Doa Nabi Sulaiman

3 min read

Doa Nabi Sulaiman Lengkap Bacaan Arab, Latin Dan Terjemahan, Beserta Riwayatnya.

Berikut ini Waheedbaly akan membantu menguraikan tentang doa-doa Nabi Sulaiman As secara lengkap yang wajib untuk diketahui.

Assalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT dengan segala RahmatNya. Serta tak lupa shalawat serta salam kepada Rasulullah SAW, ahli baitnya beserta sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia dan cerah ini. Maka izinkanlah kami selaku penulis mencoba bantu menguraikan sedikit perihal beberapa doa-doa Nabi Sulaiman As secara lengkap.

Baca Juga : Doa Nabi Adam

Nabi Sulaiman AS

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwasannya Nabi Sulaiman As merupakan salah satu bagian dari dua puluh lima Nabi dan Rasul Allah. Yang mana beliau memiliki ketaatan serta ilmu yang sangat dalam sejak beliau berusia belia.

Sedangkan Nabi Sulaiman As sendiri adalah merupakan seorang putra dari Nabi Daud As. Dan beliau ( Nabi Sulaiman As ) juga merupakan seorang ahli waris sebuah kerajaan yang mana didirikan oleh ayahnya ( Nabi Daud As ).

Sejak berumur kurang lebih tiga belas tahun. Beliau telah diangkat menjadi seorang raja menggantikan ayahnya ( Nabi Daud AS ). Beliau merupakan seorang pemimpin yang bijak serta arif. Tak kala beliau diangkat menjadi raja banyak perkembangan yang terjadi sehingga banyak kerajaan lain yang tidak mampu menyaingi.

Nabi Sulaiman As diberikan kekayaan yang sangat berlimpah. Berikut wilayah kekuasaan serta diberi kemampuan dapat menguasai bangsa jin, hewan, angin serta lautan. Akibat dari itu Nabi Sulaiman As dapat mencapai tujuan serta dapat mengembangkan kerajaannya berkat pertolongan bantuan mereka.

Akan tetapi Nabi Sulaiman As tidak lantaslah menjadi sombong tetapi beliau selalu memanjatkan puji syukur kepadaNya atas segala karunia yang diberikan kepada beliau.

Berikut ini beberapa doa-doa Nabi Sulaiman As yang mana beliau ucapkan.

Baca juga : Doa Nabi Nuh

Doa Nabi Sulaiman As

Dengan berdoa kepada tuhan dengan rendah hati serta suara yang lembut serta memanjatkan rasa syukur pastilah Allah SWT insya allah akan mengabulkan. Sebagaimana janjiNya tersebut.

Berikut ini beberapa doa Nabi Sulaiman As yang dapat kita dawamkan atau amalkan dalam keseharian berikut dalam bahasa arab, latin beserta terjemahannya.

Doa Memperoleh Kekayaan Dari Jalan Yang Baik

Sebagaimana dalam Al-Quran surat Shad ayat 35 menerangkan bahwa Nabi Sulaiman As berdoa.

Doa Nabi Sulaiman As Memperoleh Kekayaan Dari Jalan Yang Baik
Doa Nabi Sulaiman As Memperoleh Kekayaan Dari Jalan Yang Baik

Lakukan sebagaimana beliau memanjatkan doa kepadaNya. Berharaplah diberikan rejeki yang melimpah dari arah mana saja. Dan tak lupa janganlah terlena akan semua perihal kekayaan itu karena semua hanyalah merupakan sebuah titipan Allah SWT untuk kita.

Serta jika kalian diberikan kekayaan yang berlebih. Gunakan serta manfaatkanlah untuk hal-hal yang baik serta berkah diridhoi Allah SWT.

Baca Juga : Doa Nabi Ibrahim

Menundukkan Jin Dan Binatang

Doa Nabi Sulaiman As Menundukkan Binatang dan Jin
Doa Nabi Sulaiman As Menundukkan Binatang dan Jin

Sebagaimana yang diketahui. Bahwasannya beliau diberikan kemampuan atau mukjizat oleh Allah SWT dapat berbicara atau berkomunikasi dengan bangsa jin dan binatang.

