Doa Pagi Hari

2 min read

DOA-PAGI-HARI

Doa pagi hari, pembuka rezeki dan kemudahan segala urusan, lengkap bacaaan arab, latin dan penjelasan.

Assalamu’alaikum, Bismillahi Alhamdulillah Asholatu wa salamu ‘Ala Rosulillah, Lahaula wala quata illa billah.

Alhamdulillah dipagi hari yang indah ini kita masih diberikan nikmat hidup dan nikmat sehat, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk dapat melakukan kewajiban dalam rangka menunaikan segala perintah Alloh dan Rosul-Nya.

Sungguh ini adalah suatu nikmat yang mesti kita syukuri dimana tidak semua orang dapat merasakan kenikmatan yang sama yang diberikan Alloh swt, oleh sebab itu marilah kita awali pagi yang indah ini dengan mengingat Alloh dan dibarengi dengan doa, sebagai awalan memulai segala amaliyah dunia maupun akhirat.

Mengawali hari dengan berdoa merupakan anjuran Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, yang berarti kita sebagai manusia masih ingat dan sadar bahwa kita tidak mempunyai kemampuan apa-apa semua itu karena kasih sayang dan pertolongan Alloh swt sehingga kita bisa menjalani aktifitas memulai hari ini dengan lancar.

Doa pagi hari adalah sebuah doa yang kita panjatkan di pagi hari, sebagai harapan semoga hari ini menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Adapun doa yang dipanjatkan dipagi hari sebagaimana Rasululloh Sallallohu ‘Alaihi Wa Sallam telah mencontohkan dengan bacaan sebagai berikut ;

Doa Pagi Hari

Banyak doa yang bisa kita panjatkan dipagi hari, namum doa berikut ini mempunyai keutamaan untuk membuka kemudahan dalam mencari reziki dan juga ilmu yang bermanfaat.

1. Bacaan Doa Untuk Kemudahan Rezeki dan Ilmu Manfaat

Bacaan Arab :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan Latin :

Allohumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqon toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa

Artinya ; Ya Alloh, sesungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfa’at, dan rejeki yang baik dan amal yang diterima.” (Hadist Riwayat Ibnu As Sunni dan Ibnu Majah)

Doa ini mempunyai makna yang berarti, saat pagi hari ketika hendak memulai akktifitas apapun terutama dalam urusan dalam mencari rezeki berarti kita sudah memohon pertolongan Alloh swt.

Agar Alloh SWT memudahkan segala urusan kita dan memberikan rezeki yang luas, juga kemudahan dalam mencari ilmu atau belajar khususnya bagi para santri atau pelajar dan juga menyerakan segala perbuatan kita semoga Alloh menilainya sebagai amal ibadah yang tidak sia-sia.

Selain itu ada doa yang yang lain saat pagi hari yang diajarkan oleh Nabi saw, yang bisa kita amalkan dengan bacaan sebagai berikut ;

2. Bacaan Doa Pagi Hari Mohon Perlindungan

Bacaan Arab :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Doa pagi hari berikut ini, doa yang juga telah dianjarkan Rosullulloh saw kepada kita, sebagaimana telah diriwayatkan oleh ( Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya). Rasulullah SAW ketika pagi hari membaca

Bacaan Latin :

Allohumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru

Artinya ; Ya Alloh, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.

Doa yang kedua ini mempunyai makna penyerahan diri kepada Alloh swt disaat pagi, sore dan hidup, karena dengan bersandar kepada Alloh lenyaplah rasa kesombongan yang ada pada diri, sehingga kita dapat terhindar dari sifat syirik. kecil maupun besar yang kandang tidak kita sadari.

Berikut ini yang menjadi dalil anjuran untuk berdoa pada pagi hari yaitu hadist Nabi dan Firman Alloh dalam Al qur’an

Baca Juga ; Doa Sholat Dhuha, Doa Sholat Hajat

Dalil Anjuran Doa dipagi Hari

Hadist Nabi SAW.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya ; Ya Alloh, berkahilah umatku di waktu paginya.

Dalil ini sungguh luar biasa, bahwasanya Nabi SAW juga selalu mendoakan kita sebagai umat agar selalu diberikan keberkahan diwaktu pagi.

Dalil ke-2 firman Alloh dalam Al qur’an surat Ali Imron : 121

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya ; Dan ingatlah, ketika kamu berangkat pada pagi hari dari rumah keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang

Inilah dua dalil yang menjadi anjuran bagi umat Islam untuk selalu berdoa dipagi hari, agar senantiasa mendapatkan keberkahan dalam menjalani hidup, dan bagi orang mukmin doa juga adalah senjata yang paling ampuh dibandingkan yang lainnya, semoga kita tergolong orang-orang yang selalu berdoa dalam situasi dan kondisi apapun, aamiin.

Selain ajuran doa dipagi hari, zikir dipagi hari juga sangat dianjurkan unutk membuka kehidupan baru diwaktu pagi.

Bacaan Zikir dipagi Hari

Pada umumnya membaca doa dan berzikir pagi hari sangatlah banyak yang bisa kita panjatkan kepada Alloh, yang terpenting niat dan bacaan itu baik, kali ini akan disampikan beberapa zikir saat mengawali pagi hari

  1. Saat Bangun pagi yang pailng utama bersyukur dengan mengucap Alhamdulillah kemudaian dilanjutkan dengan membaca doa bangun tidur
  2. Memuji Alloh dengan membaca Subhanalloh, Walhamdulillahi Wala Ilaha Illallohu Wallohu Akbar Wala Haula wala Quwata Illa Billah
  3. Bersholawat dengan bacaan, Allohumma Sholi ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad
  4. Dilanjutkan membaca ayat kursy 1x
  5. Lalu membaca Surat Al Ikhlas 3x
  6. Membaca Surat Al Falaq 3x
  7. kemudian membaca Surat An Naas 3x

Itulah sebagian zikir pagi hari sebelum memulai beraktifitas, jika anda ingin menambahkan doa lain diperbolehkan, yang terpenting niat kita hanya untuk memohon keridhoan Alloh swt.

Dan amalan ini kerjakanlah sesuai dengan kemampuan dan ilmu yang ada pada diri kita masing-masing dan tidak lupa tentunya dengan mengaharap pertolongan Alloh swt. Wallohu A’lam

Demikian lah pembahasan mengenai doa bangun pagi dan zikirnya, semoga Alloh swt, memberikan kemampuan untuk dapat mengamalkan semua yang telah diajarkan oleh Rosululloh saw.

Terima kasih dan mohon maaf.

Doa Untuk Pengantin

Santri Angga
2 min read

Sholat Jenazah

Santri Angga
2 min read

Bacaan Sujud Sahwi

Santri Angga
2 min read