Doa Nabi Ibrahim

3 min read

Kumpulan Doa Nabi Ibrahim Lengkap, Riwayat Singkat, Doa Meminta Untuk Keturunan Sholeh, Doa Memohon Agar Negeri Aman– Berikut ini Waheedbaly akan membantu menguraikan tentang beberapa doa Nabi Ibrahim As secara lengkap yang wajib untuk diketahui.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT dengan segala RahmatNya. Serta tak lupa shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah SAW, ahli baitnya dan beserta sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan yang cerah serta berbahagia ini izinkan kami selaku penulis. Mencoba bantu mengurai beberapa perihal doa Nabi Ibrahim As secara lengkap.

Riwayat Singkat Nabi Ibrahim As

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya Nabi Ibrahim As. Merupakan salah satu dari dua puluh lima Nabi atau Rasul yang termasuk Ulul Azmi. Beliau juga dikenal sebagai bapaknya para Nabi disebabkan banyaknya para Nabi lahir dari keturunan beliau.

Dan beliau jugalah manusia yang pertama kali mendirikan Kabah bersama seorang putranya Nabi Ismail As. Sampai saat ini tapak beliau masih dapat kita temukan serta masih terawat dengan baik. Yaitu makam Ibrahim.

Makam tersebut dibangun dengan menggunakan berbahan perak kira berjarak kurang lebih dua puluh hasta dari bangunan Kabah arah timur.

Dalam menjalankan kehidupan, beliau tidaklah semudah dan segampang yang kita pikirkan banyak tantangan serta rintangan yang harus dilalui beliau. Sehingga patutlah jika Nabi Ibrahim As menjadi contoh untuk kita ikuti dalam mengarungi dunia ini.

Banyak doa-doa yang beliau panjatkan kepada Allah SWT agar dapat dipermudahkan segala urusannya. Berikut ini beberapa doa Nabi Ibrahim As yang patutnya kita ketahui.

Baca Juga : Doa Nabi Nuh

Doa Nabi Ibrahim As

Saat beliau mendapatkan kesusahan. Nabi Ibrahim As tak pernah luput memanjatkan doa memohon pertolongan hanya kepada dirNya sajalah. Berikut ini doa doa Nabi Ibrahim As :

Doa Nabi Meminta Keturunan Sholeh

Untuk diketahui bahwasanya beliau Nabi Ibrahim As memiliki dua orang istri salah satunya ialah Siti Hajar dan Siti Sarah. Beliau menikahi Siti Hajar lantaran Siti Sarah terlalu lama atau belumlah memperoleh keturunan.

Karena mereka belum memperolehkan keturunan lalu istri pertama ( Siti Sarah ) beliau mengizinkan Nabi Ibrahim As agar menikahi Siti Hajar. Agar memperoleh keturunan. Sehingga melalui pernikahan tersebut maka lahirnya seorang putra yang bernama Nabi Ismail As.

Pada saat beliau belum memiliki keturunan tersebut. Tak lupa beliau selalu memanjatkan doa kepadaNya agar memperoleh seorang anak yang sholeh serta sholehah. Sebagaimana berikut doa Nabi Ibrahim As ialah :

Doa Nabi Ibrahim Meminta Keturunan Yang Sholeh
Doa Nabi Ibrahim Meminta Keturunan Yang Sholeh

Karena begitu lama Nabi Ibrahim As memohon dan selalu berdoa akhirnya Allah SWT pun mengabulkan doa beliau tersebut. Dalam uraian diatas terdapat sebuah hikmah yang kita dapati bahwasannya harus dan tetaplah berprasangka baik terhadapNya serta janganlah berputus asa untuk itu persiapkanlah diri terlebih dahulu sebagai orang tua biar kelak menjadi contoh buat anak-anak kelak.

