Doa Nabi Musa

3 min read

Kumpulan Doa Nabi Musa As Beserta Maknanya.

Berikut ini Waheedbaly akan membantu menguraikan tentang kumpulan doa-doa Nabi Musa As secara lengkap yang wajib kita untuk diketahui.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT dengan segala RahmatNya serta RohimNya. Serta tak lupa shalawat serta salam kepada Rasulullah SAW, Ahli baitnya dan sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka perkenankanlah kami selaku penulis mencoba bantu menguraikan sedikit perihal beberapa kumpulan doa-doa Nabi Musa As secara lengkap berikut.

Baca Juga : Doa Nabi Sulaiman

Nabi Musa As

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa Nabi Musa As merupakan salah satu bagian dari dua puluh lima Nabi dan Rasul dan termasuk golongan Ulul Azmi serta diberi Kitab Taurat.

Yang mana beliau diutus oleh Allah SWT untuk kaum Bani Israil dimasa kepemerintahan Raja Firaun (Mesir ).

Beliau juga dikenal bahkan memiliki gelar yaitu Kalamullah. Dikarenakan atas seizinNya dapat berbicara langsung dengan Allah SWT. Sehingga menjadi penyampai dalam mengajarkan ajaran Tauhid.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Kitab Taurat berisikan tentang ajaran-ajaran Tauhid ( mengESAkan Allah SWT ) sebagaimana Nabi-Nabi lainnya.

Dalam Al-Quran nama beliau sering kali diucapkan. Bahkan juga dikenal oleh Kaum Yahudi dan Nasrani dengan sebutan Moses atau Moseh.

Berikut ini terdapat beberapa doa-doa Nabi Musa As ketika mendapati rintangan dan tantangan ketika hendak berdakwah.

Doa- Doa Nabi Musa As

Dalam kisah menceritakan bahwasannya pada dimasa kepemerintahan Raja Firaun. Banyak rakyat yang mengalami kesusahan bahkan dengan keji membunuh setiap bayi laki-laki yang baru dilahirkan dan tak segan-segan menyebutkan diri sebagai Tuhan.

Berbagai upaya yang dilakukan Nabi Musa As agar dapat menyadarkan Raja Firaun serta memohon doa agar Firaun tidak berlaku zholim.

Sebagaimana yang terterang dalam Al-Quran surat Thaha ayat 25-28 menerangkan sebagai berikut.

Baca Juga : Doa Nabi Yusuf

Doa Nabi Musa
Doa Nabi Musa

Doa tersebut beliau panjatkan agar Firaun memahami perkataan yang disampaikan serta agar dapat menunjukan tanda atau bukti kekuasaan Allah SWT. Bahwasannya Firaun menyebutkan diri sebagai Tuhan.

Makna Doa Nabi Musa

Terdapat makna atau pengertian yang terdalam dalam doa tersebut. Yaitu.

Lapangkan Dadaku

Disaat Nabi berdoa memohon agar diberikan hati yang lapang dan luas aagar dapat dengan mudah menerima petunjuk Allah SWT. Hati yang tidak mudah kotor serta dapat menerima mana yang kebenaran dan agar tidak memiliki hati yang berprasangka buruk.

Mudahkan Urusanku

Karena Nabi Musa As diutus Allah SWT untuk membinasakan Firaun karena kesombongannya. Akan tetapi beliau mendapatkan rasa kekhawatiran akankah mampu mengemban tugas tersebut.

Untuk itulah beliau lalu berdoa memohon agar dapat dipermudahkan segala urusannya kepada Allah SWT.

Lepaskan Kekakuan Lidahku, Agar Mudah Dimengerti

Ketika beliau kecil sempat memiliki lidah yang kurang baik. Sehingga membuat keraguan dan mengalami kegusaran pada diri Firaun. Sebab Firaun pernah mengalami mimpi bahwasannya kelak akan lahir seorang bayi laki-laki yang akan membinasakannya.

Untuk itulah Firaun mencoba menguji kebenaran mimpinya tersebut lalu Nabi Musa As dengan perintah Firaun melakukan dengan beberapa pilihan antara bara api dan batu permata.