Mukjizat tersebut beliau gunakan agar dapat membantu dirinya dalam mengembangkan kerajaannya. Dan tentunya kemampuan beliau tersebut tidaklah serta merta ada akan tetapi perihal semua kemampuan beliau tersebut merupakan atas kehendak dan izin Allah SWT.

Doa Syukur Menjadi Hamba Allah

Doa Nabi Sulaiman As Atas Syukur Menjadi Hamba Allah
Doa Nabi Sulaiman As Atas Syukur Menjadi Hamba Allah

Setelah beliau memperoleh kekayaan yang berlimpah ruah beliau juga tidak lupa akan bersyukur kepada Allah SWT. Bersyukur bahwasanya dimasukan dalam golongan yang memiliki keimanan yang teguh dan shaleh. Untuk itu mari kita tanamkan sedalam-dalamnya hingga menyentuh dasar hati.

Baca Juga : Doa Nabi Yusuf

Doa Untuk Mensyukuri Nikmat Allah

Doa Nabi Sulaiman As Mensyukuri Nikmat Allah

Sebagaimana janjiNya jika kita terus selalu merasa syukur pastilah nikmat itu akan ditambahkan olehNya. Untuk itulah apapun nikmat yang diberikan patutlah disyukuri tanpa terkecuali.

Riwayat Singkat Nabi Sulaiman As

Seperti yang sudah diuraikan diatas. Bahwasanya Nabi Sulaiman As merupakan seorang putra dari Nabi Daud As.

Yang mana pada saat belia beliau Nabi Sulaiman As telah dianugerahi oleh Allah SWT kelak menjadi seorang Raja yang bijak bahkan arif.

Akibat dari kebijaksanaan serta kearifan beliau tersebut maka kelak Nabi Daud As berkeinginan menjadikan beliau seorang raja. Akan tetapi pada saat beliau hendak dinobatkan terdapat perselisihan serta pertentangan dari pihak keluarga beliau tersebut yaitu dari Absyalum.

Karena ketidaksukaan tersebut maka lahirlah sebuah pertempuran sehingga membuat Nabi Daud As pergi meninggalkan kerajaannya. Tak lama kemudian terjadilah pertempuran lagi yang mana saat itu dipimpin oleh Nabi Sulaiman As sehingga dapat membinasakan Absyalum.

Setelah membinasakan Absyalum lalu beliau diangkat menjadi raja. Tak kala beliau menjadi raja terdapat kabar yang mana disampaikan oleh sebuah burung Hud-hud bahwasannya terdapat disuatu negeri yang mana negeri tersebut menyembah matahari. Dipimpin oleh seorang ratu bernama Ratu Bilqis.

Mendengar kabar berita tersebut lalu segeralah Nabi pergi menghadap ratu tersebut lalu mengajak kembali menyembah Allah SWT. Berkatalah Nabi Sulaiman As bahwasannya apa yang mereka sembah merupakan sebuah kesalahan.

Tak kala Ratu Bilqis berniat untuk menjumpai beliau. Tanpa sepengetahuan Ratu Bilqis. Nabi Sulaiman As memerintahkan bangsa jin agar dapat memindahkan kerajaan sebelum ratu tersebut tiba.

Lalu dengan serta merta terkejutlah Ratu Bilqis setelah melihat bahwa singgasana kerajaannya telah berada dikerajaan Nabi Sulaiman AS. Karena pesona dan kebijakan serta kearifan beliau akhirnya mereka berdua pun menikah hingga meninggal ketika saat mendirikan Baitul Al-Aqsa.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang doa-doa Nabi Ibrahim As secara lengkap dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya, beserta riwayat singkatnya. Semoga dapat memberikan manfaat dan dapat mencontoh dari kebijakan dan kearifan beliau.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih. Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga :

Rate this post

Saben Malem Jumat

wahed234
1 min read