Doa Nabi Isa

3 min read

Doa Nabi Isa As Lengkap Bacaan Arab, Latin Beserta Terjemahan – Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah kami Waheedbaly mencoba bantu menguraikan sedikit perihal beberapa doa-doa Nabi Isa As lengkap bacaan Arab, latin beserta terjemahan.

Doa Nabi Isa As
Doa Nabi Isa As

Doa Nabi Isa

Nabi Isa As merupakan salah satu dari sebagian dua puluh lima Nabi dan Rasul Allah SWT beliau juga termasuk dalam golongan Ulul Azmi. yang mana beliau sangatlah memiliki kesabaran serta ketabahan dalam berdakwah untuk menyampaikan wahyuNya kepada setiap kaumnya serta diberi sebuah Kitab Injil.

Beliau merupakan seorang nabi yang dilahirkan tanpa memiliki seorang bapak. Sehingga segala kisah tentang tingkah laku beliau memiliki banyak makna yang sangat bermanfaat karena beliau dilahirkan dengan akhlak yang baik.

Begitu banyak tantangan serta rintangan yang beliau jalankan bahkan banyak kaumnya yang mendurhakakan serta mengkhianati. Dalam kesusahan beliau tidak pernah luput dalam berdoa memohon agar diberikan pertolongan serta perlindungan dari Allah SWT.

Berikut ini beberapa doa Nabi Isa As tak kala beliau mengalami kesusahan memohon memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Baca juga : Adab Membaca Al-Quran

Doa Memohon Diberi Hidangan Dan Rejeki

Sebagaimana hamba memohon dan memanjatkan doa kepadaNya. Begitu juga Nabi Isa As tak luput selalu memanjatkan doa berharap kemurahan dan keberkahanNya.

Doa Nabi Isa Memohon Hidangan Dan Rejeki
Doa Nabi Isa Memohon Hidangan Dan Rejeki

Bacaan Latin Doa Nabi Isa As

” Rabbanaa anzil ‘alainaa maa idatan minas samaa i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka war zuqnaa wa anta khairur raaziqiina”

Terjemahan Doa Nabi Isa As

“ Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami . Dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, beri rizkilah kami dan Engkaulah pemberi rizki yang paling utama. “ (QS: Al-Maaidah : 114)

Baca Juga : Adab Bertemu Sesama Muslim

Doa Yang Diajarkan Malaikat Jibril Kepada Nabi Isa As

Sebagaimana keterangan kitab Nuzhatul Majalis bahwasannya doa ketika Malaikat Jibril mengajarkan kepada Nabi Isa As adalah sebagai berikut.

Doa Nabi Isa As Yang Dianjarkan Jibril
Doa Nabi Isa As Yang Dianjarkan Jibril

Bacaan Latin Doa Yang Diajarkan Malaikat Jibril

Terjemahan Doa Yang Diajarkan Malaikat Jibril

Baca Juga : Adab Menuntut Ilmu

Doa Nabi Isa Menyembuhkan Penyakit, Orang Buta dan Orang Mati

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya Nabi Isa As diberikan oleh Allah SWT sebuah mukjizat. Maka seketika beliau menemukan orang-orang yang sedang mengidap penyakit, buta serta orang mati lalu beliau memanjatkan doa sebagaimana berikut.

Doa Nabi Isa Menyembuhkan Penyakit
Doa Nabi Isa Menyembuhkan Penyakit

Bacaan Latin Doa Nabi Isa As Menyembuhkan Penyakit, Orang Buta Dan Orang Mati

Terjemahan Doa Nabi Isa As Menyembuhkan Penyakit, Orang Buta Dan Orang Mati

Baca Juga : Adab Makan

Mukjizat Nabi Isa As

Nabi Isa ‘Alaihi Salam adalah merupakan seorang Nabi yang diutus menyampaikan wahyu bagi kaum bani israil dan merupakan Nabi terakhir bagi kaum tersebut. Beliau diutus agar dapat menyembah Allah SWT dan bertakwa hanya kepadaNya.