Akan tetapi alangkan terkejutnya Firaun ketika beliau memilih bara api lalu memasukkan bara tersebut ke mulutnya sehingga membuat lidah Nabi Musa As memiliki kekurangan.

Karena beliau merasa memiliki kekurangan sehingga timbullah rasa khawatir dan kegusaran bahwasnya khawatir mereka tidak akan memahami apa perkataannya jika hendak berdakwah. Untuk itulah lalu beliau berdoa sebagaimana doa yang diucapkan beliau diatas.

Baca Juga : Doa Nabi Ibrahim

Memohon Ampunan

Doa Nabi Musa As Memohon Ampunan
Doa Nabi Musa As Memohon Ampunan

Pada suatu waktu ketika Nabi hendak pergi keluar seketika itu beliau mendapatkan beberapa orang yang sedang bertengkar dengan hebat. Salah satu dari orang tersebut merupakan dari golongan Kaum Bani Israil dan golongan Kaum Firaun.

Seketika itu karena merasa kalah sehingga Kaum Bani Israil tersebut meminta pertolongan kepada Nabi Musa As. Sehingga membuat Kaum Bani Israil tersebut kalah bahkan akhirnya meninggal.

Akan tetapi setelah beliau ketahui perihal yang dilakukannya tersebut tidaklah baik. Maka beliau pun berdoa memanjatkan doa memohon ampunNya. Sebagaimana yang terterang dalam Al-Quran surat Al-Qhasas ayat 16 tersebut diatas.

Supaya Terhindar Dari Fitnah

Doa Terhidar Dari Fitnah
Doa Terhidar Dari Fitnah

Bacaan doa tersebut beliau ucapkan tak kala saat mengalami segala tipu daya Firaun dengan segala ilmu sihirnya serta kezholimannya. Untuk itu Nabi Musa As selalu memohon memanjatkan doa kepadaNya agar terhindar dari segala fitnah yang keji.

Baca Juga : Doa Nabi Nuh

Memohon Kebaikan

Doa Memohon Kebaikan
Doa Memohon Kebaikan

Nabi Musa As merupakan salah satu Nabi yang membawa ajaran Tauhid kepada Kaum Bani Israil. Yang mana kaum tersebut memiliki banyak kelebihan bahkan cerdas. Akan tetapi kebanyakan dari kaum tersebut tidaklah mensyukuri nikmat pemberian Allah SWT.

Mereka angkuh bahkan sombong karena tidak didapatkan lagi Nabi atau Rasul yang berasal dari kaum Bani Israil. Bahkan yang sangat disayangkan kaum tersebut tidak mengakui kenabian yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Untuk itu Nabi berdoa ketika dalam masa pengasingan atau pelarian. Dalam keadaan tersebut beliau menemukan beberapa wanita pengembala yang mana saat itu sedang mengalami kesusahan akan mendapatkan air untuk domba peliharaannya.

Lantas Nabi pun memberikan mereka pertolongan dan menyedekahkan air yang dibawanya agar dapat diberikan kepada ternak mereka. Ketika hal itu terjadi lantas Nabi pun berdoa dan memohon agar diberikan kebaikan.

Akibat dari kebaikan tersebut lantas Nabi pun dipersilahkan untuk berteduh dalam rumah mereka atas seizin ayah wanita tersebut.

Baca Juga : Doa Nabi Adam

Memohon Petunjuk

Doa Memohon Petunjuk
Doa Memohon Petunjuk

Bacaan doa tersebut Nabi Musa As ucapkan tak kala dalam pelarian serta saat kejadian pembunuhan tersebut beliau berdoa serta memohon petunjuk bagaimana harus menghadapi semua.

Dalam kehidupan sehari-hari beberapa doa tersebut dapatlah kita amalkan sebagaimana Nabi Musa As melakukannya. Laksanakan jika ingin memperoleh keberkahan serta keridhoan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang beberapa kumpulan doa-doa Nabi Musa As yang patut kita lakukan dan diamalkan. Semoga dengan sedikit uraian tersebut dapat memberikan manfaat dan faedah yang baik.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Waheedbaly.

Baca Juga :

Rate this post

Doa Sholat Witir

Santri Angga
3 min read

Lirik Lagu Man Ana

Santri Angga
1 min read