Doa Nabi Yunus

2 min read

Berikut doa Nabi Yunus Alaihi Wasallam, lengkap bahasa arab, latin dan arti disertai fadhilah dan keistimewaannya

Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Berjumpa lagi dengan kami, semoga sahabat selalu diberikan kesehatan dan kemurahan rezeki, aamiin

Kali ini kita akan membahas tentang doa Nabi Yunus Alaihi Wasallam, dimana doa ini banyak sekali digunakan oleh semua umat islam, karena mempunyai manfaat yang sangat luar biasa.

Doa adalah senjata bagi umat islam yang paling ampuh, banyak doa yang telah dicontoh oleh para Nabi terdahulu yang sekarang sering dibaca ketika kita memanjatkan doa.

Doa ini merupakan doa yang sangat populer, dikalangan umat islam, karena sejarah doa ini yang membuat kaum muslim percaya semua kesulitan pasti akan ada jalan keluarnya, sama hal nya ketika Nabi Yunus dalam situasi yang sangat genting .

Nabi Yunus Alaihi Wasallam pada saat itu pernah mengalami masalah yang sangat besar sekali yaitu ditelan oleh seekor ikan yang sangat besar sungguh keadaan yang sangat sulit pada saat itu,

Tiga situasi sulit yang dirasakan melawan kegelapan dalam perut ikan dan sulit bernafas, gelapnya didalam lautan serta merasakan kegelapan dimalam hari dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Di situasi seperti itu Kemudian beliau hanya berserah diri kepada Alloh SWT, dan menyerahkan segala sesuatunya hanya kepada Nya, sambil berzikir dan bertasbih dan mengakui segala kezholiman dirinya.

Doa Nabi Yunus

Berikut adalah doa dan tasbih yang dibaca diwaktu beliau merasakan kesulitan di dalam perut ikan.

Bacaan Doa Nabi Yunus Arab

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Bacaan Doa Nabi Yunus Latin

La ilaha illa angta subhanaka inni kungtu minaz zhalimin

Artinya ;

”Ya Alloh, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Tuhan. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zholim”

Itulah doa ketika dalam masa-masa yang sulit doanya pendek namun sangat mustajab.

Sebagai mana yang telah disabda oleh Nabi Muhammad SAW, yang diriwatkan oleh , HR. Tirmidzi no. 3505. dan keterangan dari Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini adalah hadist yang shahih). yang berbunyi sebagai berikut ;

Hadist Doa Nabi Yunus

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Artinya ; Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah : La Ilaha Illaa Angta Subhanaka Inni Kungtu minazzholimin. (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.


Inilah hadist yang menjadi dasar doa ini yang sangat luar bisa mustajabnya bagi yang membaca serta mengamalkannya.

Peristiwa Nabi Yunus A’laihi Wasallam ini pula di abadikan oleh Alloh dalam Al Qur’an. Surat. Al Anbiya’: 87-88

Dalil Qur’an Tentang Doa Nabi Yunus

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ ( 87 )

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88)

Artinya ; Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Nabi Yunus), ketika beliau pergi dalam posisi marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang berbuat yang zholim.” Maka Kami telah mengabulkan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (Qur’an Surat. Al Anbiya’: 87-88)

Itulah keterangan yang terdapat dalam Al Qur’an tentang kesulitan beliau dan lalu berdoa kemudian Alloh mengabulkan doanya.

Sedikit kesimpulan dari doa tersebut, di saat manusia mengakui kesalahannya dan bertobat dan menyerahkan semuanya urusan kepada Alloh dengan sadar, bahwa kita manusia tidak mempunyai kemampuan apa-apa dan tidak berbuat apa-apa pada hakekatnya, maka disitulah pertolongan hadir.

Baca Juga ; Doa Iftitah

Keistimewaan Doa Nabi Yunus

Ada tiga keistimewaan yang dapat kita simpulkan yaitu ;

  1. Pentauhidan kepada Allah Swt atas segala keEsaan Nya, sesungguh hanya Alloh lah yang bisa memberikan pertolonagan atas segala sesuatunya.
  2. Menumbuhkan rasa sadar akan kelemahan dan kekurangan, serta pengakuan akan dosa dan kedzoliman yang pernah dilakukan
  3. Sebagai ungkapan pengakuan dari lemahnya manusia yang selalu diliputi rasa bersalah dan dosa.

Itulah sebagian keutamaan dan keistimewaan dari kandungan doa tersebut.

Fadilah Doa Nabi Yunus

Sealain keistimewaan doa Nabi Yunus AS, Juga mempunyai beberapa fadilah bagi yang mengamalkan apalagi disaat kita dalam kesempitan, berikut diantaranya ;

Inilah sebagian dari fadilah daonya, Wallohu a’lam

  1. Akan dibukakannya pintu-pintu kemudahan dari semua kesulitan
  2. Akan dikabulkannya hajat dan cita-cita kita yang baik
  3. Mendapatkan pengampunan dari Alloh swt
  4. Ditetapkan rasa keyakinan yang kokoh
  5. Selalu mengandalkan Alloh dalam segala urusannya, karena semua dari Nya dan akan kembali pula kepada Nya

Demikanlah sekilas pembahasan tentang doa Nabi Yunus AS, yang mungkin masih banyak lagi keutamannya dari doa tersebut.

Terima kasih, wassalam