Doa Nurbuat

3 min read

DOA-NURBUAT

Berikut ini bacaan doa Nurbuat, rahasia, khasiat dan sejarahnya, dengan bacaan arab, latin dan arti agar mudah dipahami

Assalamu’alaikum, sobat kali ini kita akan membahas doa Nurun Nubuwwah yang kebanyakan orang kenal dengan sebutan doa Nurbuat.

Sebelum kita masuk pada bacaan doa, sedikit kita bahas tentang sejarah turunnya doa ini.

Sejarah Turunnya Doa Nurbuat

Doa Nurun Nubuwwah ini berasal dari malaikat Jibril as, yang disampaikan kepada Nabi Muhammaad SAW, pada suatu hari, Beliau SAW bersama para sahabat sehabis sholat subuh di masjidil Harom.

Tiba-tiba malaikat Jibril datang menghadap Beliau dan seraya berkata ; ”Wahai Rosululloh saw, saya diutus Alloh untuk menyampaikan Doa Nurun Nubuwwah Kepadamu, maka doa itu diterima beliau saw, kemudian doa ini diajarkan kepada para sahabatnya dan untuk para umatnya,

Akhirnya sampailah doa Nurun Nubuwwah ini kepada kita saat ini, agar kita dapat membiasakan mengamalkan sebagai benteng diri karena doa ini banyak sekali faedah dan khasiatnya, berikut ini kami tulisan bacaan doanya.

Doa Nurbuat

Bacaan Arab

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Latin

Alloohumma zissulthoonil ’adziim. Wa zilmannil qodiim.
Wa zilwaj hil kariimi, wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min angfusil haqqi‘ainil qudroti wannaaziriina

wa‘ainil ingsi wal jinni, wa i yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absoorihim lammaa sami’udzdzikro wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil ‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waritsa sulaimaan daawuuda ‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thowwil‘umrii wa shohhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqol qoulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqol baathilu innal baathila kaana zahuuqon.

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzoolimiina illaa khosaaroo. Subhaana robbika robbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahi robbil‘aalamiin.

Artinya ;

Yaa Alloh zat yang mempunyai kekuasaan yang agung, pemilik anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, penguasa kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung hasan dan Husaini dari jiwa-jiwa yang haq, kekuatan mata yang memandang dari kelompok manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka, ketika mendengar Al-quran (dibaca) lalu mereka berkata:

Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila. Dan al qu’ran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan yang mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman telah mewarisi Daud as.

Alloh adalah zat yang maha pengasih lagi pemilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam alaihi salam dari orang-orang kafir. Dan katakanlah yang Haq telah datang dan yang batil telah musnah.

Sesungguhnya yang bathil itu pasti binasa. Dan kami turunkan dari Al Qu’ran suatu yang menjadi penawar dan rohmat bagi orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Alloh, Tuhan yang maha mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para Rosul. Dan segala puji bagi Alloh Tuhan semesta alam.

Khasiat dan Keutamaan Doa Nurbuat

Doa Nurun Buwwah sangat banyak khasiat dan keutamaan diantaranya ;

  1. Doa ini bila dibaca setiap habis sholat lima waktu insya Alloh akan tercapai segala hajat dengan mudah
  2. Apabila mempunyai musuh, musuh tesebut tidak memusuhinya lagi, insya Alloh berkat fadilah doa ini musuh akan berbalik mengasihi.
  3. Bagi orang yang tidak mampu menghafal doa ini, bisa menulisnya kemudian disimpan dalam rumah atau bawa berpergian, maka orang itu akan terjaga dan dijauhkan dari segala bencana serta dihindarkan dari berbagai sihir
  4. Siapa yang membaca doa ini setiap hari kamis, maka muka akan tampak bersinar berseri-seri, jika dibaca pada malam jumat, maka Alloh akan menjaganya dari perbuatan kufur dan jahat
  5. Jika dibaca setiap tengah malam, maka para malaikat turun dari langit mengitari pembacanya dan memohonkan ampunan kepada Alloh
  6. Jika doa ini dibaca setiap hari senin maka Alloh memberikan keselamatan setiap saat, jika dibaca pada hari selasa, maka Alloh memberikan kekuatan badan, dan agar menginginkan agar sehat wal afiat dan awet muda, maka bacalah setiap hari ahad
  7. Siapa membacanya setiap hari sabtu sebanyak 100x maka segala maksudnya akan dikabulkan.
  8. Jika doa ini dibaca setiap hari, maka dihindari dari godaan setan dan Alloh akan menyelamatkan dari siska neraka
  9. Nabi saw bersabda ”barang siapa ingin bertemu para nabi maka bacalah doa ini sebanyak 100x, kemudian tidur dalam keadaan berwudhu.”
  10. Barang siapa membaca doa ini sebanyak 100x dalam keaadan yang suci pada malam jumat ditempat yang sunyi insya Alloh akan bertemu ratu jin
  11. Jika ada orang yang sedang bertengkar sulit didamaikan, maka bacalah doa ini, insya Alloh akan bisa berdamai
  12. Jika doa ini di bacakan di air putih lalu air itu diberikan pada orang yang sakit, insya Alloh akan diberi kesembuhan

Itulah beberapa khasiat dan fadhilah dari doa Nurbuat, sebenarnya masih banyak hikmat dalam doa ini.

Catatan kecil hendaknya bagi anda yang ingin mengamalkan doa Nurbuat ini carilah seorang pembimbing atau guru yaitu orang yang A’lim, kiyai dan para ulama, yang sudah bersanad keilmuanya, dan janganlah sesekali mengamalkan tanpa bimbingan dari mereka karena sangat berbahaya, karena syaiton tak akan tinggal diam untuk mengoda dan menyesatkan.

Semua khasiat dan keistimewaan dari doa Nurbuat akan bisa terwujud atas izin Alloh swt, Zat yang maha mengetahui segala yang kita tidak ketahui. Wallohu A’lam

Demikianlah pembahasan singakt doa Nurbuat, semoga bisa bermanfaat bagi penulis dan pembaca

Terima kasih, Wassalam