Doa Nabi Hud

2 min read

Ulasan Tentang Doa Nabi Hud As Beserta Kisah Singkatnya

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah Waheedbaly coba membantu menguraikan dengan singkat sedikit perihal tentang. Doa Nabi Hud As beserta kisah singkatnya yang seharusnya patut untuk diketahui sebagai berikut.

Doa Nabi Hud As
Doa Nabi Hud As

Baca Juga : Adab Memberi Salam

Kisah Singkat Nabi Hud As

Sedikit kisah singkat tentang Nabi Hud As bahwasannya beliau diperkirakan hidup sekitar 2320 – 2450 sebelum Masehi. Beliau sendiri merupakan seorang putra dari ayah yang bernama Abdullah Bin Ribah Bin Syam Bin Nuh. Serta merupakan salah satu keturunan dari kaum A’ad serta keturunan langsung Nabi Nuh As. yang mana terletak diantara Yaman dan Oman yaitu Hadramaut.

Diceritakan bahwa kaum A’ad merupakan kaum tertua setelah kaumnya Nabi Nuh As. kaum tersebut dikenal dengan pembuat serta pemuja berhala sehingga mereka tidaklah mengetahui siapa sesungguhnya tuhan mereka.

Kaum tersebut memiliki beberapa patung berhala yang sangat mereka puja-puja bahkan sampai mereka memberi nama untuk berhala tersebut. Salah satu nama patung- patung tersebut ialah Dewa Shamud, Dewa Shada dan Dewa Al-Haba yang mereka anggap sebagai tuhan.

Menurut kepercayaan mereka. Patung-patung tersebut dapat memberikan kesenangan, kebahagiaan, rejeki serta terhindar dari segala bencana.

Bermacam upaya yang Nabi Hud As lakukan agar dapat menuntut kaumnya menuju jalan kebenaran serta bertaubat. Akan tetapi banyak diantara kaumnya menolak bahkan menantang beliau sehingga menimbulkan dan turunlah azab Allah SWT untuk kaum A’ad.

Baca Juga : Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

Kesesatan Kaum A’ad

Nabi Hud As selalu berupaya berdakwah mengajak kaumnya agar dapat menyembah kepada Allah SWT menuju jalan kebenaran. Akan tetapi karena banyaknya masyarakat menolak beliau dan bahkan lebih sadis lagi mengira Nabi Hud As itu seorang yang gila dan pandai berbohong.

Upaya beliau selalu terjadi penolakan sehingga sampailah pada suatu waktu kaum A’ad menantang Nabi Hud As agar dapat menurunkan azab Allah SWT. Karena kesombongan dan ketakaburan akhirnya Allah SWT pun menurunkan azabnya untuk kaum Nabi Hud As tersebut.

Mukjizat Nabi Hud As

Selagi dalam berdakwah banyak kaumnya yang meninggalkan, hanya sedikit yang mengikuti. Nabi Hud As tak pernah berhenti memohon dan berdoa agar Allah SWT menunjukan kekuasaan serta kebesaranNya.

Pada akhirnya Allah SWT pun mendengar doa beliau tersebut lalu diberikan azab kepada kaum Hud dengan tidak menurunkan hujan dalam waktu yang lama. Bertujuan agar kaum tersebut mengetahui serta menyadari bahwa patung yang mereka sembah tidaklah dapat memberi pertolongan kepada mereka.

Baca Juga : Doa Nabi Isa

Azab Kaum A’ad

Peringatan Nabi Hud As kepada kaum A’ad tidak digubris serta tidak memperdulikan. Lalu mereka kaum A’ad Dikarenakan hujan tidaklah turun dalam waktu yang sangat lama sehingga kaum A’ad pun akhirnya membuat sebuah ritual memohon hujan kepada dewa-dewa yang mereka sembah tersebut. Serasa permohonan mereka dikabulkan lalu datanglah segerombolan awan hitam yang mereka sangka adalah sebuah awan yang akan menurunkan.

Namun, apa yang mereka sangka itu tidaklah benar melainkan awan tersebut dikirim oleh Allah SWT untuk mengazab kaum tersebut. Dan banyak diantara mereka berlarian menyelamatkan diri. Peristiwa datangnya awan hitam tersebut berlangsung selama delapan hari tujuh malam.

Selama itu pula banyak sekali kaum A’ad yang dahulunya memiliki tubuh besar dan tegap hancur dengan seketika dan menghancurkan pula patung-patung berhala mereka.

Sementara, Nabi Hud As beserta kaumnya yang beriman dan mengikuti beliau telah menyelamatkan diri serta berlindung disebuah goa yang kecil dan nyaman atas pertolongan Allah SWT.

Baca Juga : Adab Berpakaian

Doa Nabi Hud As

Berikut ini bacaan doa Nabi Hud As kepada kaum A’ad. Doa berikut beliau ucapkan takkala kaumnya menolak ajakan beliau untuk mengESAkan Allah SWT.

Bacaan Doa Nabi Hud As

Bacaan Doa Nabi Hud As
Bacaan Doa Nabi Hud As

Doa Nabi Hud As tesebut terdapatlah dalam Al-Quran surat Hud Ayat 56. Karena Nabi Hud As diutus oleh Allah SWT untuk kaum A’ad agar menyembahNya. Akan tetapi banyak kaum tersebut ingkar serta menolak ajakan beliau agar menuju jalan kebenaran.

Bersusah payah beliau mengajak kaum A’ad, tetap saja mereka menolak sehingga karena telah berbuat zholim akhir beliau mengucapkan doa tersebut. Yang mana isi kandungan doa tersebut ialah tentang kekuasaan Allah SWT kepada Makhluk ciptaanNya.

Tidak ada satu pun manusia atau makhluk yang bernyawa didunia ini jika karena semua atas izinNya.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian singkat tentang kisah Nabi Hud As beserta doa Nabi Hud As yang sepatutnya kita ketahui agar dapat memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT. Akhir kata kami ucapkan semoga dapat memberi ilmu yang bermanfaat bagi kalian dan bagi diri sendiri tentunya.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read