Baca Juga : Doa Nabi Adam

Doa Agar Anak Keturunannya Sholeh

Pada waktu selagi muda Nabi Ibrahim As selalu bertentangan dengan seorang Raja penyembah berhala yang bernama Raja Namrud. Yang mana atas perintah raja tersebut seluruh masyarakat diminta untuk menyembah berhala lalu memahat membuat sebuah berhala pada tiap-tiap rumah mereka.

Sedangkan ayah beliau pun sendiri merupakan seorang pembuat patung atau berhala yang mana ayah beliau diperintah juga untuk menyembah berhala dikarenakan takut pada Raja Namrud.

Untuk itulah Allah SWT mengutus Nabi Ibrahim As untuk membinasakan segala kebatilan serta mengajak kembali menuju jalan kebenaran.

Banyak upaya yang dilakukan Nabi Ibrahim As untuk membinasakan hal itu semua. Sampai-sampai Nabi Ibrahim As pun dibakar dengan hidup-hidup maka seketika itulah Allah SWT menunjukkan kuasaNya melalui beliau dengan cara memberi mukjizat tidak terbakar oleh api.

Untuk itulah Nabi pun memohon agar setiap keturunannya kelak diberikan keturunan yang sholeh serta terhindar dari segala keburukan yang keji.

Sebagaimana doa Nabi Ibrahim As terdapat dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 40-41 berikut.

Doa Nabi Ibrahim Supaya Keturunannya Shaleh
Doa Nabi Ibrahim Supaya Keturunannya Shaleh

Baca Juga : Arti Mimpi Naik Tangga

Doa Nabi Agar Negeri Diberikan Kebaikan

Setelah beliau memanjatkan doa agar mendapatkan keturunan serta diberikan keturunan-keturunan yang sholeh. Beliau pun tidak lupa untuk mendoakan negeri yang beliau tempati tersebut mendapatkan keberkahan.

Termasuk dengan mendoakan negeri tersebut supaya aman tentram serta diberikan keberkahan rejeki yang berlimpah.

Sebagaimana dalam Al-Quran menerangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 126 berikut.

Doa Nabi Ibrahim Agar Negeri Aman Sentosa
Doa Nabi Ibrahim Agar Negeri Aman Sentosa

Doa diatas mungkin sangatlah baik untuk kita ucapkan ketika sedang dalam keadaan terlanda wabah. Mungkin harus acap kali kita lakukan doakan negeri tercinta kita ini agar dapat aman tentram sentosa terbukti dengan doa tersebut Allah SWT mengabulkan sebagaimana keadaan kota Makkah.

Doa Nabi Agar Amalnya Diterima

Doa Nabi Ibrahim Agar Amalnya Diterima

Beliau pun mendoakan Nabi Ismail As ketika hendak mendirikan Kabah (Baitullah). Ketika beliau mendoakan anaknya tersebut, beliau tak lupa selalu memanjatkan puji-pujian kepada dengan melafadzkan bacaan Asmaul Husna. Terutama bacaan Ya Sami’ dan Ya Alim.

Yang mana arti dari Ya Sami’ ( Maha mendengar ) yaitu Allah SWT pastilah mendengar setiap doa-doa hambaNya yang memohon kepadaNya.

Sedangkan Ya Alim ( Maha mengetahui ) yaitu Allah SWT pastilah mengetahui segala perkara hambaNya baik itu perihal yang paling terdalam yaitu hati.

Penutup

Terdapat hikmah dibalik doa-doa Nabi Ibrahim As. Bahwasannya kita agar selalu tetap memanjatkan doa serta memohon hanya kepadaNya saja. Memohon keridhoanNya serta memohon pertolongan juga kepada Rasulullah SAW.

Demikianlah sedikit uraian tentang doa Nabi Ibrahim As. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi contoh baik untuk dituruti. Akhir kata kami ucapkan terim kasih. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Rate this post

7 Keajaiban Doa Istri

Santri Angga
2 min read

Cara Wudhu Orang Sakit

Santri Angga
2 min read

Doa Ketika Bersin

Santri Angga
3 min read