma innaka ta‘lamu sirri wa ‘alaniyyati, faqbal ma‘dzirati. Wa ta‘lam ma fi nafsi faghfir li dzunubi. Wa ta‘lam hajati fa a‘thini suali. Allohumma inni as’aluka imanan yubasyir qalbi, wa yaqinan shodiqon hatta a‘lama annahu la yushibuni illa ma katabtu li, war ridho bima qodhoita ‘alayya”.

Artinya :

“Ya Allah, Bahwasannya Engkau mengetahui rahasia dan tindak-tandukku, terimalah permohonan ampunanku. Engkau mengetahui detak hatiku, ampunilah dosaku. Engkau mengetahui kebutuhanku, kabulkanlah permohonanku. Ya Allah, aku memohon pada-Mu diberikan keimanan yang meresap dalam hati, keyakinan yang teguh sehingga aku yakin bahwa tidak ada sesuatu pun menimpaku kecuali karena ketetapanMu, dan aku ridho terhadap ketentuan serta ketetapanMu bagiku”.

Baca Juga : Arti Mimpi Bersedekah

Waktu Mengerjakan Untuk Membaca Doa Nabi Adam

Jika kita hendak melakukan atau mengerjakan doa tersebut alangkah baiknya dilakukan saat waktu tertentu semisal ditengah malam. Untuk waktu yang lain juga disarankan bahkan sangat dianjurkan. Berikut waktu yang baik untuk mengerjakan membaca doa tersebut.

  • Saat melakukan sehabis shalat fardhu atau pun sunah baik dilafadzkan doa tersebut.
  • Saat hendak bertaubat lalu menunaikan shalat sunah taubat lafadzkan doa tersebut.
  • Jika mendapatkan kesempatan mengunjungi Makam Nabi Ibrahim. Lafadzkan doa tersebut lalu tunaikan shalat Sunah Tawaf.

Terdapat manfaat jika kita melakukan melafadzkan doa tersebut. Berikut beberapa manfaat jika melaksanakan doa tersebut.

Manfaat Doa Nabi Adam

  • Jika kita melakukan melafadzkan doa tersebut insya allah kita tersadarkan akan segala dosa yang telah diperbuat lalu bertaubat.
  • Lakukan bacalah doa tersebut jika ingin segala dosa diampunkan.
  • Insya allah akan terjaga dari segala bujuk rayu saitan.
  • Memperoleh kehidupan yang berkah, Baik itu dunia serta akhirat.
  • Lakukan secara rutin terus menerus sehingga Allah SWT pun mengabulkan.

Penutup

Subhanallah sungguh dahsyat doa Nabi Adam as tersebut. Untuk itu marilah kita bertaubat kepadaNya dan memohonlah segala ampunan serta yakinlah akan diampunkan. Jadikanlah doa sebagai senjata untuk kita.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih, Walaupun mungkin hanya sedikit semoga uraian diatas dapat memberikan manfaat untuk semua.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Waheedbaly.

Baca Juga Artikel Lain :

Lirik Lagu Tiket Suargo

wahed234
1 min read

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Lirik Alfa Sholallah

wahed234
1 min read