Beliau diutus agar dapat memerangi kaumnya dari kebodohan yang melanda serta menjadi penerang. Nabi Isa ‘Alaihi Salam diberikan berbagai mukjizat oleh Allah SWT agar dapat menunjukkan sifat kenabiannya serta agar dapat menyakinkan umatnya untuk menyembah-Nya.

Berikut ini beberapa mukjizat Nabi Isa ‘Alaihi Salam yang patut untuk diketahui.

Terlahir Tanpa Seorang Bapak

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya Nabi Isa ‘Alaihi Salam diberikan mukjizat oleh Allah SWT dengan terlahir tanpa memiliki seorang bapak. Sebagaimana Allah SWT pun menciptakan Nabi Adam As.

Untuk itulah kita sebagai umat Muslim Islam haruslah menyakini serta percaya akan kekuasaaan dan kebesaran Allah SWT sehingga memperkuat rasa keimanan kita kepadaNya.

Dapat Berbicara Sewaktu Bayi

Ketika beliau Nabi Isa As dilahirkan diberi mukjizat saat sewaktu bayi dapat berbicara kepada kaumnya serta dapat mengabarkan tentang kenabiannya. Sehingga membuat banyak kaumnya yang tidak mempercayai perihal tersebut bahkan yang lebih parah, mereka mencemooh ibu kandunganya.

Dapat Menurunkan Hidangan Surga

Dari setiap doa Nabi Isa As tersebut dengan seizin Allah SWT. Sewaktu-waktu saat sahabat menjumpai lalu bertanya kepada Nabi Isa As dengan bertanya ” Apakah tuhanmu dapat menurunkan hidangan makanan dari langit ? lantas beliau pun menunjukkan mukjizatnya lalu setelah itu dengan seizin Allah SWT hidangan tersebut pun turun.

Seketika itu pulalah mereka pun meyakini bahwasannya Nabi Isa As merupakan utusan Allah SWT yang menuntun menuju jalan kebenaran.

Diangkat Kelangit Dalam Keadaan Hidup

Pada waktu itu ketika Nabi Isa As ditangkap serta disalib oleh kaumnya yang syirik dan khianat. Allah SWT pun menolong beliau dengan diangkatnya kelangit.

Sehingga hal tersebut membuat mereka yang melakukan penyaliban berselisih paham serta ragu apakah benar telah melakukan penyaliban kepada Nabi Isa As. Sehingga mereka berprasangka tidak yakin telah menyalib serta membunuh.

Menjadikan Burung Dari Tanah Liat Hidup

Mukjizat Nabi Isa As selanjutnya ialah dapat membuat hidup burung yang terbuat dari tanah liat dengan seizin-Nya. Beliau melakukan perihal tersebut agar menjadi contoh bahwasannya setiap makhluk yang berada dimuka bumi ini diciptakan dari tanah.

Menyembuhkan Kebutaan Dan Menghidupkan Orang Mati

Seperti yang diterangkan pada awal uraian. Bahwasannya beliau diberikan mukjizat oleh Allah SWT jadi apa pun yang beliau lakukan tentunya dengan seizin Allah SWT. Sebagaimana juga Nabi Isa As ketika beliau menjumpai seseorang yang memiliki kebutaan serta menghidupkan orang mati. Seketika itu dengan seizin Allah SWT beliau dapat menyembuhkan orang buta dan menghidupkan orang mati.

Mengetahui Apa Yang Orang Makan Apa Yang Dan Disimpan

Mukjizat Nabi Isa ‘Alaihi Salam selanjutnya ialah beliau diberi kelebihan dapat mengetahui apa yang orang makan serta apa yang disimpan didalamnya. Sungguh semua perihal Nabi Isa As merupakan sebuah anugerah Allah SWT dan kebesaran Allah.

Baca juga : Adab Masuk Masjid

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang beberapa doa-doa Nabi Isa ‘Alaihi Salam lengkap dengan bacaan arab, latin beserta terjemahannya yang patutlah kita ketahui. Semoga dengan sedikit uraian diatas dapatlah menambahkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Akhir kata semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kalian dan juga bagi diri saya sendiri. Terimakasih.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Bacaan Tasbih

Santri Angga
2 min read

Doa Tahiyat Akhir

Santri Angga
3 min read